7 Rekomendasi Buku Bahasa Inggris, Cocok buat Pemula!​

Cocok dibaca oleh anak-anak hingga orang dewasa, apalagi bagi pemula yang ingin belajar bahasa Inggris


Membaca buku bisa dibilang menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi banyak orang. Buku bisa menjadi pusat pengetahuan bahkan hiburan. Namun selain itu, buku bacaan bisa jadi tempat belajar memperbanyak kosa kata dan kemampuan membaca bahasa asing. Salah satu bahasa asing tersebut adalah bahasa Inggris. 

Banyak yang ingin lancar saat membaca bacaan berbahasa Inggris, tetapi bingung mulai dari mana. Beberapa buku dan penulis di bawah ini bisa menjadi referensi untuk pemula yang ingin membaca buku bahasa Inggris.

1. Buku-buku karya Shinsuke Yoshitake

Buku The I Wonder Bookstore (Amazon.com)

Shinsuke Yoshitake adalah penulis asal Jepang yang menulis buku anak-anak. Buku-bukunya pun berilustrasi cantik dan menarik sehingga tidak bosan dibaca oleh anak-anak maupun orang dewasa. Bagi yang belum pernah membaca buku berbahasa Inggris, buku anak-anak dengan ilustrasi bisa menjadi pilihan.

Buku-buku karya Shinsuke Yoshitake sangat terkenal. Beberapa buku yang dapat direkomendasikan yaitu, The Boring Book, The I Wonder Bookstore, There Must Be More Than That!, dan Can I Build Another Me?

2. Serial Dork Diaries – Rachel Renée Russell

Buku Dork Diaries (Amazon.com)

Buku serial Dork Diaries sangat terkenal di kalangan anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Dork Diaries ditulis oleh penulis perempuan asal Amerika bernama Rachel Renée Russell. Menceritakan tentang kehidupan sehari-hari Nikki Maxwell ketika harus menyesuaikan diri dan berjuang saat dirinya masuk ke sekolah menengah. Berformat buku harian, bergambar, dan komik membuat buku ini tambah menarik.

Buku Dork Diaries juga memiliki spin-off yang berjudul The Misadventures of Max Crumbly

Baca Juga: 5 Rekomendasi Novel Tere Liye Yang Wajib Dibaca

3. Buku-buku karya Enid Blyton

Buku The Famous Five (justkidsbooks.com)

Enid Mary Blyton lahir di Inggris pada 11 Agustus 1897 dan meninggal pada 28 November 1968. Buku-buku yang ditulisnya banyak dan fenomenal, terutama buku-buku anak. Bahkan beberapa bukunya bisa dibilang legendaris dan disukai oleh berbagai kalangan dan sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa di seluruh dunia.

Karyanya yang paling banyak dibaca adalah The Famous Five (1942-1963), The Secret Series (1949-1959), The Five Find-Outers (1943-1961), Malory Towers (1946-1951), dan St.Clare’s (1941-1943). Sampai saat ini pun karya-karya Enid Blyton masih mudah ditemukan di toko buku.

Baca Juga: 5 Poin Cerita dari Manga One Piece Chapter 1067

4. The Little Prince – Antoine de Saint-Exupéry

Buku The Little Prince (amazon.co.uk)

The Little Prince atau Le Petit Prince merupakan novel yang ditulis oleh Antoine de Saint-Exupéry. Awalnya novel ini ditulis dalam bahasa Prancis di tahun 1943 dan sudah diterjemahkan ke lebih dari 300 bahasa. Bercerita tentang seorang pilot dan seorang pangeran kecil dari luar angkasa. Pertemuan mereka terjadi di Gurun Sahara.

Novel ini cocok untuk segala usia, dari anak-anak hingga dewasa karena mengandung makna filosofis, sehingga banyak pembelajaran yang dapat dipetik setelah membaca buku ini.

5. Serial Harry Potter – J.K Rowling

Buku Harry Potter (Amazon.co.uk)

Siapa yang tidak tahu Harry Potter? Bercerita tentang seorang anak bernama Harry Potter yang bersekolah di sekolah sihir bernama Hogwarts, buku yang ditulis J.K Rowling ini sangat laris di pasaran. Walaupun buku-bukunya tebal, Harry Potter mudah dibaca oleh pemula sebab tokoh utamanya adalah anak-anak.

Harry Potter memiliki 7 buku, di mana semua bukunya sudah diangkat ke layar lebar dan mendapatkan sambutan luar biasa. Berikut urutan serial Harry Potter.

  1. Harry Potter and the Philosopher’s Stone
  2. Harry Potter and the Chamber of Secrets
  3. Harry Potter and the Prisoner of Azkaban
  4. Harry Potter and the Goblet of Fire
  5. Harry Potter and the Order of the Phoenix
  6. Harry Potter and the Half-Blood Prince
  7. Harry Potter and the Deathly Hallows

6. The Alchemist – Paulo Coelho

Buku The Alchemist (Amazon.com)

Buku ini merupakan karya Paulo Coelho yang paling terkenal. Terbit di tahun 1988, buku The Alchemist awalnya ditulis dalam bahasa Portugis, hingga akhirnya terbit secara internasional dengan berbagai bahasa. Novel The Alchemist berbahasa Inggris pun mudah dimengerti oleh pembaca pemula.

Sebenarnya, buku ini menceritakan tentang mengejar impian. Bercerita tentang seorang pengembala yang mencari harta karun padahal harta karun tersebut hanya muncul dalam mimpinya. Ia pun melakukan perjalanan dari Andalusia ke Mesir untuk mencari harta karun tersebut.

7. Trilogi To All The Boys I’ve Loved Before – Jenny Han

Trilogi To All The Boys I’ve Loved Before (amazon.co.uk)

Bagi pemula yang ingin membaca genre romansa, trilogi buku milik Jenny Han ini bisa menjadi pilihan. Tentang Lara Jean, seorang gadis remaja yang panik ketika tiba-tiba semua surat yang ia tulis untuk para mantan gebetannya tersebar. Karena malu, akhirnya Lara Jean meminta Peter Kavinsky untuk menjadi pacar pura-puranya.

Kisah cinta Lara Jean membuat pembaca ikut berbunga-bunga, tertawa, dan sedih ketika Lara tertimpa masalah. Dengan bahasa khas remaja, ketiga buku tersebut mudah dipahami bagi pemula yang ingin belajar membaca buku bahasa Inggris.

Itulah beberapa buku bahasa Inggris yang ramah untuk pemula. Setelah lancar membaca beberapa buku di atas, kamu dapat membaca buku-buku lain yang bahasa Inggrisnya lebih rumit untuk meningkatkan kemampuan membaca. Selamat membaca!

Baca Juga: Perpustakaan Jakarta: Info Lokasi, Cara Mendaftar, Koleksi Buku, Fasilitas dan Layanan

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *