Menilik Keterwakilan Perempuan Dalam Politik


IIlustrasi keterwakilan perempuan dalam politik

Di masa sekarang perempuan tidak hanya berkegiatan di dapur saja. Peran perempuan dalam politik telah menjadi topik yang semakin penting dan mendapatkan perhatian di seluruh dunia. Perempuan memiliki peran penting dalam masyarakat, dan peran perempuan dalam politik menjadi kunci dalam membangun masyarakat yang inklusif dan demokratis.

Meskipun perempuan telah mencapai kemajuan dalam berbagai bidang, mereka masih menghadapi tantangan dan hambatan yang terlibat secara aktif di dunia politik. Keterbatasan akses merupakan salah satu kesulitan bagi perempuan untuk menunjukkan bahwasannya kepentingan perempuan tidak sepenuhnya dapat diterima dalam sistem politik.

Tantangan yang dihadapi perempuan dalam mencapai keterwakilan politik yang adil sangat beragam. Beberapa tantangan utama meliputi stereotipe gender, yang mana menempatkan perempuan sebagai makhluk yang lebih lemah, kurang kompeten, dan kurang cocok untuk bidang politik, telah mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap perempuan dalam konteks politik. Diskriminasi politik juga merupakan masalah yang menghalangi perempuan untuk terlibat dalam politik dan memegang jabatan-jabatan penting.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah (Jateng) mencatat ada 1.793 orang yang telah mendaftar sebagai bakal calon anggota legislatif (caleg) dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif 2024. Dari jumlah sebanyak itu, sekitar 726 orang yang mendaftar sebagai bakal caleg di Jateng adalah perempuan.

Baca Juga:

Menurut saya dengan calon yang didominasi perempuan itu akan adanya keterwakilan perempuan yang kuat, isu-isu yang relevan bagi perempuan seperti kesetaran gender, kekerasan gender, perawatan anak, dan hak kesehatan seksual dan reproduksi, serta hak-hak perempuan lainnya dapat diperjuangkan dan diprioritaskan dengan baik. Meskipun pada saat ini hak-hak politik kaum perempuan banyak yang telah mendapat pengakuan, akan tetapi hal tersebut tidak menjamin hak perempuan dalam keikutsertaannya pada partisipasi politik telah dipraktekan sebagaimana mestinya.

Kehadiran perempuan di lembaga politik berkontribusi pada pengambilan keputusan yang lebih baik dan lebih akurat. Perempuan seringkali membawa sudut pandang yang berbeda. Dengan adanya pemikiran dan pendekatan yang beragam, keputusan yang diambil dapat mencerminkan kepentingan yang lebih luas dan mencapai solusi yang lebih komprehensif.

Keterwakilan perempuan yang kuat di dunia politik dapat berfungsi sebagai inspirasi bagi generasi perempuan yang lebih muda. Mereka menjadi teladan yang kuat dan membuktikan bahwa perempuan dapat mencapai posisi kepemimpinan dan berperan aktif dalam membentuk masa depan negara mereka.

Ini dapat mengubah pandangan dan norma sosial yang membatasi peran perempuan dalam politik dan mendorong perubahan sosial yang lebih luas. Tanpa adanya keterwakilan perempuan dalam politik maka dalam pengambilan keputusan atau penentuan kebijakan akan cenderung memihak pada kepentingan laki-laki.

Oleh karena itu, keterwakilan perempuan dalam politik sangatlah dibutuhkan guna membantu kaum perempuan di masa yang akan datang. Kedudukan yang diberikan kepada perempuan agar dapat meningkatkan posisi perempuan di tengah perspektif masyarakat, proses meningkatkan posisi perempuan ini juga harus didukung melalui adanya kesempatan, pendidikan politik, serta keterwakilan politik.

Baca Juga:

Nah, berarti perempuan tidak diharuskan untuk bekerja di dapur saja, tidak hanya mengurus suami dan anak saja di rumah tetapi bisa terjun ke dalam dunia politik. Semakin banyak perempuan yang terjun secara langsung di dunia politik, maka semakin besar kesempatan untuk memperjuangkan hak-hak dan perlindungan terhadap perempuan. Dalam dunia politik, laki-laki dan perempuan memiliki kedudukan yang setara. Jangan ragu dan yakinkan diri mampu menjalankan fungsi dan peran di politik.

Keterwakilan perempuan dalam politik adalah faktor penting dalam membangun masyarakat yang inklusif, demokratis dan setara. Meskipun tantangan yang dihadapi masih besar, langkah-langkah yang diambil untuk meningkatkan keterwakilan perempuan dalam politik perlahan tapi pasti membawa perubahan positif.

Dukungan yang kuat dari masyarakat, pemerintah, dan organisasi internasional diperlukan untuk terus mendorong perubahan yang berkelanjutan. Dengan memastikan partisipasi aktif atau keterwakilan perempuan dalam politik, kita dapat mencapai dunia yang lebih adil dan inklusif bagi semua.

Referensi:

  • https://m.solopos.com/726-perempuan-daftar-caleg-di-jateng-paling-banyak-dari-psi-1630618, diakses pada hari senin, 19 mei 2023 pukul 10.00 wib
  • Pemenuhan Hak – Hak Perempuan dalam Berpolitik Pada Mekanisme Pemilu Legislatif (Studi Perbandingan Indonesia Dengan Australia) – UIN Salatiga Repository (iainsalatiga.ac.id)
  • Kiftiyah Anifatul, 2019, perempuan dalam partisipasi politik di indonesia, jurnal studi islam gender dan anak

Baca Juga: Mengulik Era Kewarganegaraan Digital: Apakah Data Kita Benar-benar Aman?

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *