5 Curug Terdekat dari Jakarta, Bikin Adem Pikiran!

Tak perlu pergi jauh-jauh, ada kok curug yang lokasinya dekat dari Jakarta


Curug Leuwi Hejo, salah satu curug terdekat dari Jakarta

Ingin berlibur ke mana akhir pekan? Bagi yang menyukai wisata air, curug alias air terjun bisa menjadi alternatif. Tak perlu jauh-jauh, karena sejumlah curug terletak di sekitar Jakarta.

Berkunjung ke wisata alam, seperti curug bisa menghilangkan penat akibat rutinitas kerja. Desiran air terjun yang menimpa batu dan hijau daun di sekelilingnya merupakan terapi tepat untuk healing.

Selain itu, lokasi wisata yang dekat dengan rumah bisa irit biaya. Ini untuk kamu yang tinggal di daerah Jakarta dan sekitarnya ya. Dan tentunya bisa menyimpan energi agar ketika beraktivitas lagi badan tidak terlalu lelah. Berikut lima curug terdekat dari Jakarta, yang bisa kamu kunjungi di akhir pekan!

1. Curug Bidadari

Curug Bidadari

Curug Bidadari adalah sebuah air terjun kawasan Sentul Paradise Park. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 – 75 meter dan mengalir ke dalam kolam air terjun yang jernih. Curug Bidadari menjadi populer karena pemandangan alam yang indah dan lingkungan yang tenang.

Banyak wisatawan yang berkunjung ke Curug Bidadari untuk berolahraga, berenang, atau hanya untuk menikmati suasana alam. Keindahan alam dan suasana tenang membuat Curug Bidadari menjadi salah satu destinasi wisata yang menyenangkan di Bogor.

Fasilitas yang ada di kawasan ini terbilang cukup komplit. Dari tempat parkir, flying fox, kamar mandi, sewa pelampung, warung semua sudah tersedia.

Untuk masuk ke lokasi curug Bidadari, pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp25 ribu untuk hari kerja, dan Rp30 ribu untuk weekend.

2. Curug Luhur

Curug Luhur

Curug Luhur memiliki ketinggian sekitar 60 meter. Kata Luhur (bahasa Sunda) dalam bahasa Indonesia berarti tinggi. Jadi, penamaan Curug dapat berarti sebagai air terjun yang tinggi.

Curug Luhur memiliki dua air terjun utama yang letaknya sejajar. Air terjun kedua merupakan cabang buatan penduduk setempat hasil pembelokan aliran sungai. Kedua air terjun tersebut airnya alami, dingin, dan segar khas air pegunungan.

Air terjun yang berada di kaki Gunung Salak ini memiliki panorama yang indah. Selain itu udaranya pun sangat sejuk dengan suasana yang asri. Di sekitar air terjun juga terdapat tempat-tempat untuk bersantai bagi wisatawan. Anak kecil pasti senang diajak datang ke sini, karena ada wahana waterboom yang seru.

Curug ini berlokasi di Desa Gunung Malang, Tenjolaya, Kabupaten Bogor. Tiket masuk yang dikenakan kepada setiap pengunjung adalah sebesar Rp45 ribu per orang.

Baca Juga: Kebun Raya Cibinong, Destinasi Eduwisata Tersembunyi di Bogor

3. Curug Leuwi Hejo, Curug Bengkok, dan Curug Barong

Curug Leawi Hejo

Curug Leuwi Hejo, Curug Bengkok, dan Curug Barong adalah tiga air terjun yang terletak di kawasan hutan di Bogor. Masing-masing air terjun memiliki ketinggian dan keunikan tersendiri. Curug Leuwi Hejo memiliki ketinggian sekitar 100 meter dan air terjun ini memiliki beberapa kolam air terjun yang menawarkan pemandangan yang indah. Curug Bengkok memiliki ketinggian sekitar 80 meter dan memiliki beberapa kolam air terjun yang membentuk beberapa lantai. Curug Barong memiliki ketinggian sekitar 60 meter dan memiliki beberapa kolam air terjun yang menawarkan pemandangan indah.

Curug yang letaknya berada di Desa Karang Tengah tersebut memang menjadi salah satu alternatif tempat wisata yang patut untuk Anda kunjungi.

Ketiga air terjun ini menjadi populer karena pemandangan alam yang indah dan lingkungan yang tenang. Lokasi ketiga curug ini terletak di Desa Cibadak, kecamatan Suka Makmur, Bogor. Untuk sampai ke curug ini, kamu bisa melewati jalan raya Sentul City sampai ke perempatan Jungle Land hingga bertemu papan nama ‘Wisata Alam Curug Bengkok, Leuwi Hejo, Curug Barong’.

4. Curug Putri Kencana

Curug putri Kencana

Terletak di kawasan wisata Gunung Pancar, kamu akan disuguhi pemandangan memukau khas air terjun Bogor. Untuk dapat mencapai curug ini, kamu harus melewati trek yang lumayan terjal, sehingga sangat disarankan untuk datang saat cuaca baik.

Yang menarik dari Curug Putri Kencana, di bawahnya terdapat kolam  atau biasa disebut “leuwi” – yang berwarna hijau toska dan dikelilingi bebatuan besar. Untuk kamu yang menyukai aktivitas cliff jumping, kamu bisa loncat dari tebing batu yang mengapit Curug Putri Kencana. Lokasi curug ini ada di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Curug ini dapat dicapai dengan berkendara 1,5  jam dari Jakarta. Jalurnya searah dengan jalur menuju tempat wisata Jungle Land dan Hutan Pinus Gunung Pancar.

5. Curug Cigamea

Curug Cigamea

Curug Cigamea terletak di area taman Nasional Gunung Halimun Bogor. Untuk bagi kamu yang suka dengan tantangan pasti akan lebih menyukai tempat wisata ini. Karena perjalanan menuju lokasi Curug Cigamea memiliki rute yang cukup menantang.

Kamu akan mendapatkan kepuasan tersendiri jika sudah dapat melewati trek yang ada. Namun kamu harus ekstra waspada karena memang ada beberapa trek yang sangat sulit untuk dilalui.

Cigamea dalam bahasa Indonesia mempunyai arti bergemuruh. Ketika kamu hendak menuju ke lokasi Curug Cigamea, kamu akan mendengar suara gemuruh air walaupun lokasi tersebut masih cukup jauh. Suara gemuruh inilah yang menjadi daya tarik dari wisata Curug Cigamea ini.

Di lokasi ini, sebenarnya ada 6 air terjun yang bisa kamu datangi. Namun Curug Cigamea merupakan lokasi yang paling mudah dijangkau

Itulah 5 curug indah yang terletak tidak jauh dari Jakarta. Bagaimana?, Apa mau cari yang lebih jauh dari Jakarta?

Baca Juga: Wisata Jembatan Gantung Situ Gunung, Hanya untuk Kamu yang Punya Nyali

 

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *