5 Destinasi Wisata Iptek di Jabodetabek, Piknik Sambil Riset

Tidak hanya healing saja yang didapat, pengetahuan pun kamu bisa dapatkan dari beberapa tempat wisata iptek di Jabodetabek


Destinasi wisata iptek di Jabodetabek

Banyak pilihan tempat wisata di Jabodetabek yang bisa menjadi pilihan keluarga di akhir pekan. Selain terkenal, beberapa tempat wisata tersebut menawarkan keunikan tersendiri.

Salah satu jenis wisata yang sedang viral saat ini adalah wisata iptek. Di sini kamu tidak hanya sekedar piknik di hari libur, kamu juga bisa berwisata sambil belajar tentang iptek di beberapa tempat wisata iptek yang ada di Jabodetabek.

Nah berikut adalah lima destinasi wisata iptek di Jabodetabek, yang bisa kamu agendakan di hari libur.

1. Animalium Cibinong, Cocok untuk riset tentang fauna

Animalium Cibinong, salah satu tempat wisata iptek di Jabodetabek (instagram/@animalium.id)

Animalium merupakan salah satu fasilitas riset milik BRIN. Selain sebagai wahana edukasi, Animalium juga digunakan untuk melakukan riset satwa-satwa liar. Di dalamnya, terdapat museum satwa dan juga satwa-satwa yang hidup.

Yang membedakan Animalium dengan wisata lainnya adalah satwa-satwa liar di Animalium selain diteliti oleh para periset, juga dirawat dan ditampilkan kepada pengunjung sebagai bahan pembelajaran.

Di dalam Animalium terdapat museum satwa dan juga satwa-satwa yang hidup. Ada ratusan koleksi satwa liar di dalamnya, mulai dari aves (burung), pisces (ikan), herpetofauna (reptil), invertebrata (serangga), hingga mamalia. Pada tiap ruangannya terdapat patung peraga satwa sesuai kelompoknya.

Animalium Cibinong memiliki 5 lobi, 5 exhibit, dan 5 kandang burung aviary. untuk aviary-nya sendiri, terdapat kandang yang sama persis dengan habitat aslinya, ada forest floorriver stream, bird of prey, dan macam-macam lainnya.

Menariknya, pengunjung dapat memperoleh pengetahuan melalui teknologi layar sentuh. Selain itu, kamu pun bisa melihat sejumlah jenis satwa yang diperagakan secara langsung.

2. PP-IPTEK, Wisata iptek di Jabodetabek dengan segudang permainan seru

Alat peraga di PP-IPTEK (ppiptek.brin.go.id)

Pusat Peragaan Iptek adalah Science Center pertama di Indonesia yang didirikan pada tanggal 20 April 1991. PP-IPTEK memiliki lebih dari 400 alat peraga interaktif dan program sains menarik yang menjelaskan berbagai fenomena Iptek, di mana pengunjung dapat menyentuh, memegang, dan memainkan alat peraga dan program sains dengan mudah dan menyenangkan. Segala usia dapat mencoba berbagai alat peraga dan program sains.

PP-IPTEK merupakan destinasi wisata iptek di Jabodetabek yang terbaik. PP-IPTEK merupakan sarana pembelajaran di luar sekolah untuk menumbuhkan budaya ilmu pengetahuan dan teknologi secara mudah, menghibur, berkesan, dan kreatif.

PP-IPTEK menawarkan lebih dari sekedar museum teknologi. Di sini, kamu bisa belajar tentang sains dengan cara yang menyenangkan. Kamu bisa menyaksikan berbagai simulasi sains yang dilakukan setiap hari, seperti Tesla Coil, Roket Air, Rumah Gempa, Peneropongan Matahari, dan demo sains lainnya.

Kamu juga bisa menguji nyali dengan mengendarai sepeda kabel yang membentang beberapa meter di atas permukaan tanah. Masih banyak teknologi yang bisa kamu coba, seperti Generator Van de GraffSelf Balancing Wheel, Terowongan Ilusi, dan masih banyak lagi.

Aktivitas seru lainnya seperti demo ilmu pengetahuan dan teknologi, pelatihan perancangan alat peraga, science fair, pelatihan proses ilmu pengetahuan alam, pelatihan peduli lingkungan hidup, science camp, peneropongan bintang, aneka pengetahuan kreatif dan kuis, dan lomba perancangan alat peraga.

3. Kebun Raya Cibinong, Jembatannya terinspirasi dari film kartun

Kebun Raya Cibinong (WartaKota/Hironimus Rama)

Kebun Raya Cibinong Cocok buat healing tipis-tipis sambil menepi dari keramaian kota. Kebun Raya Cibinong merupakan kawasan konservasi dan edukasi terkait tumbuhan. Kebun Raya Cibinong menawarkan wisata edukasi tentang keanekaragaman hayati. Tidak kurang dari 1000 spesimen tumbuhan tropis dataran rendah terdapat di Kebun Raya Cibinong..

Kebun Raya Cibinong memiliki banyak spot foto yang menarik. Selain menampilkan keindahan berbagai macam tumbuhan tropis dataran rendah yang ada di sana, deretan danau yang ada tidak kalah eksotisnya.

Danau Dora merupakan danau yang ada di Kawasan Kebun Raya Cibinong, Pemberian nama Dora terinspirasi dari tokoh kartun Dora. Jika dilihat, jembatan yang ada di sekitar danau memiliki kemiripan dengan jembatan yang ada dalam film animasi Dora.

Ternyata Dora tidak sendirian berada di sana. Masih ada Dori dan Walini yang setia menemani Dora di sana. Tidak kalah dengan danau Dora, danau Dori dan Walini juga mempunyai jembatan yang cantik. Mengambil foto dari sudut manapun, dijamin kamu akan puas dan tidak akan kecewa.

4. Kebun Raya Bogor, Sudah ada sejak zaman Belanda

Kebun Raya Bogor (kebunraya.id)

Kebun Raya Bogor merupakan salah satu ikon wisata Bogor yang sudah terkenal. Selain karena luas dan lingkungan yang hijau asri, Kebun Raya Bogor juga  menyimpan ribuan koleksi tanaman dan bunga.

Tidak hanya pada akhir pekan atau hari libur saja, namun Kebun Raya Bogor selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap hari. Hal itu karena Kebun Raya bogor merupakan salah satu lokasi eduwisata terbaik di Indonesia.

Tidak hanya piknik, menggelar tikar, lalu makan-makan saja, namun banyak hal yang bisa kita dapat ketika berkunjung ke Kebun Raya Bogor.

Kamu bisa belajar tentang belajar mengenai berbagai macam kekayaan hayati di sana. Bukan hanya tumbuh-tumbuhan yang besar saja yang bisa dipelajari, namun tumbuhan kecil seperti bunga juga banyak tumbuh disana. Banyak bunga-bunga langka yang ada di Kebun Raya Bogor, seperti Rafflesia Arnoldii atau bunga bangkai.

Selain itu kamu juga bisa belajar tentang sejarah di Kebun Raya Bogor. Melalui bangunan, kompleks makam, dan tugu, kamu dapat mempelajari sejarah tentang kerajaan Pajajaran, juga sejarah tentang peran warga negara belanda yang memulai riset tentang keanekaragaman hayati di sana

Selain edukasi yang bisa kamu dapatkan, Kamu juga bisa melakukan riset di Kebun Raya Bogor. Layaknya peneliti dari BRIN yang melakukan riset kekayaan dan keanekaragaman hayati di Indonesia.

Baca Juga:

5. Planetarium Jakarta, tempatnya belajar astronomi

Planetarium Jakarta (tribunnews)

Tempat wisata ini berisi aneka wahana yang berisi simulasi perbintangan dan benda langit lainnya. Tempat ini tidak hanya memberikan hiburan saja namun juga pendidikan mengenai dunia luar angkasa yang jarang kita perhatikan. Di sini wisatawan tidak hanya mendapatkan informasi mengenai dunia astronomi namun juga pengalaman secara langsung.

Simulasi perbintangan yang mengagumkan dan benda langit lainnya bisa anda lihat di obyek wisata Planetarium Jakarta. Planetarium Jakarta sendiri mirip dengan obyek wisata Observatorium Bosscha dengan sajian luar angkasanya.

Itulah lima tempat wisata iptek di Jabodetabek yang bisa kamu kunjungi. Jadi, tidak hanya healing saja yang didapat ketika piknik di sini, pengetahuan pun kamu bisa dapatkan.

Baca Juga: 4 Wisata Sungai di Jakarta, Tidak Terlihat Kumuhnya

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Legend

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *