Informasi Wisata Kebun Raya Bogor: Lokasi, Harga Tiket dan Tips

Wisata Kebun Raya Bogor, dari lokasi, harga tiket, jam operasional, rute, hingga tips berkunjung


Kebun Raya Bogor (kebunraya.id)

Kebun Raya Bogor merupakan salah satu ikon wisata Bogor yang sudah terkenal. Selain karena luas dan lingkungan yang hijau asri, Kebun Raya Bogor juga  menyimpan ribuan koleksi tanaman dan bunga.

Tidak hanya pada akhir pekan atau hari libur saja, namun Kebun Raya Bogor selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap hari. Hal itu karena Kebun Raya bogor merupakan salah satu lokasi eduwisata terbaik di Indonesia.

Kawasan Kebun Raya Bogor sangat pas dijadikan tempat berlibur bareng keluarga dan teman. Nah! sebelum kamu berkunjung ke Kebun Raya Bogor, ada baiknya simak info berikut!

1. Lokasi, harga tiket masuk, jam operasional, dan rute menuju lokasi

Keberadaan rusa di kawasan Kebun Raya Bogor (instagram.com/dodocumentary)

Lokasi Kebun Raya Bogor berada di jantung kota Bogor. Letak Kebun Raya mudah dicapai, karena dengan luas 87 hektar, Kebun Raya Bogor hampir “memenuhi” pusat Kota Bogor. Setelah kamu memasuki pusat Kota Bogor, kamu akan melihat semua sisi Kebun Raya Bogor dari jalan raya.
Pada hari kerja pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp 16.500, Untuk akhir pekan pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp 26.500. Untuk jam operasional kebun Raya bogor dimulai dari jam 08.00-16.00 WIB

Rute menuju Kebun Raya Bogor sangat mudah. Apalagi jika menggunakan google maps, pasti akan sampai ke titik tujuan dengan tepat. Untuk kamu yang berangkat dari Jakarta menggunakan mobil sendiri, Kamu bisa keluar tol Jagorawi di pintu keluar Bogor. Kamu juga bisa naik KRL dan turun di stasiun Bogor, kemudian berjalan kaki atau ojek online dari stasiun Bogor.

2. Daya tarik yang dimiliki Kebun Raya Bogor

Tugu Lady Raffles (kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Kebun Raya Bogor merupakan tempat wisata yang wajib dikunjungi. Di area Kebun Raya Bogor, Pengunjung dapat melihat keindahan danau, kebun anggrek, taman, hutan, hingga museum.

Beberapa monumen atau gedung yang bisa dijumpai di sana seperti tugu Lady Raffles, tugu Reinwardt, kompleks makam, museum zoologi, sangat cocok untuk menambah pengetahuan tentang sejarah.

Begitu juga dengan taman seperti, taman Soedjana Kassan, taman akuatik, taman Araceae, taman Astrid, taman Meksiko jembatan merah sangat cocok untuk bersantai atau berfoto.

Untuk menambah wawasan edukasi bagi pengunjung, juga sudah diresmikan wahana edukasi baru di griya anggrek. Peresmian tersebut akan dilakukan tepat pada saat ulang tahun Kebun Raya Bogor ke 205.

Baca Juga: Kebun Raya Cibinong, Destinasi Eduwisata Tersembunyi di Bogor

3. Selain wisata, dapat belajar dan riset tentang keanekaragaman hayati

Ekosistem di Kebun Raya Bogor (Lipi.go.id)

Tidak hanya piknik, menggelar tikar, lalu makan-makan saja, namun banyak hal yang bisa kita dapat ketika berkunjung ke Kebun Raya Bogor.

Kamu bisa belajar tentang belajar mengenai berbagai macam kekayaan hayati di sana. Bukan hanya tumbuh-tumbuhan yang besar saja yang bisa dipelajari, namun tumbuhan kecil seperti bunga juga banyak tumbuh disana. Banyak bunga-bunga langka yang ada di Kebun Raya Bogor, seperti Rafflesia Arnoldii atau bunga bangkai.

Selain itu kamu juga bisa belajar tentang sejarah di Kebun Raya Bogor. Melalui bangunan, kompleks makam, dan tugu, kamu dapat mempelajari sejarah tentang kerajaan Pajajaran, juga sejarah tentang peran warga negara belanda yang memulai riset tentang keanekaragaman hayati di sana

Selain edukasi yang bisa kamu dapatkan, Kamu juga bisa melakukan riset di Kebun Raya Bogor. Layaknya peneliti dari BRIN yang melakukan riset kekayaan dan keanekaragaman hayati di Indonesia.

4. Fasilitas yang ada di Kebun Raya Bogor

Mobil listrik di Kebun Raya Bogor (kebunraya.id)

Fasilitas penunjang di dalam kawasan Kebun Raya Bogor, sudah cukup tersedia dengan baik. Fasilitas seperti mobil listrik, scooter listrik dan sepeda untuk berkeliling Kebun Raya Bogor bisa kita sewa di sana.

Fasilitas umum lainnya seperti akses jalan yang bagus, lampu penerangan, petunjuk arah, toilet, musala dan restoran, juga sudah tersedia.

5. Tips mengunjungi Kebun Raya Bogor

Taman Soedjana Kassan (kebunraya.id)

Sebelum kamu berkunjung ke Kebun Raya Bogor, ada baiknya simak tips berikut ya:

  1. Untuk yang membawa mobil sendiri, usahakan datang sepagi mungkin. Karena area parkir mobil terbatas. Jika kamu tidak kebagian parkir, kamu akan diarahkan untuk parkir di gedung yang ada di sekitar Kebun Raya Bogor.
  2. Bawalah payung atau jas hujan. Wilayah Bogor merupakan daerah yang curah hujannya cukup tinggi.

Informasi wisata Kebun Raya Bogor di atas, bisa jadi bekal kamu sebelum berkunjung ke sana. Selain piknik, banyak manfaat yang bisa kita dapat dari berkunjung ke Kebun Raya Bogor.

Baca Juga: 5 Hal Tentang Pengetahuan dan Riset yang Bisa Dilakukan di Kebun Raya Bogor


Like it? Share with your friends!

Legend

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *