7 Tips Menjaga Kulit Tetap Sehat, Lakukan Setiap Hari!

Menjaga kulit tetap sehat dimulai dari dalam tubuh, yaitu dengan menjaga makanan yang dikonsumsi, tidur yang cukup dan rajin berolahraga.


Ilustrasi kulit sehat (pixabay.com/andreas160578)

Kulit adalah organ terluar dan terbesar dari tubuh kita. Kulitlah yang pertama kali menerima kotoran dan debu dari luar, menjadikannya garis pertahanan pertama untuk sistem imun tubuh. Kulit adalah organ penting manusia yang justru sering diabaikan kesehatannya.

Kulit yang sehat terlihat mulus, lembab, tidak ada ruam atau infeksi di permukaannya. Banyak orang mengira untuk mendapatkan kulit yang sehat diperlukan perawatan yang mahal dengan aneka jenis krim. Padahal perawatan kulit sehat dimulai dari dalam tubuh terlebih dahulu sebelum dibantu dengan perawatan dari luar.

Berikut tujuh tips menjaga kulit tetap sehat dengan cara yang mudah dilakukan setiap hari.

1. Banyak minum air putih

Banyak minum air putih sehat untuk kulit (unsplash.com/@nigelm23)

Minum air putih punya banyak sekali manfaat, salah satunya untuk kesehatan kulit. Dengan minum air putih yang cukup setiap harinya, kulit akan terhidrasi dan terjaga elastisitasnya.

Tubuh yang terjaga asupan cairannya, kulitnya tidak mudah berjerawat dan lebih sedikit menunjukkan keriput dan garis-garis halus. Sesuaikan asupan cairan dengan berat badan dan kadar aktivitas harianmu.

2. Perbaiki pola makan

Makanan sehat menghasilkan kulit yang sehat (unsplash.com/@nigelm23)

Makanan yang dikonsumsi sehari-hari mempunyai efek yang besar terhadap kesehatan kulit. Jika ingin kulit yang sehat, perbanyak konsumsi buah dan sayuran. Vitamin C juga penting untuk kesehatan kulit, karena memproduksi kolagen yang menjadi penyangga untuk kulit yang kencang.

Untuk mempertahankan kulit agar terlihat awet muda, jangan lupa asupan vitamin E, yang banyak terdapat pada kacang almond dan alpukat.

Baca Juga:

3. Selalu memakai tabir surya

Sunscreen penting untuk melindungi kulit (unsplash.com/@batch_by_whs)

Salah satu musuh kulit adalah sinar ultraviolet dari matahari. Maka jangan pernah lupa menggunakan tabir surya atau suncreen, baik di dalam rumah maupun di luar rumah. Tabir surya akan melindungi kulit dari sunburn (kulit terbakar karena sinar matahari) dan penuaan dini pada kulit.

Jika aktivitasmu banyak berada di luar ruangan dan terkena sinar matahari secara langsung, jangan lupa untuk re-apply tabir surya tersebut setiap 2 jam.

4. Menjaga kulit tetap sehat dengan istirahat yang cukup

Tidur yang cukup kunci untuk menjaga kulit tetap sehat (unsplash.com/@volantaroma)

Istirahat terbaik adalah tidur, dan tidur sangat penting untuk menciptakan kulit yang sehat. Saat tidur, kulit memproduksi kolagen yang membuat kulit kencang dan tidak mudah berkeriput.

Jika jam tidurmu kurang, berarti kulit tidak mendapatkan cukup waktu untuk memperbaiki sel-selnya dan hal ini akan berpengaruh terhadap penampilan kulitmu.

5. Rajin membersihkan tubuh dan wajah

Bersihkan wajah setelah beraktivitas di luar rumah (freepik.com/author/pvproductions)

Setelah seharian beraktivitas, terkena begitu banyak debu dan polusi udara, tubuh dan wajah harus dibersihkan. Mandi adalah ritual yang penting untuk kembali menyegarkan tubuh sekaligus membersihkan kotoran yang menempel pada kulit.

Untuk wajah, gunakan pembersih wajah yang cocok dengan jenis kulit dan bersihkan hingga tuntas, agar di kemudian hari tidak timbul masalah kulit seperti jerawat dan lainnya.

6. Berhenti merokok dan jauhi alkohol

Merokok membuat kulit kering dan mudah keriput (freepik.com/author/nensuria)

Merokok dan alkohol adalah dua kebiasaan yang merusak tubuh. Dalam hal kesehatan kulit, dua hal ini membuat tubuh dehidrasi, dan efeknya adalah membuat kulit terlihat kering, berkeriput dan tidak sehat.

Alkohol dapat menyebabkan peradangan pada jaringan kulit dan merokok dipercaya para ahli sebagai salah satu penyebab kanker kulit. Segera tinggalkan dua kebiasaan buruk ini!

Baca Juga:

7. Menjaga kulit tetap sehat dengan rajin berolahraga

Rutin berolahraga bisa menjaga kulit tetap sehat (pexels.com/@ivan-samkov/)

Olahraga rutin selain baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru, ternyata juga bagus untuk kesehatan kulit. Olahraga dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh, dan aliran darah yang lancar dapat menyehatkan sel-sel kulit dan membuang zat radikal bebas dari tubuh. Olahraga juga dapat mengurangi stres, yang merupakan salah satu penyebab kulit terlihat tidak sehat.

Dari tujuh tips menjaga kulit tetap sehat tersebut, terlihat bahwa kulit yang sehat didapat lebih banyak dari dalam tubuh. Beberapa jenis skincare mungkin dibutuhkan dalam kasus tertentu, tetapi bukan hal yang utama untuk memiliki kulit yang sehat.

Cobalah untuk mengubah pola makan, lebih banyak minum, tidur yang cukup dan teratur serta berolahraga rutin, dan lihatlah perubahannya terhadap kulit kita!

Baca Juga: Wujudkan Kulit Cantik Alami dengan 6 Buah-buahan Ini!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Senior

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *