5 Macam Bahan Alami Dalam Sabun Natural, Baik Untuk Kesehatan Kulit!


Ilustrasi sabun mandi natural (pixabay.com/timokefoto)

Menjaga dan memperhatikan kesehatan kulit sangatlah penting. Apalagi kulit adalah bagian tubuh yang sering sekali terpapar matahari, polusi, dan debu. Agar kulit tetap terawat, pemilihan produk seperti sabun mandi juga tidak bisa sembarangan mengingat kebutuhan kulit yang berbeda-beda. Untuk itulah pemilihan sabun natural menjadi pilihan yang tepat untuk perawatan kulit.

Sabun Natural adalah sabun yang proses pembuatannya tidak menggunakan bahan kimia dan terbuat dari minyak nabati, bukan hewani. Sementara untuk aromanya, bahan sabun natural biasanya dicampur dengan bahan alami tertentu yang telah teruji memiliki sejumlah manfaat baik untuk kulit.

Sabun natural umumnya berukuran besar, sehingga bisa bertahan selama sebulan. Sabun natural yang terbuat dari bahan-bahan alami memiliki khasiat yang baik untuk merawat kulit tetap sehat, menjaga kesegaran kulit sekaligus melembabkan.

Saat memilih sabun natural, penting sekiranya untuk memperhatikan bahan alami apa saja yang tercampur dalam sabun organik agar sesuai dengan kebutuhan kulit. Lalu, apa sajakah bahan alami yang ditambahkan kedalam sabun? Inilah lima bahan alami dalam sabun natural.

1. Kopi Hitam

Kopi biasanya menjadi komoditas yang dikonsumsi sebagai minuman penghilang rasa kantuk. Namun selain dikonsumsi sebagai minuman, ternyata kopi juga bisa dijadikan bahan campuran pada sabun natural dengan cara menuangkan kopi yang sudah ditumbuk kasar pada adonan sabun natural.

Sebagai bahan campuran dalam sabun, setidaknya ada 7 manfaat kopi untuk kulit, yaitu sebagai bahan eksfoliasi kulit, mengangkat sel kulit mati, menghilangkan kusam, mengangkat kotoran yang menumpuk di pori-pori kulit, menghilangkan selulit, mencerahkan kulit dan sebagai anti peradangan pada kulit.

2. Ekstrak Kunyit

Kunyit umumnya dikenal sebagai bumbu penyedap masakan atau sebagai jamu peningkat daya tahan tubuh, namun penggunaan kunyit untuk perawatan tubuh dan kulit sudah ada sejak zaman kerjaan. Kini dengan produk yang lebih modern, kunyit digunakan sebagai bahan campuran dalam sabun natural dengan cara menuangkan parutan kunyit yang halus dan air kunyit ke dalam adonan sabun natural.

Ada sejumlah manfaat kunyit untuk kulit tubuh yang bisa didapatkan dari sabun natural kunyit yaitu, mencerahkan kulit, meredakan jerawat, mengatasi hiperpigmentasi, dan sebagai anti peradangan. Khasiat kunyit dalam sabun organik semakin baik jika dicampurkan dengan santan kelapa yang mengandung vitamin C yang dapat membuat kulit berkilau, lembab dan membuat kulit menjadi elastis.

Baca Juga: Mengintip Manfaat Si Mungil dari Tanaman Kersen

3. Daun Binahong

Daun binahong dikenal sebagai tanaman liar yang bisa tumbuh di mana saja. Bentuk daunnya yang bundar kehijauan dan tangkainya yang berwarna ungu menjadikan daun ini mudah ditemukan. Meskipun daun binahong adalah tanaman liar namun daun binahong mengandung antioksidan, asam askorbat, dan senyawa fenolik yang mampu melawan bakteri.

Daun binahong baik digunakan sebagai bahan campuran sabun natural karena ada sejumlah manfaat daun binahong untuk kulit antara lain, mengencangkan kulit, menghilangkan komedo, mencerahkan kulit, dan menghaluskan kulit. Sejumlah manfaat baik ini berkat daun binahong yang memiliki sejumlah vitamin seperti, vitamin C, vitamin A, dan zat besi yang dibutuhkan untuk menjaga kulit agar tetap sehat.

4. Lidah Buaya dan Pandan

Banyak yang belum tahu kalau daun pandan memiliki manfaat yang baik untuk kulit, apalagi jika dipasangkan dengan lidah buaya dalam sabun natural. Keduanya sama-sama berwarna hijau namun memiliki manfaat yang berbeda.

Ada segudang manfaat lidah buaya yang baik untuk kulit yaitu memberikan kelembapan pada kulit, menenangkan kulit, mengurangi strech-mark dan menghidrasi kulit, mengurangi peradangan, dan sebagai detoksifikasi pada kulit.

Sementara itu, manfaat daun pandan untuk kulit antara lain mencerahkan kulit, mengangkat sel kulit mati, membersihkan pori-pori, mengatasi kulit berjerawat, dan menyamarkan bintik hitam. Kedua bahan alami dalam sabun organik ini cocok digunakan untuk melawan tanda-tanda penuaan kulit.

Baca Juga: 7 Manfaat Kulit Pisang bagi Kesehatan

5. Kayu Secang

Kayu secang merupakan tanaman obat tradisional yang sudah dikenal luas masyarakat Indonesia. Khasiat kayu secang sebagai jamu memang sudah terbukti baik untuk menyehatkan tubuh. Namun kayu secang juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan kulit.

Khasiat kayu secang untuk kulit antara lain melawan radikal bebas yang bisa merusak kulit karena mengandung antioksidan. Dalam sabun natural, kayu secang berfungsi sebagai bahan yang mampu meremajakan kulit, mencerahkan kulit, mencegah infeksi pada kulit dengan kandungan metanol di dalam kayu secang. Kayu secang juga mampu menghambat pertumbuhan bakteri di kulit, mencegah timbulnya jerawat dan perlindungan dari sinar UV.

Inilah sejumlah bahan alami dalam sabun natural yang memiliki manfaat baik untuk menjaga kesehatan kulit, dan pastikan kesehatan kulitmu terus terjaga.

Baca Juga: Wujudkan Kulit Cantik Alami dengan 6 Buah-buahan Ini!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Emperor

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *