Animalium Cibinong, Destinasi Eduwisata Kekinian Milik BRIN


Animalium (instagram/animalum.id)

Bogor terkenal memiliki banyak kawasan wisata yang terkenal. Namun, belum banyak orang yang tahu bahwa di daerah Cibinong, Kabupaten Bogor, juga terdapat sebuah wisata edukasi menarik, yaitu Animalium Cibinong.

Animalium Cibibong ini dikelola Badan Riset dan Inovasi Nasional atau BRIN. Animalium Cibinong diresmikan pada tanggal 5 Juli 2023 oleh Megawati Sukarnoputri, selaku Kepala Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)

Konsep wisata Animalium Cibinong ini adalah memadukan wisata dan belajar sambil bermain. Sebelum kamu berkunjung ke Animalium Cibinong, yuk simak dulu informasi wisatanya di bawah ini!

Animalium Cibinong merupakan fasilitas riset milik BRIN

Loby umum di Animalium (instagram/@animalium.id)

Animalium merupakan salah satu fasilitas riset milik BRIN. Fasiltas riset milik BRIN lainnya yang juga menjadi sarana eduwisata adalah beberapa kebun Raya, seperti Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibinong, Kebun Raya Purwodadi, dan Kebun Raya Bali.

Selain sebagai wahana edukasi, Animalium juga digunakan untuk melakukan riset satwa-satwa liar. Di dalamnya, terdapat museum satwa dan juga satwa-satwa yang hidup.

Yang membedakan Animalium dengan wisata lainnya adalah satwa-satwa liar di Animalium selain diteliti oleh para periset, juga dirawat dan ditampilkan kepada pengunjung sebagai bahan pembelajaran.

Belajar berbagai koleksi satwa di Animalium Cibinong

Belajar tentang satwa di Animalium Cibinong (Brin.go.id)

Di dalam Animalium terdapat museum satwa dan juga satwa-satwa yang hidup. Ada ratusan koleksi satwa liar di dalamnya, mulai dari aves (burung), pisces (ikan), herpetofauna (reptil), invertebrata (serangga), hingga mamalia. Pada tiap ruangannya terdapat patung peraga satwa sesuai kelompoknya.

Animalium Cibinong memiliki 5 lobi, 5 exhibit, dan 5 kandang burung aviary. untuk aviary-nya sendiri, terdapat kandang yang sama persis dengan habitat aslinya, ada forest floorriver stream, bird of prey, dan macam-macam lainnya.

Tempat ini menjadi suaka margasatwa yang mampu menampung beragam jenis hewan. Di sini pengunjung dapat melihat berbagai hewan unik yang jarang ditemui di dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya seperti burung langka, landak, kura-kura dan berbagai jenis reptil serangga.

Selain itu, di dalam Animalium Cibinong juga terdapat patung peraga satwa. Bahkan ada pula taman luar ruangan yang mirip dengan habitat aslinya dan berisi hewan aslinya.

Menariknya, pengunjung dapat memperoleh pengetahuan melalui teknologi layar sentuh. Selain itu, kamu pun bisa melihat sejumlah jenis satwa yang diperagakan secara langsung.

Baca Juga:

Fasilitas yang ada di Animalium Cibinong

Setiap pengunjung yang masuk, akan mendapatkan paket buku dan alat tulis. Total paket edukasi berkeliling wahana animalium selama 2,5 jam sampai dengan 3 jam. Setiap kelompok atau orang yang berkunjung bakal didampingi oleh pemandu edukasi.

Terdapat sejumlah fasilitas yang disediakan Animalium untuk para pengunjung, beberapa diantaranya yaitu:

1. Edukasi Binatang Liar

Belajar berbagai satwa di animalium (selebgram.net)

Kamu bisa mendapatkan informasi terkait beragam hewan di sini. Mulai dari berbagai jenis burung, mamalia, reptil, bahkan hewan liar. Menariknya lagi, pihak pengelola juga telah menyediakan meja deskriptif dan monitor edukasi yang sangat canggih. Tidak heran jika tempat wisata satu ini begitu menarik untuk dikunjungi.

2. Aula Aves 

Loby Aves (instagram/@animalium.id)

Di Hall of Aves, kamu dapat berkenalan langsung dengan berbagai jenis burung. Di sini kamu dapat mempelajari ilmu tentang burung. Mulai dari habitatnya, telurnya, bentuk anggota tubuh, jenis makanan dan lainnya. Bahkan di luar ada beberapa burung yang dipelihara langsung dalam sangkar. Salah satunya yaitu spesies burung hantu.

3. Aula Mamalia 

Aula Mamalia di Animalium Cibinong (headtopics)

Di aula mamalia, kamu bisa mendapatkan ilmu tentang perbedaan antara monyet, kera dan juga manusia. Di sini ada replika orang utan dan kamu juga bisa melihat kerangkanya melalui foto rontgen. Selain itu, juga ada replika pesut mahakam yang merupakan jenis mamalia air.

4. Aula Invertebrata 

Aula invertebrata di Animalium Cibinong (bogortoday)

Terdapat beragam jenis replika hewan di Aula Invertebrata termasuk jenis hewan tanpa tulang punggung. Salah satu hal yang paling menarik di sini yaitu kamu dapat melihat banyak sekali replika dari kupu-kupu.

Untuk mengenal jenis-jenis hewan cantik itu, kamu bisa membedakannya dari pola sayap serta ukurannya. Dengan latar belakang kupu-kupu bersayap warna-warni dengan berbagai ukuran, Aula ini sangat tepat dijadikan spot foto yang sangat instagramable. Selain kupu-kupu ada pula replika kalajengking di sini.

5. Balai Ikan (fish hall)

Balai ikan di Animalium Cibinong (travelkompas)

Bagi kamu yang sangat tertarik dengan dunia bawah laut, harus mengunjungi fish hall saat di Animalium. Banyak sekali jenis ikan yang dipamerkan, kanu bisa belajar tentang berbagai jenis ikan. Kamu bahkan dapat melihat bagaimana struktur tulang di tubuh ikan.

6. Balai Herpetofauna 

Balai Herpetofauna di animalium Cibinong (tribun)

Istilah herpetofauna mungkin jarang terdengar oleh beberapa orang. Ternyata herpetofauna merupakan binatang melata berupa amfibi dan reptilia. Di area ini banyak sekali kandang ular hidup yang berbentuk seperti akuarium tertutup. Di sini kamu dilarang membuka kandang, sebab isinya kebanyakan adalah ular berbisa dan berbahaya.

Selain berupa museum hewan sekaligus kebun binatang mini, fasilitas lain yang ada di Animalium Cibinong ini juga sangat canggih dan keren. Untuk dapat menunjang fasilitas Edukasinya, pihak pengelola menyediakan sebuah monitor layar sentuh yang sangat canggih sebagai alat pembelajaran.

Harga tanda Masuk, dan Jam Opersional Animalium Cibinong

Animalium buka setiap hari, kecuali hari Senin, pukul 9 pagi hingga 5 sore. Khusus hari Senin dilakukan perawatan (maintenance) untuk satwa dan lingkungan.

Sebagai wahana edukasi, Animalium tidak menjual tiket masuk layaknya kebun binatang. Untuk masuk ke Animalium, para pengunjung bisa memilih beberapa paket edukasi. Harga per paketnya berkisar antara Rp 75 ribu hingga Rp 100 ribu per orang.

Berikut rincian harga paket edukasi di Animalium  

  • Edukasi Mandiri Umum (weekday): Rp 75.000
  • Edukasi Mandiri Umum (weekend): Rp 85.000
  • Edukasi Mandiri Usia Sekolah (weekday): Rp 95.000
  • Edukasi Mandiri Usia Sekolah (weekend): Rp 100.000

Baca Juga:

Lokasi dan rute menuju Animalium Cibinong

Animalium terletak di dalam Kawasan Sains dan Teknologi (KST) Sukarno. Kawasan ini merupakan salah satu kawasan dari BRIN yang berada di Cibinong. Kawasan Sains dan Teknologi Sukarno memiliki luas 190 hektare. 30 hektare diperuntukkan sebagai kawasan komersial, yang salah satunya adalah Animalium Cibinong yang dibangun di atas lahan 1,5 hektare.

Sangat mudah menemukan rute menuju Animalium Cibinong, apalagi kalo kamu menggunakan google maps. Jika menggunakan angkutan umum, kamu bisa berhenti di gerbang kawasan BRIN Cibinong. Dari situ, kamu bisa menggunakan ojek untuk masuk atau berjalan kaki menuju lokasi yang jaraknya sekitar 2 kilometer.

Untuk kamu yang menggunakan kendaraan pribadi, dari tol Jagorawi kamu bisa keluar di Cibinong/Citereup. Dari situ berjarak sekitar 5 km menuju kawasan Kebun Raya Cibinong.

Baca Juga: Kebun Raya Cibinong, Destinasi Eduwisata Tersembunyi di Bogor


Life is Beautiful

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *