Peran Pendidikan dalam Membentuk Karakter Siswa, Sekolah Gak Cuma Tempat Belajar!


Ilustrasi karakter siswa

Prinsip dasar dalam dimensi pendidikan yang tidak boleh dihiraukan begitu saja dalam perkembangan dunia saat ini adalah karakter. Karakter memainkan peran yang begitu penting dalam membentuk kepribadian pribadi yang berkualitas.

Melalui karakter yang berkualitas tersebut, setiap pribadi pastilah akan mampu beradaptasi dengan dinamisnya perubahan zaman yang kian tak terbendung. Sehingga mampu menjawab tantangan perubahan secara adaptif dan bijak.

Karakter bukanlah nilai yang tiba-tiba muncul begitu saja dalam diri seseorang, diperlukan adanya upaya-upaya nyata untuk membentuk karakter siswa yang berkualitas yakni melalui pendidikan karakter. Upaya menanamkan pendidikan karakter perlu kiranya untuk dimulai sejak seseorang duduk di bangku sekolah. Karena bangku sekolah merupakan gerbang yang menentukan berhasil atau tidaknya pendidikan karakter ditanamkan.

Sebagai upaya dalam menjawab berbagai hal penting yang berkaitan dengan pendidikan karakter siswa. Melalui artikel kali ini, saya akan membedah peran penting sekolah dalam membentuk karakter siswa. Simak ulasan lengkapnya.

Sarana pembentukan karakter yang kuat

Sebagaimana yang telah dibahas sebelumnya jika karakter merupakan penentu dari keberhasilan seseorang dalam menjawab tantangan zaman. Pembentukan karakter yang kuat harus dilakukan oleh lembaga pendidikan dengan tujuan membentuk siswa-siswanya agar cakap dan memiliki karakter yang kuat.

Prinsip utama dalam pendidikan karakter adalah mengajarkan kepada siswa mengenai pentingnya nilai-nilai positif, seperti; etika, moral, integritas, jujur, adil, dan sebagainya. Melalui penanaman nilai-nilai tersebut, siswa dapat dipastikan mampu untuk bertindak dengan mendasarkan pada karakter. Hal ini pulalah yang kemudian akan berkembang secara berjenjang. Hingga siswa keluar dari sekolah dan berbaur dengan realitas sosial.

Pembentukan karakter yang kuat dapat dilakukan oleh guru kepada siswanya dengan menekankan dan menerapkan bagaimana bersikap yang baik dan menjunjung norma-norma yang ada, baik itu ketika berada di sekolah maupun ketika di rumah. Penegakan kedisiplinan, penekanan agar jujur, serta tidak mudah menyerah merupakan serangkaian strategi untuk membentuk karakter siswa yang kuat.

Baca Juga:

Sarana pembentukan generasi unggul

Tujuan dari terselenggaranya sistem pendidikan berkelanjutan adalah membentuk generasi unggul. Sudah menjadi prinsip dasar, jika generasi unggul tidak semata–mata hanya dinilai dari aspek kognitif–pengetahuan saja. Karakter memiliki peran krusial dalam membekali siswa untuk menjadi generasi yang unggul.

Oleh karenanya, guru mesti aktif dalam melakukan segala daya dan upaya untuk menginternalisasikan karakter yang berkualitas kepada siswa–siswanya. Hal ini dilakukan sebagai upaya konkret dalam mewujudkan generasi unggul yang memiliki potensi untuk memajukan peradaban bangsa.

Pendukung pembentukan karakter di sekolah

Sekolah sebagai lahan inkubator yang di dalamnya berisikan pembekalan kepada siswa agar siap dalam menghadapi tuntutan realitas sosial perlu untuk kembali menjadikan karakter sebagai kurikulum dasarnya. Hal ini bukan tanpa alasan, karena sekolah menjadi penentu bagaimana karakter tertanam pada diri siswa.

Tentu dengan karakter yang kuat dan berkualitas, siswa akan siap dalam situasi apapun yang mereka hadapi ketika sudah masuk pada lingkungan sosial. Oleh karena itu, pendukung pembentukan karakter yang paling mendasar merupakan tanggung jawab utama dari sekolah selaku instansi pendidikan.

Kurikulum karakter dalam pendidikan

Pendidikan karakter tidak akan pernah terwujud di sekolah apabila tidak terdapat sistem yang menjalankannya. Berangkat dari hal inilah, perlu adanya kurikulum karakter sebagai wujud implementasi pendidikan karakteritu sendiri. Kurikulum ini mencakup mengenai pembelajaran secara langsung tentang nilai – nilai positif dalam karakter.

Pembentukan integritas misalkan, dapat diupayakan dengan adanya peraturan sekaligus konsekuensi bagi siswa yang melanggar. Lebih daripada itu, sekolah juga dapat mengadakan dan meningkatkan kualitas dari kegiatan ekstrakurikuler yang menekankan pada penanaman nilai – nilai karakter secara berkesinambungan.

Baca Juga:

Dampak pendidikan karakter

Siswa yang telah dibekali dengan baik karakter yang berkualitas dan kuat, tentu akan cenderung mempunyai sikap kepercayaan diri yang tinggi serta mampu beradaptasi dengan perkembangan yang ada tanpa meninggalkan nilai-nilai moral.

Siswa juga akan mampu secara baik untuk menjalin hubungan interpersonal, mampu menghargai adanya perbedaan, dan yang tak kalah penting adalah mamiliki rasa tanggung jawab yang baik.

Pendidikan karakter juga berdampak secara berkesinambungan pada kemampuan dan keterampilan siswa sesuai dengan harapan yang mereka inginkan ketika sudah lulus dalam bangku pendidikan. Kepemimpinan akan terbentuk dengan sendirinya tatkala terdapat karakter kuat dalam diri siswa.

Itulah beberapa nilai dari pentingnya pendidikan karakter yang perlu dimiliki oleh siswa. Melalui pendidikan formal di sekolah, karakter mesti terbentuk secara baik yang dapat memberikan pengaruh positif terhadap siswa dalam mengemban amanah sebagai generasi unggul demi mewujudkan kemajuan peradaban bangsa.

Baca Juga: 5 Metode Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Efektif

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Novice