5 Gunung terdekat dari Jakarta, Cocok Untuk Pendaki Pemula!

Juga cocok buat pendaki di kawasan Jabodetabek yang tidak punya banyak waktu!


Gunung Gede Pangrango

Salah satu objek wisata yang menjadi favorit wisatawan adalah kawasan pegunungan. Di daerah pegunungan selain kamu bisa menikmati sejuk dan dinginnya udara, kamu juga bisa melihat pemandangan alam yang luar biasa indahnya.

Nah, buat kamu yang tinggal di sekitar wilayah Jakarta, dan hobi travelling ke daerah pegunungan, kamu gak perlu pergi jauh-jauh. Berikut enam gunung terdekat dari Jakarta, yang bisa kamu kunjungi dan kamu daki!

1. Gunung Salak

Gunung Salak (wikipedia/ Wie146)

Salah satu gunung terdekat dari Jakarta yang dapat kamu kunjungi adalah gunung Salak. Gunung Salak merupakan salah satu gunung berapi yang sangat terkenal di provinsi Jawa Barat dan kerap menjadi destinasi utama para pendaki ibu kota ataupun yang berada di kawasan Jabodetabek.

Terletak di bagian selatan Jakarta, tepatnya Kabupaten Bogor dan Sukabumi. Gunung Salak cukup terkenal karena memiliki trek daki cukup ekstrem dan menantang. Untuk keindahan panoramanya terdapat hamparan hutan tropis yang begitu sejuk.

Gunung Salak memiliki lebih dari satu puncak. Puncak Salak adalah puncak yang tertinggi, yang mencapai 2.211 mdpl. Tercatat ada 3 buah kawah di gunung ini, yaitu Kawah Ratu yang diklaim sebagai kawah terbesar sekaligus kawah termuda. Kemudian ada Kawah Hirup dan Kawah Cikuluwung Putri yang sebenarnya adalah bagian dari Kawah Ratu.

Salah satu hal yang menantang dari gunung Salak ini adalah banyaknya cerita misteri tentang gunung ini. Nah, selain kamu bisa mendaki, kamu juga uji nyali di sini.

Baca Juga: 5 Manfaat Mendaki Gunung Bagi Kesehatan

2. Gunung Gede Pangrango

Gunung Gede Pangrango (getlost.id)

Gunung yang masuk dalam pengelolaan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) ini merupakan salah satu gunung favorit bagi para pendaki karena keindahan panorama alamnya yang menakjubkan. Gunung Gede Pangrango merupakan dua gunung yang berbeda yang letaknya saling berdekatan. Meskipun nampak kembar, kedua gunung tersebut memiliki ketinggian yang berbeda.

Tinggi Gunung Gede yaitu 2.958 mdpl, sedangkan untuk Gunung Pangrango adalah 3.019 mdpl. Gunung Gede dan Gunung Pangrango ini memang tampak menyatu karena memang dihubungkan oleh gigir gunung semacam pelana yang dikenal dengan daerah Kandang Badak yang berada di ketinggian sekitar 2.400 mdpl.

Destinasi wisata gunung sekaligus spot pendakian favorit ini cukup dekat dari Jakarta. kamu bisa menjangkau dengan naik bus dari terminal Kampung Rambutan tujuan kota Bogor. Setiba di Terminal Baranangsiang (Bogor), bisa menggunakan travel atau bahkan angkot dan pilih rute mana yang ingin dilalui, apa Cibodas atau Gunung Putri.

Gunung Gede Pangrango sangat cocok buat yang ingin healing terlebih hiking. Kawasan ini terkenal dengan kekayaaan alam flora dan fauna langka, dan salah satu yang paling ikonis adalah padang savana super cantik yang berisikan bunga-bunga Edelweis.

Selain gunung Gede dan gunung Pangrango, di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) kamu juga bisa menikmati berbagai destinasi wisata yang tidak kalah indah. Seperti Kebun Raya Cibodas, Situ Gunung Suspension Bridge, Curug Sawer, dan Curug Cibereum,

Baca Juga: Wisata Jembatan Gantung Situ Gunung, Hanya untuk Kamu yang Punya Nyali

3. Gunung pancar

Hutan pinus di Gunung Pancar (nativeindonesia.com)

Gunung Pancar terletak di desa Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor. Dengan Ketinggian 300-800 mdpl, suhu udara di area gunung Pancar tidak jauh berbeda dengan kota Bogor. Jika ingin mengunjungi tempat wisata ini dengan menggunakan Mobil yang berdomisili di Jakarta, bisa menggunakan jalur tol Jagorawi dan keluar di tol Sentul City atau Sentul Selatan. Untuk menuju Gunung Pancar hanya membutuhkan waktu satu jam.

Di balik Gunung Pancar tersimpan sebuah cerita legenda, banyak masyarakat sekitar mengatakan, Gunung Pancar merupakan gunung pertama di pulau Jawa. Masyarakat sekitar mempercayai, dahulu saat bumi diciptakan, bumi ini terbilang masih datar dan belum memiliki apapun, kemudian bumi mengalami gempa yang cukup besar sehingga menciptakan sebuah gunung sebagai penyeimbang.

Di area gunung Pancar ini, kamu bisa menikmati pemandangan hutan pinus dengan beragam spot foto estetiknya. Selain itu kamu juga bisa berendam di kolam air panas. Sumber air panas di sini, berasal dari sumber mata air di dalam hutan.

4. Gunung Munara

Puncak gunung Munara (travelspromo.com)

Gunung dekat Jakarta selanjutnya ada Munara. Bagi pendaki pemula yang ingin menjajal hiking, Gunung Munara adalah spot yang pas buatmu karena ketinggiannya yang hanya 1119 mdpl.

Sebetulnya gunung Munara ini lebih cocok untuk disebut bukit, karena memang tidak terlalu tinggi posisinya. Meskipun demikian pengunjung akan tetap dapat menikmati sensasi hiking naik gunung ringan dengan pemandangan yang cukup indah.

Selain mendaki, Anda juga bisa wisata religi sekaligus sejarah dengan mengunjungi Gua Soekarno yang konon menjadi tempat semedi bapak proklamator Indonesia tersebut. Selain itu, view-nya juga bagus banget lho!

5. Gunung Batu

Pintu masuk gunung Batu (blog.pigijo.com)

Gunung Batu terletak di Desa Sukaharja, Kecamatan Sukamakmur. Jika ingin lebih familiar, kamu bisa bertanya kepada warga setempat tentang “Gunung Batu Jonggol” karena lokasinya dekat dengan kecamatan tersebut. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 875 meter dari permukaan laut (mdpl). Meski disebut sebagai Gunung Batu, sebagian orang mungkin lebih mengenalnya dengan sebutan Bukit Batu.

Tempat wisata ini dapat didaki dengan mudah oleh wisatawan karena tidak terlalu tinggi. Namun, jalurnya cukup menantang, sehingga lebih disarankan hanya orang-orang yang terbiasa mendaki yang berkunjung ke gunung ini. Sepanjang pendakian selama sekitar 90 menit, kamu akan disuguhi pemandangan hamparan pepohonan hijau saat melintasi jalur yang selebar sekitar dua meter.

Saat menemui area datar, ada baiknya kamu istirahat sejenak karena tanjakan setelahnya akan menguras energi. Apabila tidak biasa mendaki, tetapi tetap ingin ke Gunung Batu, kamu bisa piknik di kaki gunung sambil menikmati pemandangannya dan berswafoto ria. Harga tiket masuk Gunung Batu Jonggol adalah Rp 15.000 per orang. Jarak tempuh dari Jakarta area Menteng menuju Gunung Batu Jonggol adalah sekitar 67,8 km atau sekitar 2 jam 2 menit via tol Jagorawi melewati Taman Mini Indonesia Indah.

6. Gunung Halimun

Gunung Halimun (wikipedia/wie146)

Sama seperti gunung Salak, Gunung Halimun berada di kawasan Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Gunung Halimun berlokasi di Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, dan Kabupaten Lebak. Sementara Gunung Salak terletak di Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi. Keduanya sangat cocok menjadi alternatif pilihan wisata gunung dekat Jakarta yang dapat dikunjungi saat akhir pekan.

Kawasan TNGHS memiliki beragam pilihan wisata non-pendakian. Salah satunya adalah kawasan Cikaniki di perbatasan Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi, tepatnya di Jalan Cikaniki, Desa Malasari, Kecamatan Nanggung. Di kawasan tersebut, kamu bisa coba trekking menyusuri kawasan hutan tropis lewat Cikaniki Loop Trail sepanjang dua km.

Cikaniki merupakan tempat yang sangat penting dan unik yang berada didalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Tempat ini penting karena merupakan salah satu tempat yang merepresentasikan ekosistem hutan hujan tropis alami TNGHS, dengan beragam gejala alam dan kekayaan keanekaragaman hayati yang menarik. Tak heran apabila lokasi ini telah lama dijadikan sebagai pusat kajian ilmiah para peneliti dan akademisi dalam maupun luar negeri.

Nah, itulah enam gunung terdekat dari Jakarta. Siapkan fisik dan peralatan sebelum kamu mendaki!

Baca Juga: 5 Bahaya Ketika Mendaki Gunung, Jangan Cuma Modal Nekat saja!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Emperor

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *