7 Wisata Gunung di Jawa Timur, Hanya Untuk Petualang Sejati!


Wisata Gunung di Jawa Timur

Jawa timur terkenal dengan berbagai macam adat istiadat serta suku dan budaya. Di provinsi jawa timur banyak sekali menyimpan tempat-tempat wisata seperti, museum, danau, pantai, air terjun dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, banyak tempat wisata gunung di Jawa Timur yang sudah populer di dunia.

Bagi kamu yang hobinya mendaki gunung, kamu bisa mencoba untuk mejajaki beberapa destinasi wisata gunung di jawa timur. Berikut ini beberapa wisata gunung di Jawa Timur, yang cocok bagi para petualang sejati.

1. Wisata Gunung Bromo

Gunung Bromo (24travel.id)

Gunung bromo merupakan salah satu objek wisata populer di Jawa Timur. Gunung Bromo memiliki ketinggian sekitar 2.329 Meter di Atas Permukaan Laut (MDPL) dan terletak di 4 wilayah di provinsi jawa timur, yaitu kab. Lumajang, Kab. Probolinggo, Kab. Malang dan Kab. Pasuruan. Untuk mecapai ke gunung bromo kamu harus menempuh jarak sekitar kurang lebih 53 km dengan waktu perjalanan sekitar 2-3 jam dari kota Malang. Setelah sampai ke gunung bromo kamu harus mendaki gunung dengan waktu pendakian sekitar 4-5 jam.

Cukup banyak sekali aktivitas menarik selama wisata gunung Bromo. Salah satunya kamu bisa menikmati sunrise di sana. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menyewa kendaraan jeep, kuda, ojek ataupun membawa kendaraan pribadi untuk menyusuri lautan pasir yang ada di puncak kawah gunung Bromo.

Baca Juga:

2. Wisata Puncak B29

Puncak B29 (ksmtour)

Puncak B29 merupakan bukit yang memiliki ketinggian sekitar 2950 Meter di Atas Permukaan Laut (MDPL). B29 sering juga disebut dengan negeri di atas awan dan B29 masih menjadi bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger dan puncak B29 terletak di Desa Argosari, ngajir, senduro, sariwani, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Lumajang. Untuk mencapai Puncak B29 kamu harus menempuh jarak sekitar 40 km dan memerlukan waktu sekitar 1-2 jam dari kota Lumajang.

Jika ingin berkemah di puncak B29 kamu harus membawa pakaian yang hangat, karena di puncak B29 hawa dinginnya akan menusuk hingga ke tulang. Meskipun begitu, di puncak B29 kamu bisa menikmati sunrise yang sangat indah yang tidak dapat kalian temukan di pengunungan lainnya.

3. Wisata Kawah Ijen

Kawah Ijen (goodnewsfromindonesia.id)

Kawah ijen merupakan salah satu gunung berapi yang kemungkinan besar tidak aktif lagi. Kawah Ijen terletak di wilayah antara Kab. Bondowoso dan Kab. Banyuwangi. Kawah Ijen memiliki ketinggian sekitar 2.800 Meter di Atas Permukaan Laut (MDPL). Untuk mencapai ke kawah ijen kamu harus menempuh jarak sekitar 40 km dan memerlukan waktu sekitar 1-2 jam dari kota Banyuwangi.

Kawah Ijen sangat terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun wisatawan asing karena pemandangan yang di suguhkan di kawan ijen sangatlah menarik. Kawah Ijen memiliki fenomena alam yang sangat unik, yaitu berupa api biru (blue fire) yang menyala di sela-sela retakan kecil dan api biru ini terdapat 2 di dunia yaitu di Kawah ijen dan di Islandia. Api biru di Kawah ijen dapat dilihat sekitar pukul 2-4 dini hari.

Untuk mencapai ke puncak kawah kamu memerlukan waktu sekitar 1,5 jam. Tidak hanya itu saja, kawah ijen juga memiliki kawah belerang yang berwarna hijau tosca yang sangat indah dipandang.

Baca Juga :

4. Wisata Gunung Kelud

Gunung Kelud (instagram.com/taskokene)

Gulung Kelud merupakan gunung berapi yang pernah meletus di tahun 2014 di bulan Februari yang lalu. Gunung Kelud memiliki ketinggian sekitar 1800 Meter di Atas Permukaan Laut. Gunung Kelud memiliki objek wisata yang sangat menarik yaitu dengan kawahnya yang berwarna hijau tosca dan adanya tempat pemandian air panas yang akan menambah keindahan gunung Kelud ini.

Gunung ini terletak di antara 3 wilayah yaitu Kab. Blitar, Kab. Malang, Kab. Kediri. Untuk mencapai gunung Kelud kamu memerlukan waktu sekitar 3-4 jam dan harus menempuh jarak sekitar 105 km dari pusat kota Malang.

Untuk mencapai puncaknya kalian harus mendaki sekitar 5-7 jam, meskipun dengan waktu pendakian yang lama serta melelahkan, ketika kamu sampai ke puncak gunung Kelud kalian akan takjub dengan pemandangan yang terlihat dari puncak gunung Kelud ini.

5. Wisata Gunung Penanggungan

Gunung Penanggungan (instagram,com/@Choirul Hisyam)

Gunung Penanggungan terletak di kawasan antara Kab. Mojokerto dan Kab. Pasuruan. Untuk mencapai gunung Penanggungan memerlukan waktu sekitar 1-2 jam dengan jarak sekitar 40 km dari pusat kota Mojokerto. Gunung Penanggungan memiliki ketinggian sekitar 1700 Meter di Atas Permukaan Laut (MDPL).

Gunung Penanggungan menjadi salah satu gunung terfavorit bagi pendaki khususnya area kota Probolinggo, Surabaya dan Malang. Pendakian ke puncak Gunung Penanggungan ini terbagi menjadi 2 rute, yaitu pendakian rute pertama di sebut dengan pendakian via Tamiajeng dengan waktu sekitar 2-3 jam dan pendakian rute kedua disebut dengan pendakian via Julotundo dan memakan waktu sekitar 5-6 jam.

Meskipun jaur pendakian via Julotundo memerlukan waktu yang sangat lama, ketika kamu melalui jalur ini kalian akan melihat objek wisata yang menarik dimana setiap perjalanan kamu akan menemukan berbagai situs sejarah. Ketika sampai ke puncak gunung penanggungan kamu akan melihat pemandangan yang sangat memanjakan mata dan rasa lelah setelah pendakian tadi, akan hilang karena indahnya pemandangan dari puncak gunung penanggungan ini.

6. Wisata Gunung Pundak

Gunung Pundak (dishut.jatimprov.go.id)

Gunung Pundak tidak seperti gunung pada umumnya, karena gunung ini merupakan bahu dari Gunung Welirang memiliki ketinggian sekitar 1600 Meter di Atas Permukaan Laut (MDPL). Gunung Pundak terletak di desa Claket, Kec. Pacet, Kab. Mojokerto.

Untuk mencapai ke gunung ini kalian harus menempuh jarak sekitar 35 km dan memerlukan waktu sekitar 1-1,5 jam. Ketika sampai di kaki gunung pundak, kamu harus mendaki sampai ke puncaknya dengan rute pendakian yang tidak terlalu sulit dan hanya memerlukan waktu sekitar 2 jam dan melewati 3 pos pendakian.

7. Gunung Panderman

Gunung Panderman (tripadvisor)

Gunung Panderman merupakan salah satu gunung yang memiliki ketinggian sekitar 2030 Meter di Atas Permukaan Laut (MDPL). Gunung Panderman ini terletak di Kecamatan Kota Batu, Kabupaten Malang. Untuk mencapai gunung ini memerlukan waktu sekitar 1 jam dan harus menempuh jarak sekitar 30 km dari pusat kota Malang.

Ketika sampai di kaki gunung Panderman, kamu harus mendaki dan memerlukan waktu sekitar 2-4 jam. Ketika sampai ke puncak gunung Panderman ini kamu akan melihat pemandangan yang begitu indah dari puncak gunung Panderman.

Baca Juga:

8. Wisata Gunung Semeru

Gunung Semeru (detikjatim)

Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 3.676 mdpl. Lokasi Gunung ini terletak di dua kabupaten, yaitu Malang dan Lumajang, serta masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Gunung Semeru merupakan gunung berapi yang masih aktif dan sering meletus setiap 20 menit sekali. Gunung ini menjadi favorit para pendaki karena menawarkan tantangan dan keindahan yang luar biasa.

Salah satu pemandangan yang paling indah dari Gunung Semeru adalah Ranu Kumbolo, yaitu danau alami yang berada di ketinggian 2.400 mdpl. Ranu Kumbolo memiliki air yang jernih dan tenang, serta dikelilingi oleh padang rumput yang hijau. Di sini, kamu bisa berkemah dan menikmati suasana yang damai dan romantis.

Itulah delapan tempat wisata gunung di Jawa Timur, yang cocok bagi kamu pecinta alam. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestarian alam, karena kita akan terus hidup berdampingan dengan alam.

Baca Juga: Wisata Jembatan Gantung Situ Gunung, Hanya untuk Kamu yang Punya Nyali

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


3 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. Wow that was odd. I just wrote an really long comment but after I clicked submit my comment didn’t show up. Grrrr… well I’m not writing all that over again. Anyhow, just wanted to say great blog!

  2. Great blog! Is your theme custom made or did you download it from somewhere? A theme like yours with a few simple tweeks would really make my blog stand out. Please let me know where you got your theme. Thanks a lot

  3. What’s up, I log on to your blog regularly. Your story-telling style is witty, keep it up!