Review Buku Seri Edukasi Britannica: Cuaca

Ada dua tokoh utama dalam Buku Seri Edukasi Britannica: Cuaca, yaitu Seulgi dan Roun


  • Judul Buku: Seri Edukasi Britannica: Cuaca
  • Penulis: Bombom Story
  • Illustrator: Choi Byung IK
  • Jumlah Halaman: 159 Halaman
  • Harga Buku: Harga asli: 110 ribu, Harga diskon: 25 ribu
  • Genre: Edukasi

Sinopsis singkat buku Seri Edukasi Britannica: Cuaca

Seulgi, seorang anak yang cerdas, bercita-cita menjadi peramal cuaca dan ingin memenangkan kompetisi peramal cuaca cilik. Dia belajar banyak tentang cuaca dari Profesor Baek Seohyun, dengan didampingi oleh teman baiknya, Roun, selama persiapannya. Bersama-sama, mereka menjelajahi cuaca secara langsung dengan naik pesawat Cloud.

Baca Juga:

Karakter

Peran utamannya di dalam ada 3 orang dan 1 robot,

1.Roun

Dia adalah teman baik Seulgi di sekolah, dia lebih senang bermain di banding belajar. Mengikuti Seulgi yang sedang mempersiapkan diri dalam kkontes peramal cilik dan bertualang menaiki pesawat Cloud untuk memepelajari langsung tentang cuaca.

2.Seulgi

Seulgi adalah Anak yang cerdas, dia penasaran dengan tentang cuaca dan memiliki impian menjadi peramal cuaca yang keren. Berambisi untuk memenangkan kontes peramal cuaca cilik. Banyak menerima ajaran tentang cuaca dari Profesor Baek Seohyun dan bersama-sama berpetualang.

3.Profesor Baek Seoyun

Dia adalah orang yang membuat pesawat Cloud untuk mempelajari angin topan dan petir. Sangat ahli dalam cuaca. Membantu Seulgi dan Roun untuk memahami berbagai hal tentang cuaca dan bepetualang bersama.

4.Weather

Robot yang membantu Profesor Baek Seohyun dalam [enelitian dan dapat menjawab segala pertanyaan tentang cuaca.

Plot dan alur cerita

Alur cerita dalam buku seri edukasi cuaca ini menceritakan tentang Seulgi yang bercita-cita menjadi reporter cuaca. Dengan bantuan teman sekelasnya, Roun, mereka pergi menemui Profesor Baek Seoyun. Setelah itu, mereka memulai perjalanan untuk memahami segala hal tentang cuaca, mulai dari angin, angin barat, angin musim, angin pusat, angin topan, atmosfer, awan, embun, embun es, guruh, hujan, hujan es, iklim, iklim tropis, kabut, kelembapan, massa udara, musim hujan, pemanasan global, petir, prakiraan cuaca, salju, suhu, dan samhansaon.

Buku ini disusun dengan format komik, sehingga terdapat lebih banyak gambar daripada teks, namun cerita yang disampaikan selaras dengan konsep edukasinya. Tidak ada cerita yang aneh, seperti plot twist atau momen flashback yang panjang, alurnya tetap maju.

Baca Juga:

Gaya Penulisan

Buku ini adalah terjemahan dari buku Korea, sehingga beberapa kalimat mungkin kurang efektif dan pemahaman tentang cuaca lebih menekankan pada cuaca global, termasuk topik-topik seperti salju yang tidak terjadi di Indonesia. Narasi dan kalimat dalam buku ini mudah dipahami, sehingga saat membacanya, saya merasa seolah diajak untuk menjelajahi dunia cuaca.

Pesan atau pelajaran

Buku ini merupakan kategori edukasi, sehingga menyajikan berbagai pelajaran dan pesan yang ingin disampaikan oleh penulis. Sebagai pembaca, saya mendapatkan pemahaman tentang berbagai aspek cuaca, mulai dari pembentukan awan, jenis-jenis awan, proses terbentuknya air hujan di dalam awan, pembentukan kristal salju, hingga faktor-faktor yang menyebabkan perubahan musim di berbagai wilayah.

Rekomendasi

Saya menyukai bukunya karena narasinya mudah dipahami dan ilustrasinya menarik untuk dinikmati. Ditujukan untuk anak-anak, pembahasan setiap topiknya disajikan secara jelas sehingga mudah dipahami, namun memang di akhir bagian bab ada kesimpulannya, mungkin bagian itu akan sedikit sulit untuk di pahami secara langsung oleh anak-anak.

Saya jarang menemukan kalimat yang sulit dimengerti, sehingga saya pikir buku ini cocok untuk berbagai kalangan usia mulai dari anak-anak sekolah dasar hingga orang dewasa.

Baca Juga:

Penilaian

Buku ini merupakan buku edukasi yang secara khusus ditujukan untuk anak-anak karena memberikan penjelasan yang lengkap tentang cuaca. Meskipun disajikan dalam format komik, namun di akhir setiap pembahasan terdapat kesimpulan dan pernyataan yang memberikan detail tambahan.

Beberapa kalimat dalam buku terasa sulit dipahami, mungkin karena hasil terjemahan. Bagian kesimpulan dan pernyataan juga agak sulit dimengerti oleh anak-anak, sehingga mungkin perlu bantuan orang dewasa untuk menjelaskan ulang. Saya sangat menyukai isi materinya karena setiap cerita menyisipkan pengetahuan sekitar kita, seperti pembentukan awan, embun, es, topan, dan petir. Gambar-gambar yang digunakan juga lucu dan menyenangkan untuk dilihat, sehingga membaca bukunya tidak membosankan.

*Penilaian Akhir (Skala 1-5, dengan 5 tertinggi):*

  • Plot: 4
  • Karakter: 4
  • Gaya Penulisan: 4
  • Keseluruhan Keseluruhan: 4

Baca Juga: Lengsernya Hobi Filateli dan Membaca Buku di Era Generasi Z

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Senior