Liburan Ke Malaysia? Ini 6 Tempat Wisata di Kuala Lumpur


Tempat wisata di Kuala Lumpur

Berbagai moda transportasi bisa didapat dengan mudah dan murah, sehingga kamu akan nyaman saat di perjalanan.

Tahukah kamu, bahwa Malaysia khususnya ibukota besarnya yaitu Kuala Lumpur memiliki destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi? Ada apa saja di sana? Berikut beberapa tempat wisata di Kuala Lumpur.

1. Menara Kembar Petronas

menara kembar petronas, salah satu tempat wisata di Kuala Lumpur (AFP)

Tidaklah lengkap rasanya jika kamu liburan ke Malaysia tanpa mengunjungi Menara Kembar Petronas (KLCC/Kuala Lumpur City Central). Menara Kembar Petronas ini merupakan salah satu bangunan ikonik milik Malaysia. Di sini, kamu dapat berfoto dengan latar menara kebanggaan warga lokal itu.

Kamu juga jangan lupa nikmati pemandangan Kuala Lumpur dari Sky Bridge (jembatan penghubung kedua menara) di lantai 41 dan observatory deck di lantai 86 dengan membayar tiket masuk sebesar RM84.80 untuk dewasa dan RM32 untuk anak-anak. Bila kamu liburan bersama si kecil, kamu juga bisa mengunjungi Petrosains di lantai 4.

Di dalam komplek menara kembar Petronas, kamu bisa berkunjung ke Taman KLCC. Luas taman ini sekitar 50 hektar dan dirancang untuk bersantai dan rekreasi. Di taman ini kamu bisa jogging, menikmati air mancur, dan berbagai aktivitas seru lainnya. Sangat disarankan untuk datang di malam hari agar kamu bisa menonton pertunjukan musik air atau symphony lake di sini.

Baca Juga:

2. Menara Kuala Lumpur atau KL Tower

Menara Kuala Lumpur atau KL Tower (klook.com)

Bangunan lain yang menarik untuk kamu kunjungi adalah Menara Kuala Lumpur atau KL Tower. KL Tower merupakan menara telekomunikasi, namun di dalamnya terdapat berbagai kegiatan untuk wisatawan.

Jika memiliki budget lebih, tidak ada salahnya untuk melihat pemandangan Kuala Lumpur menggunakan teropong observasi di observation deck. Bila tertarik, kamu harus membayar RM52. Observation Deck di sini maksudnya adalah kamu bisa mengamati pemandangan kota dari dalam (Indoor), juga ada penjelasan-penjelasan mengenai bangunan yang ada di penjuru Kuala Lumpur.

3. Batu Caves

Batu Caves (wikipedia/Chainwit)

Batu Caves adalah tempat ibadah umat Hindu Tamil yang terletak di dalam gua bukit batu kapur kawasan Gombak, Selangor. Tempat ini menjadi menarik karena terdapat hiasan patung Dewa Murugan tertinggi di dunia (42,7 meter) yang berlapis emas. Terdapat juga Temple Cave yang merupakan gua utama yang bisa dicapai dengan menaiki 272 anak tangga. Siapa saja bisa mengunjungi kuil ini secara gratis asalkan mengenakan pakaian yang sopan.

Di tempat ini kamu pun dapat melihat prosesi ibadah secara langsung di kuil. Buat kamu pecinta olahraga ekstrem, kamu juga dapat mengunjungi Dark Cave yang berlokasi sebelum Temple Cave. Di sini kamu akan mengikuti tur edukasi mengeksplor gua. Kamu hanya perlu membayar RM35 untuk orang dewasa dan RM28 untuk anak-anak di atas 12 tahun.

4. Dataran Merdeka

Dataran Merdeka (tripadvisor)

Bagi kamu yang ingin berwisata sejarah, Dataran Merdeka adalah salah satu destinasi yang tepat. Tempat wisata di Kuala Lumpr ini merupakan lapangan yang bersejarah bagi warga setempat, karena menjadi saksi bisu pengibaran bendera Federasi Malaysia untuk pertama kali. Tempat ini juga menjadi tanda lepasnya Malaysia dari jajahan Inggris pada 31 Agustus 1957. Pasca kejadian itu, Dataran Merdeka menjadi tempat memperingati Hari Kemerdekaan Malaysia.

Kamu tidak hanya disuguhi pemandangan lapangan Dataran Merdeka saja. Di kawasan ini juga terdapat banyak objek wisata yang bisa dinikmati gratis. Di antaranya adalah Masjid Jamek, Katedral St. Mary the Virgin, Museum Musik, hingga tulisan “I Love KL” yang menjadi spot berfoto favorit para wisatawan.

Ada pula KL City Gallery yang mengharuskan setiap pengunjung membayar tiket sebesar RM5. Isinya cukup menarik, kamu bisa melihat miniatur suasana Kuala Lumpur tempo dulu, sejarah Kuala Lumpur, dan lain sebagainya.

5. Genting Highlands

Genting Highlands (hotels.com)

Genting Highlands terletak hanya 50 menit dari Kuala Lumpur. Genting Highlands adalah tempat wisata di Kuala Lumpur yang berangin sejuk dan udara segar. Apalagi, Genting Highlands dapat dijelajahi hanya dalam waktu satu hari. Dijuluki City of Entertainment, Genting Highlands adalah kota resor yang terletak di tengah hutan hujan berusia 100 juta tahun yang megah. Kamu dapat naik kereta gantung di sini dan menikmati pemandangan yang luar biasa menyenangkan.

Di dalam kawasan Genting Highlands banyak terdapat taman hiburan, Genting Sky Tropolis, perkebunan stroberi terbesar di Malaysia, kasino, bioskop, Chin Swee Caves Temple, dan banyak lagi. Jika ingin berbelanja, kamu dapat mengunjungi Genting Premium Outlets atau pusat perbelanjaan SkyAvenue. Yang tak kalah seru tentu saja Genting Skyworlds yang dibuka pada awal 2022.

Baca Juga:

6. Petaling Street (Kuala Lumpur Chinatown)

Petaling Street (wikipedia/yosri)

Petaling street atau Chinatown (juga disebut Jalan Petaling atau ‘Chee Cheong Kai’ dalam bahasa Cina) adalah area tempat kamu dapat menyaksikan budaya, warisan, dan sejarah kota. Dari barang tiruan hingga jajanan pinggir jalan yang lezat. Petaling street merupakan surga bagi pemburu barang murah dan sangat menyenangkan untuk dijelajahi.

Ada banyak kafe dan restoran lokal yang indah di sekitar area ini. Dari mie daging sapi hingga kue tar telur dan kacang kedelai yang menyegarkan, kamu dapat berwisata kuliner di sini.

Itulah beberapa tempat wisata di Kuala Lumpur, Malaysia. Selain itu, masih banyak tempat yang bisa kamu kunjungi jika kamu liburan ke Malaysia. Selamat menikmati liburan, dan nikmati berbagai tempat wisata di Kuala Lumpur!

Baca Juga: Tempat Wisata di Penang? 6 Spot Kece ini Wajib Kamu Kunjungi

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Explorer

One Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. You’re so cool! I do not believe I’ve read through anything like this before. So nice to find somebody with a few unique thoughts on this subject matter. Really.. many thanks for starting this up. This site is one thing that is required on the web, someone with some originality!