4 Wisata Sungai di Jakarta, Tidak Terlihat Kumuhnya

Wisata sungai di Jakarta bagaikan oase di tengah kota yang panas


Kali Besar di Kota Tua, salah satu wisata sungai di Jakarta (cekpengiriman)

Memang tidak sulit menemukan objek wisata di Indonesia. Bahkan, sungai di Jakarta yang awalnya kumuh bisa disulap menjadi spot liburan yang keren dan instragamable.

Jakarta memiliki citra sebagai belantara beton dengan berbagai kesibukan dan kemacetannya. Ibukota Indonesia ini juga dikenal karena polusi udara dan menjadi daerah rawan banjir. Termasuk dalam hal ini sungai-sungainya yang terkenal kotor, bau, dan kumuh.

Meski begitu, ada juga kok sungai-sungai di Jakarta yang bisa dijadikan tempat wisata di tengah padatnya gedung-gedung Jakarta. Berikut adalah beberapa wisata sungai di Jakarta yang bisa kamu kunjungi.

1. Kali Besar, sungai di Jakarta yang lekat dengan bangunan sejarah

Kali Besar di Kota Tua (kompas.com)

Kali yang desainnya terinspirasi dari Sungai Cheonggyecheon, Seoul, Korea Selatan tersebut baru tahun 2019 dibuka oleh Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.

Beberapa spot menarik di Kali Besar adalah Taman Apung, Jembatan, patung unik, dan beberapa bangku di pinggir kali. Kali yang dulunya kumuh dan dipenuhi sampah telah berubah jadi spot yang menarik dijadikan latar mengambil foto.

Jembatan yang menghubungkan jalan antara Kali Besar Barat dan Kali Besar Timur ini juga menjadi tujuan para wisatawan untuk berfoto. Dengan latar gedung tua Jasa Raharja, membuat tempat ini jadi spot favorit untuk mengabadikan momen. Sementara patung-patung unik menjadi ornamen pemanis. Bentuknya pun sangat ‘hidup’ misalnya bapak tua yang duduk di kursi, lelaki yang tengah mengecat tiang dan lain sebagainya.

Meski terlihat sederhana, tempat duduk yang berada di sepanjang kawasan Kali Besar ini juga bisa menjadi latar foto yang instagramable jika diambil dari sudut yang tepat. Latar gedung-gedung tua, seolah membawa pengunjung ke masa lalu.

Para wisatawan biasanya menyempatkan waktu berswafoto bersama teman, keluarga, dan juga pasangan. Beberapa dari mereka bahkan menggunakan momen libur di kawasan Kali Besar untuk sekaligus melakukan foto pra wedding.

Baca Juga:

2. Taman wisata alam Angke Kapuk, yang terletak di kawasan Hutan Angke Kapuk

Taman wisata alam Angke Kapuk (jakartamangrove.id)

Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk merupakan bagian dari kawasan Hutan Angke Kapuk yang dikembangkan sebagai sarana pariwisata alam sekaligus mempertahankan kelestarian fungsi mangrove sebagai penyangga kehidupan.

Di dalam kawasan wisata alam ini, kamu akan ditawarkan untuk berkeliling hutan bakau menggunakan perahu. Berbagai jenis flora dan fauna yang mendominasi kawasan TWA Angke Kapuk bukan hanya menghibur kamu, tapi juga menambah wawasan pengetahuan.

Fauna yang singgah di kawasan hutan bakau ini umumnya merupakan jenis burung merandai dan hampir seluruhnya adalah satwa yang dilindungi. Beberapa di antaranya adalah elang laut perut putih, gagang bayam timur, cekakak sungai, dan elang tiram.

Setelah melihat-lihat koleksi flora dan fauna, kamu juga bisa mencoba berbagai aktivitas air yang ada di tempat wisata Pantai Indah Kapuk ini, seperti kano, perahu dayung, hingga speed boat. Selain itu, kamu juga diperbolehkan menanam mangrove dengan biaya tertentu sehingga ada bukti kenang-kenangan dari kamu di kawasan ini.

3. Sungai Kendal Rorotan, sungai di Jakarta yang ditangani langsung Pemprov Jakarta

Sungai Kendal Rorotan (poskotaonline)

Beragam spot foto menarik dan tempat permainan tradisional semakin melengkapi fasilitas Taman Sungai Kendal yang berlokasi di RT 05 RW 08 Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing. Alhasil, Taman Sungai Kendal menjadi lokasi favorit yang kerap dikunjungi warga yang bukan hanya berasal dari Jakarta Utara saja.

Taman Sungai Kendal merupakan Taman Maju Bersama (TMB) yang dibangun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan pengelolaannya ditangani langsung oleh Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta. Di lahan seluas 40 ribu m2, Taman Sungai Kendal memiliki beragam fasilitas menarik seperti saung, permainan tradisional, area bermain anak, musala, toilet, bangku taman, danau, lapangan olahraga, amphitheater, jogging track, dan lain-lain.

Baca Juga:

4. Jakarta River Walk, sungai di Jakarta yang rapi dan cantik

Jakarta River walk (youtube.com/Walking Around)

Salah satu sungai di Jakarta yang cantik dan keren ini terletak di kawasan epicentrum Rasuna Said, Jakarta Selatan. Berada persis di depan Mall Epiwalk, Lokasinya sangat strategis dan mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi dan umum seperti transjakarta.

Bagi kamu yang hobi gowes sepeda, tempat ini jangan sampai dilewatkan. Kamu bisa berkeliling naik sepeda di sini. Pemandangan di area ini bukan hanya rapi dan indah, tetapi juga tertata bersih dan sangat terawat. Oleh sebab itu, berjalan-jalan di kota ini seakan akan kita sedang berada di Singapura, yang terkenal bersih dan memiliki river walk seperti ini.

Di samping kiri dan kanan sungai terdapat area pejalan kaki yang cukup lebar. tamannya hijau dengan bunga-bunga yang bermekaran. Juga terdapat banyak tempat duduk buat kamu yang ingin sekedar bersantai sambil menikmati pemadangan sungai, atau sekedar bersantai di bawah pohon yang rindang.

Di aliran sungainya terlihat banyak ikan yang terlihat dari permukaan air, namun ikan tersebut tidak boleh dipancing ya.

Keindahan tempat ini mengundang masyarakat untuk berkunjung. berfoto, ataupun duduk santai sambil menikmati suasana yang tenang untuk ukuran orang Jakarta. Dengan latar belakang sungai yang bersih, dan gedung yang tinggi, serta berbagai spot foto yang keren di pinggiran sungai, tempat ini ramai dikunjungi masyarakat setiap harinya, terutama para kaum muda milenial.Pada pagi dan sore hari, tempat ini banyak digunakan masyarakat untuk berolahraga.

Itulah beberapa wisata sungai di Jakarta yang bisa kamu kunjungi di hari libur. Sungai di  Jakarta seperti oase di tengah kota yang bisa kamu datangi untuk melepas penat dan melepaskan diri dari kesibukan sehari-hari.

Baca Juga: Wisata Lawang Sewu Semarang, Sensasi Piknik Beraroma Mistis

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *