5 Destinasi Wisata Pantai di Taman Nasional Meru Betiri

Selain wisata pantai di kawasan Taman Nasional Meru Betiri kamu juga bisa berkunjung ke gua Jepang. Gua ini merupakan peningggalan tentara Jepang untuk dijadikan bunker. Menarik kan! 


Pantai Rajagwesi (google maps/Venom Neo)

Salah satu destinasi wisata di Jawa Timur yang menarik dan penuh tantangan adalah Taman Nasional Meru Betiri. Taman Nasional Meru Betiri, berlokasi di Kecamatan Pesanggaran, tepat berada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Jember, Jawa Timur..

Nama Meru Betiri sendiri diambil dari nama gunung yang ada di dalam kawasan Taman Nasional ini yaitu Gunung Meru dan Gunung Betiri. Gunung Meru (500 mdpl) dan Gunung Betiri (1223 mdpl).

Di dalam kawasan taman nasional tersebut, banyak tempat wisata yang bisa kamu jelajahi. Sangat recomended untuk berlibur bersama keluarga. Taman nasional ini juga sangat cocok bagi kamu yang menyukai petualangan di alam bebas. Karena di kawasan banyak terdapat berbagai macam flora dan fauna yang dilindungi.

Yuk, jelajahi beberapa objek wisata di kawasan taman nasional Meru Betiri.

1. Pantai Bandealit

Pantai Bandealit (Shutterstock/Jhon Images)

Destinasi wisata yang pertama adalah Pantai Bandealit. Pantai bandealit merupakan sebuah pantai yang masih sangat alami dan indah. Pantai ini memiliki panorama alam yang sangat indah, luasnya laut dihiasi dengan perbukitan, hutan mangrove, serta gunung.

Karena lokasinya yang terletak di kawasan hutan lindung, sehingga udaranya masih sangat segar dan sejuk. Keindahan pantai alami ini semakin nyaman dengan kebersihan dan kejernihan air dan pasir. Sebagai pantai Selatan, ombaknya termasuk kecil sehingga banyak pengunjung yang berkemah, berenang, selancar angin maupun jet ski.

Meskipun akses menuju Pantai Bandealit terbilang tak begitu mudah, pada kenyataanya pantai yang satu ini tak pernah sepi pengunjung.

Baca Juga:

2. Pantai Rajegwesi

Pantai Rajegwesi (ksmtour.com)

Destinasi selanjutnya adalah Pantai Rajegwesi yang berlokasi di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Selain menikmati suasana khas pantai, disini Anda juga akan menyaksikan aktivitas warga setempat seperti pembuatan gula jawa dan nelayan.

Pantai ini memiliki pasir yang berwarna coklat karena tercampiur dengan endapan lumpur sungai yang terbawa hingga sampai di laut. Pantai ini dikelilingi hutan tropis hijau yang masih asri. Pantai Rajegwesi adalah  pantai yang terletak di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur.

Pantai Rajegwesi memiliki ombak yang lebih kecil dibandingkan pantai di laut selatan pada umumnya. Karenanya banyak penduduk di sekitar pantai yang menjadi nelayan dan bisa melaut dengan tenang. Jajaran perahu yang ada di bibir pantai semakin mewarnai pemandangan yang ada di Pantai Rajegwesi.

Yang seru suasana pagi hari di pantai ini, karena keramaian pelelangan ikan yang dilakukan nelayan dan pembeli yang  ingin mendapatkan ikan-ikan segar hasil tangkapan para nelayan.

Baca Juga:

3. Pantai Teluk Hijau

Pantai Teluk Hijau (nativeindonesia.com)

Pantai Teluk Hijau, atau Teluk Ijo ataupun Green Bay merupakan salah satu tempat wisata yang dikenal dengan keindahannya yang masih alami sekali, dan juga pemandangan pantai dengan balutan pasir yang indah.

Spot ini merupakan destinasi favorit pengunjung di Taman Nasional Meru Betiri. Hal ini disebabkan karena airnya yang berwarna biru kehijau-hijauan yang sangat cantik.  Selain itu juga mempunyai hamparan pasir putih dan air terjun dengan ketinggian 8 meter.

Dengan jalur terjal menanjak, untuk mencapai pantai Teluk Hijau kamu harus berjalan kaki kurang lebih 1 km. Alternatif lainnya untuk menuju lokasi adalah dengan menggunakan perahu.

4. Pantai Sukamade

Pantai Sukamade (ayobandung.com)

Destinasi wisata satu ini memang menjadi favorit dan tujuan bagi para wisatawan asing maupun wisatawan dalam negeri. Lokasi destinasi wisata Pantai Penyu Sukamade tersebut terletak di bagian ujung barat Kabupaten Banyuwangi yang berbatasan dengan wilayah Kabupaten Jember.

Pantai sukamade merupakan surganya penyu. Kamu dapat melihat secara langsung bagaimana penyu bertelur, dan melihat penangkaran penyu. Serunya lagi kamu dapat ikut kegiatan pelepasan tukik (anak penyu) ke laut lepas.

Baca Juga:

5. Pantai Batu

Pantai Batu di Taman Nasional Meru Betiri (tourbanyuwangi.com)

Pantai menarik selanjutnya adalah Pantai Batu yang dapat ditemui saat hendak menuju ke pantai Teluk Hijau. Wajar jika spot ini disebut pantai Batu karena hampir seluruh bibir pantai terdapat bebatuan dari yang kecil hingga besar.

Tak hanya pemandangan saja, namun suara ombak pantai selatan yang menghantam batu-batu ini menghasilkan karya alami yang indah. Berdasarkan cerita warga bebatuan kecil di pantai ini berasal dari lautan dan naik ke pantai akibat tsunami pada tahun 1994.

Demikianlah berbagai destinasi wisata Pantai di Taman Nasional Meru Betiri yang sayang untuk dilewatkan. Oh ya, selain pantai di Taman Nasional Meru Betiri, kamu juga bisa berkunjung ke gua bekas bunker peninggalan tentara Jepang. 

Baca Juga: 6 Tempat Wisata di Probolinggo, Seperti Surga yang Tersembunyi

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *