6 Rekomendasi Wisata Danau di Bogor, Cocok Untuk Merenungi Nasib


Siru Gede (shutter stock)

Bogor, kota yang terkenal dengan keindahan alam dan iklimnya yang sejuk, menyimpan banyak tempat wisata yang menarik. Salah satu destinasi yang tak boleh dilewatkan adalah danau atau telaga-telaga yang tersebar di wilayah Depok.

Selain keindahan alam yang menakjubkan, danau-danau di Bogor juga memiliki keberagaman hayati yang luar biasa. Berbagai spesies flora dan fauna dapat ditemukan di sekitar danau, menjadikannya surga bagi para penggemar fotografi alam dan para pecinta satwa liar.

Terlebih lagi, Bogor memiliki julukan “Kota Hujan,” yang membuat keberadaan danau semakin indah dengan suasana alam yang segar, hijau dan romantis. Yuk, jelajahi Wisata Danau di Bogor yang menawan .

1. Telaga Saat

Pemandangan alam di telaga Saat (kompas.com)

Salah satu telaga yang populer di Bogor adalah Telaga Saat. Telaga Saat adalah sebuah danau yang terletak di daerah Puncak, Bogor. Danau ini memiliki pemandangan yang indah dengan air yang jernih dan sejuk. Di sekitar danau, terdapat pepohonan yang rimbun dan hijau, serta udara yang segar membuat tempat ini sangat cocok untuk berlibur dan bersantai.

Telaga Saat terletak di Desa Wisata Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Di Telaga Saat, terdapat beberapa kegiatan yang dapat dilakukan seperti berperahu, bersepeda, atau hanya sekedar berjalan-jalan di sekitar danau. Pengunjung juga dapat menikmati kuliner khas Bogor di beberapa warung yang berada di sekitar danau.

Memiliki luas 1.500 hektar, telaga ini berada di kawasan Gunung Kencana yang dikelilingi perkebunan teh dan perbukitan terjal. Suasana yang disuguhkan sudah pasti asri, sejuk, dan air danau yang jernih menyegarkan mata. Keindahan telaga ini sangat Instagramable dan cocok sekali menjadi objek foto-foto.

Namun, sebagai tempat wisata yang populer, Telaga Saat seringkali menjadi tempat yang ramai pada akhir pekan atau hari libur. Oleh karena itu, bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana yang lebih tenang dan sepi, sebaiknya mengunjungi Telaga Saat pada hari kerja atau di luar jam-jam sibuk.

Karena berada di wilayah perkebunan teh, pengunjung perlu membayar tiket masuk perkebunan teh sebesar Rp 15 ribu rupiah, untuk masuk ke telaga Saat sendiri dikenakan tarif Rp 10 ribu per orang.

2. Telaga Warna

Pemandangan alam di Telaga Warna Bogor (indonesiana.id)

Tidak jauh dari telaga Saat, ada objek wisata serupa yang tidak kalah eksotisnya, yaitu telaga Warna. Telaga warna terletak di kaki Gunung Gede,

Telaga ini menawarkan pemandangan yang luar biasa. Telaga Warna, seperti namanya, memiliki air yang berwarna hijau kebiruan yang indah. Airnya yang jernih mencerminkan keindahan hutan di sekitarnya, menciptakan suasana yang tenang dan damai. Pengunjung sering memanfaatkan keindahan ini untuk mengambil foto-foto yang spektakuler. Telaga Warna juga menjadi tempat yang populer untuk berkemah dan mendaki gunung.

Selain menyuguhkan suasana asri dan tenang, daya tarik utama tempat ini adalah air telaga yang sering berubah warna. Hal ini tak lain akibat pantulan berbagai jenis pepohonan yang tumbuh di sekitar danau. Telaga Warna Puncak Bogor sudah cukup lama dibuka dan diresmikan sebagai kawasan cagar alam hutan gunung Mega Mendung dan hutan gunung Hambalang. Objek wisata ini bahkan sudah diresmikan sejak tahun 1972. Maka, tidak heran jika Telaga Warna menjadi objek wisata telaga di Puncak Bogor yang paling terkenal.

Sama seperti halnya telaga Saat, pengunjung yang masuk ke area ini, dikenakan tarif Rp25 ribu untuk masuk ke perkebunan teh, dan Rp 10 ribu untuk masuk ke telaga Saat.

Baca Juga:

3. Telaga Biru

Pemandangan di telaga biru (djavatoday.com)

Telaga Biru Cawene Bogor merupakan sebuah objek wisata alam yang baru saja dibuka pada tahun 2022. Hadirnya objek wisata baru ini makin meramaikan deretan objek wisata di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Bogor, Jawa Barat. Meskipun baru, destinasi wisata ini langsung menarik perhatian para wisatawan. Potret birunya air telaga dengan alam di sekelilingnya yang asri menjadi penyebab utamanya.

Warna biru pada airnya yang berasal dari kandungan kalsium dan magnesium, memberikan rasa segar saat digunakan untuk mandi. Banyak pengunjung yang datang ke sini untuk merasakan sensasi unik tersebut. Pemandangan di sekitar Telaga Biru juga menakjubkan, dengan pepohonan hijau yang menjulang tinggi dan langit yang biru cerah.

Untuk bisa mendapatkan keseruan berlibur di Telaga Biru Cawene Bogor, kamu perlu membayar tiket masuknya sebesar Rp 15 rb per orang.

4. Danau Dora

Pemandangan danau Dora (sentul.city)

Danau Dora terletak di dalam area Kebun Raya Cibinong. Kawasan Kebun Raya Cibinong berada di area Kawasan Sains dan Teknologi Cibinong yang dikelola oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Pemberian nama Dora terinspirasi dari tokoh kartun Dora. Jika dilihat, jembatan yang ada di sekitar danau memiliki kemiripan dengan jembatan yang ada dalam film animasi Dora.

Ternyata Dora tidak sendirian berada di sana. Masih ada Dori dan Walini yang setia menemani Dora di sana. Tidak kalah dengan danau Dora, danau Dori dan Walini juga mempunyai jembatan yang cantik. Mengambil foto dari sudut manapun, dijamin kamu akan puas dan tidak akan kecewa.

Untuk masuk ke Danau Dora, pengunjung melewati pintu masuk Kebun Raya Cibinong yang jam operasional dibatasi dari pukul 07.00-17.00 WIB.

Tarif masuk ke lokasi sangat terjangkau. Pada hari biasa, pengunjung hanya dikenakan tarif masuk sebesar Rp15 ribu, untuk weekend pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp25 ribu. Biaya parkir hanya sebesar Rp5 ribu rupiah.

Baca Juga:

5. Danau Mandalawangi

Pemandangan danau Mandalawangi (highlandcamp.co.id)

Danau Mandalawangi terletak di kawasan Bumi Perkemahan Mandalawangi, Cibodas, Bogor. Tempat ini menjadi salah satu yang wajib dikunjungi jika berburu wisata alam di kawasan Bogor. Mandalawangi berada di kaki Gunung Gede dan Gunung Pangrango.

Danau Mandalawangi sudah pasti akan menyuguhkan berbagai view dan lanskap yang memukau baik untuk berkemah atau rekreasi sejenak. Berdasarkan informasi dari laman resmi Mandalawangi Camping Ground, terdapat banyak fasilitas dan aktivitas wisata yang ada di tempat ini.

Khusus di danau, wisatawan bisa menikmati suasana alam indah secara lebih dekat dengan berkano. Bagi yang suka rintangan, ada juga jungle track dan fasilitas high rope seperti flying fox, lintas danau, lintas tali pohon, dan spider net.

Tiket masuk yang harus dibayar untuk memasuki kawasan wisata alam ini cukup terjangkau. Cukup dengan biaya Rp16 ribuorang sudah bisa bermain di area kawasan wisata ini.

6. Situ Gede

Situ Gede Bogor (disparbud.kotabogor.go.id)

Situ Gede merupakan danau seluas 6 hektar yang kedalaman airnya kurang lebih 6 meter. Danau ini adalah tempat wisata yang cukup dekat dengan pusat kota Bogor.

Situ Gede sendiri dulunya adalah penyimpanan air yang air tersebut digunakan untuk irigasi sawah Kecamatan Kawalu, Indihiangm Mangkubumi, dan Cibeureum. Saat ini danau ini sudah berkembang sebagai tempat wisata. Hal menarik lainnya dari danau ini adalah pada pulau kecil yang ada di tengahnya.

Lokasi Situ Gede ada di tepi hutan darmaga. Hutan ini adalah hutan penelitian yang dikelola oleh Departemen Kehutanan. Suhu di sekitar danau akan sangat sejuk. Pemandangan di sekitarnya juga bisa membuat wisatawan merasakan tenang dan damai.

Untuk mengunjungi destinasi Situ Gede Bogor, pengunjung dikenakan tiket masuk wisatanya sebesar Rp20 ribu perorang.

Danau-danau di Bogor tersebut menawarkan pengalaman alam yang tak terlupakan bagi para pengunjung. Selain itu, wisata danau di Bogor dengan suasana yang tenang dan udara yang sejuk membuat danau menjadi tempat yang ideal untuk beristirahat sambil merenungi nasib.

Baca Juga: 5 Gunung terdekat dari Jakarta, Cocok Untuk Pendaki Pemula!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *