5 Destinasi Wisata Pantai di Blitar, Ada Yang Seperti Raja Ampat

Tidak hanya makam Bung karno, ternyata banyak destinasi wisata pantai di Blitar


Kabupaten Blitar merupakan salah satu wilayah di Jawa Timur yang memiliki banyak destinasi wisata menarik untuk dikunjungi. Salah satu destinasi wisata terkenal Kota Blitar adalah Makam Bung Karno, banyak para wisatawan dari penjuru Indonesia untuk berziarah ke makam Bung Karno.

Selain makam Bung Karno, ternyata Blitar memiliki potensi wisata lain yang menarik, yaitu wisata alam berupa pantai. Wisata Pantai di Blitar memang tidak begitu populer bila dibandingkan dengan Malang dan Banyuwangi. Namun, keindahan pantai-pantai di Blitar tak kalah memukau.

Berikut ini lima destinasi wisata pantai di Blitar yang cocok buat mengisi agenda liburan kamu. Yuk jelajahi panorama keindahannya pantai-pantai di Blitar

1. Pantai Peh Pulo

Pantai Peh Pulo (Google Maps/Imam Ma’ruf Fuady)

Pantai Peh Pulo merupakan pantai yang bisa dikatakan masih tersembunyi dari perhatian wisatawan. Pantai Peh Pulo terletak di Kecamatan Panggungrejo. Pantai ini dan dapat diakses dengan berkendara sekitar 75 menit dari pusat kota. Untuk mencapai area pantai, kamu akan melewati medan berbukit yang cukup terjal.

Tetapi jangan khawatir, setelah berhasil mencapai pantai, segala rasa lelah akan terbayar oleh pemandangan yang indah. Tentunya kamu bakal disambut oleh pemandangan laut yang jernih dan berwarna biru, yang dikelilingi oleh tebing-tebing besar. Dengan keindahan yang dimilikinya banyak wisatawan yang menjulukinya sebagai “Raja Ampat dari Blitar”.

Baca Juga:

2. Pantai Serang

Pantai Serang (Instagram/@_yakinyo)

Pantai Serang adalah salah satu pantai di Blitar yang menawarkan pemandangan yang indah dan memanjakan mata. Pantai ini memiliki pasir putih yang memukau dan ombak laut yang tidak terlalu besar, sehingga kamu bisa berenang, snorkeling, dan melakukan berbagai kegiatan air lainnya. Lokasi pantai tersebut terletak di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar.

Deburan ombak yang besar sudah langsung terdengar ketika kamu datang ke sini. Sebelum kamu menuju ke pantai, kamu bisa melihat deretan perkampungan nelayan di sisi kanan maupun kiri. Serta Aneka warung yang menyediakan menu makanan khas pantai yaitu ikan laut.  Mendekat ke bibir pantai, kamu akan melihat berjejer perahu-perahu tradisional nelayan. Serta gazebo-gazebo yang berada di tepi pantai. Pengunjung bisa istirahat dan santai menikmati pemandangan pantai disini.

3. Pantai Pangi

Pantai Pangi (factualnews)

Selanjutnya adalah Pantai Pangi yang berada di Dusun Krajan, Desa Tumpak Kepuh, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Pantai Pangi menyimpan keindahan yang mempesona. Pantai ini berada di cekungan kecil, dengan batu karang yang berdiri kokoh di sisi kiri dan kanan pantai.

Pantai tersebut memiliki daya tarik yang dapat memanjakan mata kamu, karena keindahan panoramanya serta pasir putih dengan lautan biru yang sangat jernih sekali.

Pantai Pangi merupakan pantai yang sangat bersih karena pihak pengelola wisata selalu menjaga dan merawat kebersihan di pantai itu. Para wisatawan yang berkunjung dapat merasakan sensasi pasir putih yang sangat lembut ketika menyentuh kulit.

4. Pantai Pudak

Pantai Pudak (pantainesia)

Pantai Pudak ini merupakan salah satu pantai dengan panorama indah dan cantik. Pantai tersebut berjarak sekitar 23 km dari pusat kota Blitar, berada di daerah Ngadipuro, Wonotirto, Kabupaten Blitar.

Seperti halnya dengan beberapa pantai lain di Blitar, akses menuju Pantai Pudak sangat menantang. Akses menuju ke pantai masih sulit dan jalan menuju pantai banyak yang rusak. Sebelum menggunakan kendaraan pribadi, kamu perlu memastikan dulu kendaraanmu apakah memiliki kemampuan yang baik untuk melewati medan yang berat.

Setelah melewati perjalanan yang sulit, tentunya kamu akan merasa puas ketika sampai di Pantai Pudak yang menawarkan pesona memukau dan cantik ini. Pasir putih yang bersih, warna biru laut yang indah dengan ombak yang tidak terlalu besar, dan keberadaan batu karang di tengah pantai menambah kecantikan Pantai Pudak.

5. Pantai Gondo Mayit

Pantai Gondo Mayit (ksmtour)

Pantai yang satu ini memiliki nama mistis yakni, Pantai Gondo Mayit. Pantai ini mungkin sudah dikenal oleh banyak wisatawan. Nama pantainya yang unik dan memiliki nuansa mistis membuat banyak orang penasaran dan tertarik untuk mengunjunginya. Pantai ini berada di daerah Kalibawang, Sidomulyo, Bakung, Kabupaten Blitar.

Asal nama Gondo Mayit tersebut, pada masa lampau, banyak mayat ditemukan di sekitar pantai ini. Sehingga tercium bau yang mengingatkan pada mayat. Oleh karena itu, pantai ini dinamai Pantai Gondo Mayit yang secara bahasa berarti “bau mayat”. 

Pantai ini masih sangat perawan, terbukti masih jarang dikunjungi oleh wisatawan. Perpaduan alam yang asri berkolaborasi dengan pemandangan pantai yang bersih menjadikan pantai ini terlihat sangat menawan. Air laut di Pantai Gondo Mayit sangat bening, mengundang kamu untuk terjun menikmati sejuk air dan hempasan ombaknya. Bibir pantai yang tidak dalam membuat bentuk ombak memanjang sangat indah.

Baca Juga:

6. Pantai Tambakrejo

Pantai Tambak Rejo Blitar (wikipedia)

Pantai tambakrejo merupakan pantai yang paling mudah aksesnya di Blitar. Mayoritas jalan menuju ke Pantai Tambakrejo ini sudah beraspal cukup bagus. Jarak tempuh dari Kota Blitar menuju ke Pantai Tambakrejo ini juga kurang dari satu jam perjalanan.

Pantai Tambakrejo memiliki daya tarik pasir yang berwarna putih dan warna laut yang cukup memukau. Aneka seafood pun tersedia di sini dengan harga yang relatif miring. Sebelum membeli, tanya dan tawar dulu harga ke penjual, agar kamu tidak merasa tertipu dengan harga yang mahal.

Tempat pelelangan ikan pun tersedia untuk yang senang mencari ikan segar. Di sebelah barat juga ada dermaga dengan pemecah ombak yang pemandangannya bagus.

Jadi bagaimana dengan informasi mengenai wisata pantai di Blitar? Semoga bisa menjadi panduan kamu pada saat berkunjung ke kota ini. Di pantai-pantai ini kamu juga akan sering  menemukan momen-momen yang layak untuk diabadikan, oleh sebab itu jangan lupa untuk membawa kamera. Apalagi buat kamu yang memiliki hobi fotografi.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Wisata Danau di Bogor, Cocok Untuk Merenungi Nasib

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *