Destinasi Wisata di Purworejo Anti Monoton, Bikin Gak Mau Pulang!


Destinasi wisata di Purworejo

Purworejo merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang berada di jalur Selatan. Menyimpan sederet wisata menarik untuk dikunjungi, membuat Purworejo termasuk salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang menarik dikunjungi.

Mulai dari deretan perbukitan, wisata air, hingga wisata sejarah siap memanjakan mata kamu. Berikut rekomendasi destinasi wisata di Purworejo yang menarik untuk dikunjungi untuk mengisi liburan kamu.

1. Puncak Khayangan Sigendol

Puncak Khayangan Sigendol (instagram/ @kunherawati)

Puncak khayangan Sigendol yang terletak di desa Giyombong Kecamatan Bruno, Kabupaten Purworejo Jawa Tengah. Tempat wisata di Purworejo yang satu ini menyuguhkan pesona keindahan alam yang begitu asri, udara sejuk, serta penampakan sunset yang cantik kala sore hari.

Namun perlu diketahui untuk menuju destinasi tersebut diperlukan kehati-hatian, lantaran memiliki medan yang berkelok. Destinasi wisata di Purworejo ini memang terkenal dengan puncak khayangan karena adanya hamparan perbukitan yang luas dan lembah hijau yang memukau.

Selain itu, udara sejuk juga akan membuat pengunjung tempat wisata ini akan merasa lebih betah dan ingin berlama-lama. Puncak khayangan Sigendol berada di ketinggian 1000 mdpl yang berada di kawasan pegunungan sehingga cocok untuk menikmati keindahan alam dari atas bukit.

Baca Juga:

2. Curug Kaliurip

Curug Kaliurip (instagram/Ig @tamanwisatacurugkaliurip)

Curug Kaliurip, sebuah destinasi favorit bagi para pencinta alam yang terletak di Desa Kaliurip, Kecamatan Kemiri, Kabupaten Purworejo. Curug Kaliurip di Purworejo, Jawa Tengah, adalah sebuah air terjun yang memukau. Curug ini terletak di tengah hutan yang rimbun dengan ketinggian sekitar 60 meter.

Kamu dapat menikmati trekking melalui jalur yang telah ditentukan, melewati gazebo dan kolam renang yang tidak digunakan lagi, sambil menikmati pemandangan alam yang indah. Meskipun sempat terbengkalai, Curug Kaliurip tetap alami dan kini menjadi tempat wisata yang dibuka untuk umum.

3. Pantai Jetis

Panyai Jetis (Instagram/@anistiasanggraeni74)

Wisata pantai di Purworejo yang cukup terkenal lainnya adalah Pantai Jetis di Desa Patutrejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo. Jalan menuju pantai ini mudah diakses.

Pengunjung bisa mengambil rute jalan raya Kutoarjo-Ketawang atau lewat Jalan Daendels. Untuk masuk ke Pantai Jetis, pengunjung tidak perlu bayar (kecuali saat libur Idul Fitri).

Pengunjung hanya perlu bayar penitipan kendaraan sebesar Rp3.000 untuk motor dan Rp6.000 untuk mobil. Di Pantai Jetis ada banyak wahana menarik, kolam buatan dan spot foto yang menarik.

Selain pantai yang indah, di Pantai Jetis juga ada taman yang pas untuk santai dan ngobrol dengan teman atau keluarga. Di sekitar pantai juga ada fasilitas seperti toilet dan warung.

4. Pantai Ketawang

Pantai ketawang (rank.co.id)
Pantai Ketawang merupakan salah satu pantai yang terletak di wilayah Purworejo, Jawa Tengah. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Kamu bisa berenang, berjemur, atau hanya menikmati suasana pantai yang tenang dan damai. Pantai ini memiliki pasir putih yang luas dan air laut yang jernih. Destinasi wisata di Purworejo juga dikelilingi oleh bukit dan hamparan sawah yang menambah keindahan alam di sekitarnya.

Untuk masuk ke Pantai Ketawang, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp5.000 per orang. Selain itu, terdapat juga biaya parkir sekitar Rp3.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil. Pantai Ketawang buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 18.00 WIB.

Baca Juga:

5. Pantai Pasir Puncu

Pantai Pasir Puncu (pantainesia.com)

Pantai Pasir Puncu adalah sebuah pantai yang terletak di Purworejo, Jawa Tengah. Pantai ini terkenal dengan pasirnya yang putih dan bersih, air lautnya yang jernih, serta panorama alam yang indah.

Destinasi wisata di Purworejo ini menjadi tempat wisata yang populer di Purworejo dan sering dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Untuk masuk ke Pantai Pasir Puncu, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp10.000 per orang. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Pantai Pasir Puncu buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 18.00 WIB.

7. Pantai dewa Ruci

Pantai dewa Ruci (jawani)

Salah satu objek wisata pantai paling terkenal di Purworejo adalah Pantai Dewa Ruci di Desa Jatimalang. Dengan ikon patung Dewaruci yang fenomenal, pantai Dewaruci terkenal sebagai salah satu pantai terbaik di Purworejo. Kelebihan pantai Dewaruci adalah pemandangan pesisir pantai yang memukai dan fasilitas wisatanya yang lengkap. Sehingga, destinasi wisata di Purworejo ini menjadi magnet wisata saat libur nasional.

Pantai ini hanya sekitar 17 km dari kota Purworejo, atau sekitar 5 km dari Bandara New Yogyakarta International Airport. Pantai ini memiliki pasir hitam yang membuatnya tampak eksotis. Pasir hitam ini memberikan ciri khas yang berbeda dengan pantai-pantai lainnya. Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas di pantai ini. Beberapa aktivitas yang favorit adalah berenang, berjemur, bermain voli pantai, atau sekadar berjalan-jalan di tepi pantai. Selain itu, ada banyak wahana permainan di sekitar pantai yang bisa kamu coba seperti ATV dan kolam renang buatan untuk anak-anak.

Baca Juga:

8. Curug Gunung Putri

Curug Gunung Putri Purworejo (amazingpurworejo)

Dengan keindahan yang memesona, Curug Gunung Putri berhasil menarik perhatian banyak orang. Dikelilingi oleh pepohonan dan hutan, membuat curug ini memiliki suasana yang sangat sejuk. Air terjun yang masih terlihat jernih mengalir dengan bebas, menambah kadar keindahan Curug Gunung Putri. Berbatuan di sekitar air terjun juga membuatnya tampak lebih memukau.

Meskipun tempatnya yang cukup jauh, tidak membuatnya sepi pengunjung. Dengan jalan tanjakan yang menantang cukup membuat adrenalin ikut menanjak naik saat menuju curug ini. Yang paling menarik di sini adalah tempatnya yang jauh dari jalan raya, sehingga rasanya tenang menikmati suasana curug. Kamu bisa melakukannya dengan bermain air, segar sekali!

Itulah tujuh rekomendasi destinasi wisata di Purworejo yang bisa dikunjungi dengan tiket terjangkau. Jadi, tunggu apa lagi? Segeralah merencanakan liburan Anda ke Purworejo!

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata di Klaten, Hits dan Gak Bosenin!