Curug Lembah Pelangi Bogor, Pas Untuk Healing dan Merenungi Nasib

Jika ingin melihat pelangi secara jelas di curug Lembah Pelangi Bogor, datanglah pas matahari bersinar terik


Curug Lembah Pelangi Bogor (ayulailaf.blogspot.com)

Kota Bogor merupakan salah satu kota yang memiliki wisata air terjun atau curug terbanyak. Setiap curug yang ada di Bogor memiliki karakteristik keunikannya tersendiri. Ada yang menarik perhatian karena sejarahnya, ada yang menarik perhatian karena fasilitasnya, dan ada juga yang menarik perhatian karena pemandangannya yang indah.

Curug Lembah Pelangi Bogor menjadi destinasi wisata menarik yang wajib dikunjungi ketika berada di Bogor. Air terjun ini memiliki ketinggian 60 meter. Ketinggiannya ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk melakukan rappelling dan canyoning. Bahkan tidak jauh dari air terjun ini terdapat kolam renang yang berasal dari aliran sungai Lembah Pelangi.

Melihat pelangi dari jarak dekat

Nama Curug Lembah Pelangi bogor berasal dar kata “lembah” dan “pelangi”, yang  benar-benar sangat mendefinisikan curug tersebut. Dilihat dari ketinggian, curug ini seperti lembah yang diapit oleh batu-batu besar. Airnya yang jernih mengalir disela-sela bebatuan, menjadikannya seolah dibalut oleh keindahan pelangi.

Curug ini sedikit anti mainstream. Mesipun berada di pelosok, curug ini cukup dikenal oleh orang-orang apalagi para wisatawan yang berasal dari sekitar Bogor khususnya Ibu Kota. Jika kebanyakan air terjun lainnya berada di daratan tinggi dengan airnya yang dingin, curug Lembah Pelangi ini berbeda dari curug lainnya. Wisata ini berada di dataran rendah sehingga udaranya tidak begitu dingin dan sedikit lembap. Meskipun begitu, suasananya sangat meneduhkan dan sangat tenang.

Karena keberadaannya di dataran rendah tersebut membuat curug tersebut disebut sebagai rumah pelangi atau tempat terbentuknya pelangi yang indah. Beberapa orang juga mengartikan curug ini sebagai tempat pemandian para bidadari. Pelangi tersebut terbentuk dari adanya bias cahaya matahari yang jatuh sesekali ketika cuacanya sedang cerah.

Ada banyak sekali sudut cantik jika ingin mendapatkan pemandangan pelangi yang biasanya muncul di tengah-tengah hempasan air terjun. Apabila kamu ingin melihat keindahan pelangi ini,  datanglah pas keadaan cuaca yang sedang cerah.

Biasanya pelangi akan muncul pada saat matahari sedang terik-teriknya. Jika datang dengan keadaan cuaca yang mendung atau tidak bersinar matahari, kemungkinan kamu tidak bisa melihat pelangi tersebut.

Baca Juga:

Banyak spot foto yang instagramable

Walaupun curug ini mungkin tak sepopuler curug lainnya, namun curug ini memiliki pesona alam yang tiada duanya. Kokohnya tebing berbatu dengan air terjun yang menjulang tinggi di tengahnya memang memukau. Sangat instagramable untuk menjadi background fotomu.

Begitupun di curug yang kedua, aliran airnya yang unik dengan kolam di bawahnya juga begitu cantik. Cocok menjadi background foto yang ciamik. Berfoto saat rappeling juga bisa Anda jajal sebagai kenang-kenangan.

Setiap sudutnya yang menampilkan pemandangan indah mulai dari rindangnya pepohonan, derasnya air terjun, sampai pada lekukan bebatuan akan menciptakan kesan foto yang memukau. Bahkan ada juga beberapa spot seperti gardu pandang, pondokan, dan masih banyak lagi.

Lokasi, tiket masuk, dan jam operasional Air terjun lembah pelangi

Untuk sampai di lokasi Curug Lembah Pelangi kita bisa menaiki angkutan umum atau kendaraan pribadi. Jika dengan angkutan umum, dari pusat Kota Bogor kita bisa menaiki angkot menuju Terminal Bubulak. Dari Terminal Bubulak kita bisa naik angkutan jurusan Leuwiliang. Menuju ke arah Jalan Raya Ciampea kita akan menemukan pertigaan. Di sana kita akan melihat Gardu Seri dan lokasi air terjunnya tidak jauh dari sana. Jarak tempuhnya sekitar 1 jam perjalanan dari pusat Kota Bogor.

Masuk ke kawasan Curug Lembah Pelangi Bogor kamu akan dikenakan tarif sebesar Rp5 rb per orang. Tarif ini belum termasuk tarif parkir kendaraan, biasanya untuk tarif parkirnya sebesar Rp2 rb sampai Rp5 rb setiap kendaraan. Wisata Air Terjun Lembah Pelangi Bogor ini beroperasi setiap hari mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Baca Juga:

Fasilitas di tempat wisata air terjun lembah pelangi

Fasilitas di wisata Curug Lembah Pelangi Bogor ini terbilang lengkap. Mulai dari area parkir, toilet, gazebo untuk bersantai, hingga musala. Warung makan dan kolam renang juga tersedia. Hanya saja, menurut beberapa review kondisi kebersihan di curug ini belum maksimal.

Memiliki permukaan yang dangkal membuat Curug Lembah Pelangi Bogor ini aman untuk anak-anak. Di sana juga terdapat area kolam anak yang bisa dijadikan arena bermain untuk anak-anak.

Bagaimana? Penasaran bukan dengan salah satu wisata curug yang ada di Bogor ini. Yuk tentukan waktu berlibur segera dan ajak keluarga serta sahabat untuk datang dan mengunjungi wisata Curug Lembah Pelangi Bogor ini.

Baca Juga: 5 Curug Terdekat dari Jakarta, Bikin Adem Pikiran!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *