Wisata Kekinian Ke 3 Kebun Raya di Bogor, Piknik Sambil Belajar


WIsata Kekinian ke Kebun Raya di Bogor

Bogor, adalah kota yang sering dijuluki “Kota Hujan”. Karena seringnya turun hujan di wilayah Bogor, menjadikan daerah ini sangat subur dan hijau. Maka tidak jarang kalau kamu menemukan pohon-pohon besar, kebun, hutan, sawah di wilayah ini. Hijau dan sejuknya wilayah Bogor membuat wilayah ini cocok dijadikan lokasi wisata alam. Beberapa yang terkenal adalah wisata di tiga Kebun Raya di Bogor.

Tiga Kebun Raya di Bogor merupakan area konservasi alam yang dikelola oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Selain tiga Kebun raya di Bogor, BRIN juga mengelola beberapa Kebun raya lainnya seperti di wilayah Purwodadi dan Bedugul, Bali.

Kebun raya tersebut, sudah disulap menjadi onjek wisata kekinian yang sayang dilewatkan. Yuk kita intip keseruan wisata kekinian ke tiga kebun raya di Bogor.

1. Wisata kekinian di Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor (traveloka)

Kebun Raya Bogor merupakan salah satu ikon wisata Bogor yang sudah terkenal. Selain karena luas dan lingkungan yang hijau asri, Kebun Raya Bogor juga menyimpan ribuan koleksi tanaman dan bunga.

Tidak hanya pada akhir pekan atau hari libur saja, namun Kebun Raya Bogor selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap hari. Hal itu karena Kebun Raya bogor merupakan salah satu lokasi eduwisata terbaik di Indonesia.

Lokasi, tarif dan jam operasional Kebun Raya Bogor

Lokasi Kebun Raya Bogor berada di jantung kota Bogor. Letak Kebun Raya mudah dicapai, karena dengan luas 87 hektar, Kebun Raya Bogor hampir “memenuhi” pusat Kota Bogor. Setelah kamu memasuki pusat Kota Bogor, kamu akan melihat semua sisi Kebun Raya Bogor dari jalan raya.

Pada hari kerja pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp 16.500, Untuk akhir pekan pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp 26.500. Untuk jam operasional kebun Raya bogor dimulai dari jam 08.00-16.00 WIB.

Apa saja yang ada di Kebun Raya Bogor

Griya Anggrek di Kebun Raya Bogor (batampos)

Di area Kebun Raya Bogor, Pengunjung dapat melihat keindahan danau, kebun anggrek, taman, hutan, hingga museum.

Beberapa monumen atau gedung yang bisa dijumpai di sana seperti tugu Lady Raffles, tugu Reinwardt, kompleks makam, museum zoologi, sangat cocok untuk menambah pengetahuan tentang sejarah.

Begitu juga dengan taman seperti, taman Soedjana Kassan, taman akuatik, taman Araceae, taman Astrid, taman Meksiko jembatan merah sangat cocok untuk bersantai atau berfoto.

Tidak hanya piknik, menggelar tikar, lalu makan-makan saja, namun banyak hal yang bisa kita dapat ketika berkunjung ke Kebun Raya Bogor.

Kamu bisa belajar tentang belajar mengenai berbagai macam kekayaan hayati di sana. Bukan hanya tumbuh-tumbuhan yang besar saja yang bisa dipelajari, namun tumbuhan kecil seperti bunga juga banyak tumbuh disana. Banyak bunga-bunga langka yang ada di Kebun Raya Bogor, seperti Rafflesia Arnoldii atau bunga bangkai.

Selain itu kamu juga bisa belajar tentang sejarah di Kebun Raya Bogor. Melalui bangunan, kompleks makam, dan tugu, kamu dapat mempelajari sejarah tentang kerajaan Pajajaran, juga sejarah tentang peran warga negara belanda yang memulai riset tentang keanekaragaman hayati di sana.

Baca Juga:

2. Wisata Kekinian di Kebun Raya Cibinong

kebun raya Cibinong (mapio.net)

Sama halnya dengan Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibinong menawarkan wisata edukasi tentang keanekaragaman hayati. Tidak kurang dari 1000 spesimen tumbuhan tropis dataran rendah terdapat di Kebun Raya Cibinong.

Lokasi, tarif dan jam operasional Kebun Raya Cibinong

Kebun raya Cibinong berada merupakan kawasan yang dikelola oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Lokasinya berada dalam kawasan Cibinong Science Center BRIN, di Jalan Raya Bogor KM 46, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jam operasional Kebun Raya Cibinong dibatasi dari pukul 07.00-17.00 WIB.

Tarif masuk ke lokasi sangat terjangkau. Pada hari biasa, pengunjung hanya dikenakan tarif masuk sebesar Rp15 ribu, untuk weekend pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp25 ribu. Biaya parkir hanya sebesar Rp5 ribu rupiah

Ada apa saja di Kebun Raya Cibinong

Riset oelh mahasiswa di Kebun Raya Cibinong (instagram.com/kebunrayacibinongofficial)

Sama dengan kebun Kebun Raya lain yang dikelola oleh BRIN, Kebun Raya Cibinong merupakan platform untuk melakukan penelitian terkait kekayaan keanekaragaman hayati Indonesia.

Kebun Raya Cibinong merupakan kawasan konservasi berbagai jenis tanaman. Jika di Kebun Raya Bogor tumbuhan yang ada di klasifikasikan berdasarkan famili, namun di Kebun Raya Cibinong tumbuhan yang ada di klasifikasikan berdasarkan wilayah atau region. Ada 7 region pulau besar, yaitu Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara dan Papua. Masing-masing region mempunyai luas dan kekhasan tumbuhan sendiri.

Sebagai sarana edukasi, setiap tumbuhan mempunyai barcode yang bisa di scan oleh pengunjung untuk mengetahui informasi mengenai tumbuhan tersebut.

Kebun Raya Cibinong memiliki banyak spot foto yang menarik. Selain menampilkan keindahan berbagai macam tumbuhan tropis dataran rendah yang ada di sana, deretan danau yang ada tidak kalah eksotisnya.

Danau Dora merupakan danau yang ada di Kawasan Kebun Raya Cibinong, Pemberian nama Dora terinspirasi dari tokoh kartun Dora. Jika dilihat, jembatan yang ada di sekitar danau memiliki kemiripan dengan jembatan yang ada dalam film animasi Dora.

Ternyata Dora tidak sendirian berada di sana. Masih ada Dori dan Walini yang setia menemani Dora di sana. Tidak kalah dengan danau Dora, danau Dori dan Walini juga mempunyai jembatan yang cantik. Mengambil foto dari sudut manapun, dijamin kamu akan puas dan tidak akan kecewa.

4. Wisata Kekinian di Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas (fizhtravel)

Kebun Raya Cibodas merupakan destinasi wisata alam yang bisa kamu kunjungi untuk mengisi liburan akhir pekan. Terletak di antara kawasan hutan Gunung Gede dan Gunung Pangrango membuat hawa di Kebun Raya Cibodas terasa sangat sejuk.

Kebun Raya ini terletak di kaki Gunung Gede Pangrango dengan ketinggian sekitar 1.300 sampai 1.425 di atas permukaan laut. Luas dari kebun ini sekitar 85 hektar. Di lokasi ini memiliki suhu rata – rata sekitar 20 derajat celcius

Lokasi, tarif dan jam operasional Kebun Raya Cibodas

Untuk menuju lokasi kawasan wisata satu ini, sangat mudah. Apalagi dengan bantuan google maps, pasti akan sampai ke titik tujuan secara pas. Jika kamu memulai perjalanan dari Jakarta, kamu bisa melewati jalan Tol Jagorawi, dan keluar di pintu Tol Ciawi. Lalu kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju arah kawasan Puncak Bogor. Setelah melewati Puncak Pass, kamu bertemu pertigaan yang mengarahkan kamu untuk berbelok ke kanan menuju Kebun Raya Cibodas.

Harga tiket masuk kawasan Kebun Raya Cibodas sangat terjangkau. Tiket yang tertera di pintu masuk sebesar Rp25.000/orang.

Baca Juga:

Ada apa saja di Kebun Raya Cibodas

Jalan air di Kebun Raya Cibodas (shuterstock)

Daya tarik tersendiri dari kawasan Kebun Raya Cibodas ini adalah Taman Sakura, karena biasanya pohon sakura hanya bisa hidup di tanah yang memiliki 4 musim. Sedangkan di Indonesia hanya memiliki 2 musim saja tapi tamanan ini bisa tumbuh dengan subur.

Di kawasan ini ada juga sebuah air terjun yang bisa kalian kunjungi yaitu Curug Cibeureum. Untuk bisa sampai ke curug ini, kalian bisa melewati jalan batu dan sambil menikmati keindahan di sepanjang jalan ini. Ketinggian air terjun ini sekitar 1675 meter di atas permukaan laut. Dan tinggi air terjun ini sekitar 50 meter, curah airnya lumayan deras apalagi pada saat musim hujan. Cocok untuk kamu yang hobi berpetualang atau mendaki gunung.

Di sini juga ada jalan air yang merupakan arus dari sungai Cibogo yang berasal dari Gunung Gede, air sungai ini sangat jernih dan sejuk. Lokasi jalan air ini paling ramai dikunjungi para wisatawan.

Arus sungai yang kecil dan tidak dalam, ditambah dengan airnya yang dingin dan bening, membuat orang ingin segera menceburkan diri ke sungai. Jika kamu tidak mau basah, kamu juga bisa bersantai sambil menggelar tikar di pinggir sungai. Sambil menikmati suara gemericik aliran air sungai, kamu bisa menenangkan pikiran dari penatnya rutinitas kerja sehari-hari

Objek wisata ini juga menjadi alternatif para pengunjung sebagai sarana edukasi. Disini banyak hal yang akan kamu lihat terutama ekosistem alam.

Kalau kamu pernah nonton film kartun teletubbies, pasti tahu dong tentang bukit teletubbies, tempat di mana para tubby bermain di siang hari. Nah, di Kebun Raya Cibodas, ada juga bukit yang hampir mirip dengan bukit teletubbies. Saat tiba di Bukit teletubbies ini, kamu tak hanya dimanjakan dengan hamparan pemandangan hijau yang berbukit-bukit, tetapi juga bisa merasakan kesegaran udaranya.

Jadi, itulah beberapa rekomendasi wisata kekinian yang berada di area Kebun Raya di Bogor yang wajib dikunjungi. Buruan cek tempat-tempat ini dan agendakan rencana liburanmu!

Baca Juga: Animalium Cibinong, Destinasi Eduwisata Kekinian Milik BRIN


Legend

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *