PP-IPTEK: Informasi dan Pengalaman Baru Berpetualang Iptek


PP Iptek

Pusat Peragaan Iptek adalah Science Center pertama di Indonesia yang didirikan pada tanggal 20 April 1991. PP-IPTEK memiliki lebih dari 400 alat peraga interaktif dan program sains menarik yang menjelaskan berbagai fenomena Iptek, dimana pengunjung dapat menyentuh, memegang, dan memainkan alat peraga dan program sains dengan mudah dan menyenangkan. Segala usia dapat mencoba berbagai alat peraga dan program sains.

PP-IPTEK merupakan sarana pembelajaran di luar sekolah untuk menumbuhkan budaya ilmu pengetahuan dan teknologi secara mudah, menghibur, berkesan, dan kreatif. Pendiriannya digagas oleh Mentri Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Prof. Dr. B.J. Habibie  dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 20 April 1991.

Saat ini PP-IPTEK berada di bawah koordinasi dari BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional).

1. Lokasi, jam operasional, dan tarif masuk

PP-Iptek (Kompasiana)

Lokasi PP-Iptek berada di dalam lingkungan Taman Mini Indonesia Indah, yang berada di Jakarta Timur,

Jam operasional dari hari Senin – Kamis : 08.30 – 16.00 WIB, Jumat : 08.30 – 16.30 WIB, dan akhir pekan dibuka mulai jam 09.00 – 16.30 WIB.

Untuk tarif masuk PP-Iptek seharga Rp 27.500 rupiah. Namun untuk masuk ke PP-Iptek, kamu juga harus membayar tarif masuk Taman Mini sebesar Rp 25 ribu rupiah.

Baca Juga: From Kebun Raya Cibodas With Love

2. Beragam infomasi dan pengetahuan tentang iptek

Wahana dinosaurus di PP-Iptek

Setelah kamu melewati pintu masuk, T-Rex dan dinosaurus lainnya akan menyambut kamu.  Mereka dapat melakukan beberapa gerakan terbatas dan membuat beberapa suara. Di sini, kamu bisa menemukan beberapa informasi tentang dinosaurus dan tumbuhan yang hidup pada masa itu.

Kamu dapat memahami prinsip-prinsip iptek dengan mudah dan efektif melalui alat peraga yang bisa disentuh, dipegang dan dimainkan. Alat Peraga yang disiapkan diperuntukan buat anak-anak dari taman kanak-kanak (TK) sampai dengan sekolah lanjutan tingkat atas.

Kegiatan yang ditawarkan kepada pengunjung sangat beragam. Juga disesuaikan dengan sasaran dari tingkat taman kanak-kanak, SD, SMP, SLTA dan juga cocok untuk keluarga.

Baca Juga: Kebun Raya Cibinong, Destinasi Eduwisata Tersembunyi di Bogor

3. Pengalaman seru berpetualang iptek

Wahana robot di PP-IPTEK (ppiptek.brin.go.id)

PP-IPTEK menawarkan lebih dari sekedar museum teknologi. Di sini, kamu bisa belajar tentang sains dengan cara yang menyenangkan. Kamu bisa menyaksikan berbagai simulasi sains yang dilakukan setiap hari, seperti Tesla Coil, Roket Air, Rumah Gempa, Peneropongan Matahari, dan demo sains lainnya.

Kamu juga bisa menguji nyali dengan mengendarai sepeda kabel yang membentang beberapa meter di atas permukaan tanah. Masih banyak teknologi yang bisa kamu coba, seperti Generator Van de Graff, Self Balancing Wheel, Terowongan Ilusi, dan masih banyak lagi.

Aktivitas seru lainnya seperti demo ilmu pengetahuan dan teknologi, pelatihan perancangan alat peraga, science fair, pelatihan proses ilmu pengetahuan alam, pelatihan peduli lingkungan hidup, science camp, peneropongan bintang, aneka pengetahuan kreatif dan kuis, dan lomba perancangan alat peraga

Baca Juga: Kenapa Jalan Dibuat Berkelok, Ini Alasannya!

4. Banyak Spot foto menarik dan unik

lorong ilusi di PP-IPTEK (ppiptek.brin.go.id)

Menariknya, tidak hanya mendapat informasi dan petualangan iptek saja yang kamu bisa dapatkan, kamu juga bisa berfoto seru di dalam PP-IPTEK. Banyak spot foto yang sangat menarik dan unik di sana.

Kamu bisa berfoto sambil mencoba berbagai alat peraga yang ada di sana. Jangan lupa share di medsos kamu ya.

5. Fasilitas dan tips berkunjung di PP-IPTEK

Alat peraga di PP-IPTEK (ppiptek.brin.go.id)

Fasilitas di PP-IPTEK sangat komplit. Fasilitas umum seperti toilet, musala tersedia dengan baik. Ada juga kios untuk membeli minuman dan cemilan di dalam PP-Iptek.

Jika berkunjung ke sana, simak tips berikut ya:

  • Jika membawa balita, pastikan tidak jauh dari jangkauan kalian. Banyak alat peraga yang mungkin berbahaya jika disentuh atau dimainkan oleh balita
  • Selalu menjaga alat peraga dan properti yang ada di lokasi wisata. Jangan sampai rusak setelah dimainkan oleh kamu
  • Patuhi peraturan yang berlaku

Oke, cukup sampai di sini aja ya ceritanya. Jika ingin puas, datang saja langsung ke PP-IPTEK. Selamat berpetualang iptek!

Baca Juga: 5 Hal Tentang Pengetahuan dan Riset yang Bisa Dilakukan di Kebun Raya Bogor


Legend

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *