7 Tempat Wisata di Boyolali, Liburan Seru Tanpa Menguras Dompet!


Tempat wisata di boyolali

Boyolali terletak di kaki sebelah timur Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang memiliki pemandangan sangat indah dan memesona. Sejauh mata memandang kamu dapat menikmati kebun sayuran hijau yang luas dan berbukit-bukit serta aktivitas Gunung Merapi yang terlihat dengan jelas aliran lahar dan asapnya.

Jalur Solo-Boyolali-Cepogo-Selo-Borobudur (SSB) yang melintasi kedua gunung tersebut dipromosikan menjadi jalur wisata menarik yang menjadi pilihan bagi wisatawan baik domestik maupun negara asing dari kota budaya Surakarta menuju Candi Borobudur untuk melintasi Kabupaten Boyolali.

Penasaran bagaimana cantiknya? Berikut berbagai tempat wisata di Boyolali.

1. Agrowisata Sapi Perah Cepogo

Agrowisata Sapi Perah Cepogo (jatengprov.go.id)

Kabupaten Boyolali merupakan salah satu penghasil susu sapi perah yang terkenal. Salah satu produk susu sapi ini dipasok dari sebuah wilayah di Kecamatan Cepogo. Untuk menambah wawasan tentang budidaya sapi perah maka dikembangkan sebuah agrowisata di Kecamatan Cepogo ini.

Di Agrowisata ini pengunjung dapat melihat langsung proses budidaya sapi perah dari mulai pemberian pakan, manajemen kandang, pemerahan susu dan sebagainya. Selain melihat langsung anda dapat juga mencoba langsung, terutama proses pemerahan susu sapi. Aktifitas ini sangat digemari pengunjung karena dapat menambah pengalaman tersendiri. Tak lupa pula di tempat ini anda dapat juga mencicipi langsung hasil perasan susu sapi segar ini, tentunya yang sudah dimasak ya.

Baca Juga:

2. Tlatar Reservoir

Tlatar Reservoir (detik travel)

Terletak di Dukuh Tlatar, Desa Kebonbimo, Kecamatan Boyolali dengan jarak tempuh dari kota kira-kira 4 km ke arah utara. Nuansa pesona alam terhampar dengan latar belakang budaya desa dan air yang melimpah, aroma kelezatan masakan ikan air tawar yang disajikan baik secara goreng maupun bakar sambil memancing dan duduk santai sungguh merupakan rekreasi menyegarkan di Obyek Wisata Tlatar Reservoir.

Tempat wisata di Boyolali ini adalah pemandian untuk keluarga dengan sumber air berasal dari mata air. Ada 2 buah pemandian, yaitu Pemandian Umbul Pengilon dan Pemandian Umbul Asem. Selain itu ada beberapa kolam renang rekreasi, termasuk kolam renang berstandar olimpiade.

Fasilitas yang tersedia: rumah makan lesehan, pemancingan, kios cenderamata, kolam renang anak dan dewasa, taman wisata air, lapangan woodball, panggung hiburan setiap menjelang bulan Puasa

3. Pemandian Umbul Pengging

Pemandian Umbul Pengging (tribun travel)

Pemandian ini terletak di Banyudono, merupakan wahana wisata kreasi air. Pengging memiliki keunggulan di mana dulunya merupakan tempat mandi keluarga Kasunanan Surakarta (Pemandian Tirto Marto). Sehingga di sekitar Pengging ini masih dapat ditemukan bangunan-bangunan bersejarah yang unik milik Kasunanan Surakarta. Juga terdapat makam salah seorang pujangga Keraton Surakarta yaitu Raden Ngabehi Yosodipuro.

4. Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang (tribun)

Tempat wisata di Boyolali ini terletak di Desa Klakah yang berjarak 5 kilometer ke arah barat dari Kecamatan Selo. Daerah wisata ini memiliki pemandangan alam berupa air terjun yang terletak di antara 2 kabupaten, yaitu Boyolali dan Magelang.

Air Terjun Kedung Kayang yang memiliki ketinggian 30 meter ini masih alami dan belum dieksploitasi besar-besaran, mengingat jalan menuju ke objek wisata tersebut seperti layaknya jalan di daerah perkampungan. Di sekitar objek wisata terdapat tanah datar yang cocok untuk area perkemahan. Potensial untuk aktivitas camping, hiking, climbing. Fasilitas yang tersedia berupa penginapan/homestay, perkemahan, dan warung.

5. Waduk Badhe

Waduk Badhe (kompas.com)

Terletak di Desa Bade Kecamatan Klego sekitar 40 km ke arah utara dari Kota Boyolali, waduk yang memiliki pemandangan alam yang mempesona ini dimanfaatkan sebagai sarana irigasi bagi pertanian dan perikanan bagi masyarakat sekitar. Failitas yang terdapat di sini adalah rumah makan, wisata air, pemancingan, dan area lomba burung.

6. Waduk Cengklik

Waduk Cengklik (suaramerdekasolo)

Tempat wisata di Boyolali ini terletak di Desa Ngargorejo dan Sobokerto, Kecamatan Ngemplak ± 20 km ke arah timur laut Kota Boyolali. Dari Bandara Adi Sumarmo sekitar 1,5 km (di sebelah barat bandara tepatnya).

Waduk dengan luas genangan 300 ha yang dibangun pada zaman Belanda ini biasa digunakan untuk latihan sky air. Letaknya sangat strategis, berdekatan dengan Bandara Adi Sumarmo, Asrama Haji Donohudan, Monumen POPDA, dan Lapangan Golf. Fasilitas: wisata air (water resort), pemancingan (fishing area), rumah makan lesehan (floating restaurant).

7. Waduk Kedung Ombo

Waduk Kedung Ombo (X/Irkham98))

Objek wisata di Boyolali ini terletak di Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu, sekitar 50 km ke arah utara Kota Boyolali ini menjanjikan rekreasi hutan dan air yang menyegarkan serta pemancingan. Fasilitas: bumi perkemahan, hutan wisata, tempat pemancingan, rumah makan apung, wisata air.

Baca Juga:

8. Omah Bambu Merapi

Omah Bambu Merapi (kompas.com)

Objek wisata di Boyolali ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Selain pemandangan alam yang indah udara di sini juga sangat segar dan dingin. Di Omah Bambu Merapi kamu dapat menyusuri jembatan yang tersusun dari bambu yang dibentuk dengan arsitektur yang unik. Kamu juga dapat menaiki menara pandang yang terbuat dari bambu. Dari menara pandang omah bambu merapi kita bisa melihat hijaunya pemandangan alam, tingginya gunung merapi dan merbabu.

Saat pagi hari pengunjung bisa menikmati keindahan gunung merapi dan merbabu yang tertutup kabut. Sedangkan saat sore hari kita bisa melihat indahnya matahari terbenam dari atas menara pandang. Menara pandang omah bambu merapi ini menjadi spot paling favorit untuk berfoto.

Demikian beberapa tempat wisata di Boyolali yang tidak bikin kantong kamu bolong.

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata di Klaten, Hits dan Gak Bosenin!


Novice