6 Alasan Kucing Suka Menggosokkan Badan Ke Pemiliknya

Mau tahu beberapa alasan dari kebiasaan kucing suka menggosokkan badannya? Yuk cek alasannya di sini


Ilustrasi kucing menggosokkan badan ke pemiliknya (pexels.com/cottonbro)

Sebagai pemilik kucing, pawrents wajib tahu alasan kucing suka menggosokkan badan ke  pemiliknya. Sebab, salah satu kebiasaan unik kucing ini sering sekali dilakukan, di manapun dan kapanpun sesuka hati pada pemiliknya.

Mungkin ini yang akhirnya membuat kamu sebagai pemilik selalu bertanya-tanya tentang alasan atau maksud dari perilaku menggemaskan kucing ini.

Nah buat kamu yang bertanya-tanya, berikut alasan kucing suka menggosokkan badannya padamu. Simak yuk.

1. Tengah Mencari Perhatian Pemiliknya

Alasan kucing suka menggosokkan badan ke pemiliknya yang pertama adalah tengah mencari perhatian pemiliknya. Biasanya kucing ingin dibelai, diajak main atau bahkan meminta makan.

Kucing yang ingin dibelai biasanya akan menunjukkan gosokan wajah tertentu, istilahnya adalah bunting atau juga head bunting. Nanti kucing akan menggosokkan wajah dengan cara mendekat sambil mendengkur, kemudian menekan wajah serta dahi mereka ke tubuhmu dengan lembut. Kamu bisa membalas perilaku kucing ini dengan membelai anggota tubuhnya, khususnya bagian kepala dan leher.

Baca Juga:

2. Tengah Menunjukkan Tanda Kasih Sayangnya

Alasan kucing menggosokkan badan ke pemiliknya yang kedua adalah untuk menunjukkan tanda kasih sayangnya kepada sang pemilik. Kucing bisa merasakan keamanan dan kenyamanan saat berada di dekat orang yang digosoknya.

Begitu juga ketika kucing menggosokkan tubuh pada benda mati seperti meja, tembok, pintu, lemari atau benda mati lainnya, yang artinya dia menyukai lingkungannya. Selain itu, ketika kucing mengedipkan mata secara lambat, artinya kucing merasa puas dan menyayangi apa yang tengah menjadi miliknya.

3. Menandai Teritori Wilayah Serta Mengklaim Pemiliknya 

Kucing selalu mengandalkan indera penciumannya yang tajam untuk bisa mengenali dan mendapatkan informasi tentang lingkungan yang ada di sekitarnya. Kucing juga memiliki kelenjar pada bagian pipi, dagu, kening hingga dagu yang berfungsi untuk mengeluarkan feromon, yaitu aroma yang biasanya dikeluarkan oleh hewan ketika berinteraksi dengan hewan sesamanya.

Akan tetapi, feromon ini hanya bisa dicium oleh kucing atau hewan lainnya, tidak pada manusia. Kucing akan meninggalkan aroma feromon yang khas dengan cara menggosokkan tubuhnya pada kaki pemiliknya atau benda di sekitarnya sebagai teritori wilayah dan tanda kepemilikan.

4. Menyapa Hangat Pemiliknya

Kucing memiliki banyak cara untuk berinteraksi dengan pemiliknya, salah satunya dengan menggosokkan tubuhnya pada tubuh si pemilik. Cara unik ini bisa diartikan sebagai sapaan hangat yang kucing berikan.

Salah satu contohnya adalah ketika kamu telah selesai mandi. Setelah keluar dari kamar mandi, otomatis kucing akan menggosokkan tubuhnya pada kakimu atau benda di sekitarnya sebagai tanda sapaan hangatnya untukmu.

5. Tengah Birahi

Kucing yang tengah birahi juga melakukan penggosokan badan pada tubuh pemiliknya. Umumnya, perilaku unik ini lebih sering dilakukan oleh kucing betina, bukan kucing jantan.

Ketika sudah memasuki siklus birahi, perilaku kucing betina akan lebih agresif dengan menggosokkan tubuhnya pada anggota tubuhmu yang bisa dijangkaunya. Bukan hanya tubuhnya, terkadang ekornya pun ikut diangkat dan diayunkan dekat dengan wajah kamu.

Baca Juga:

6. Menghilangkan Kecemasan dan Stres

Kucing termasuk ke dalam hewan yang memiliki tingkat sensitif, seperti mudah cemas dan stres. Ketika cemas dan stres datang, biasanya kucing akan menggosokkan tubuhnya pada tubuh pemiliknya atau benda yang ada di sekelilingnya.

Perilaku ini, biasanya menjadi perilaku umum bagi kucing yang tengah beradaptasi pada perubahan lingkungan maupun perubahan rutinitas. Jika kucingmu menggosokkan badannya lebih sering, bisa jadi dia tengah cemas atau stres. Kamu bisa mengatasinya dengan mengelusnya dengan lembut dan penuh kasih sayang.

Sebagai pawrents, dengan mengetahui alasan kucing suka menggosokkan badan ke tubuh pemiliknya, bisa mengetahui apa yang kucing inginkan. Sehingga, pemilik bisa lebih peka untuk melakukan sesuatu sesuai keinginan kucing peliharaannya dan kucing pun akan menyukainya.

Baca Juga: 5 Cara Mengusir Kucing Liar, Tanpa Menyakiti!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Emperor

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *