7 Manfaat Kulit Pisang bagi Kesehatan

Kulit pisang bisa digunakan untuk merawat kulit wajah hingga mencegah kanker


Kulit pisang (pixabay.com)

Setelah makan buah pisang, kebanyakan orang membuang kulit pisang karena dianggap sampah. Hanya sebagian kecil orang memanfaatkan kulit pisang untuk hal lain seperti pupuk dan makanan ternak.

Dilansir Healtline, ternyata kulit pisang mengandung banyak antioksidan dan antimikroba yang kuat. Sehingga bagus untuk kesehatan tubuh.

Mau tahu apa saja sih manfaat dari kulit pisang bagi kesehatan tubuh, Yuk, disimak!

1. Merawat kulit wajah

Menggosok kulit pisang ke wajah (pinterest)

Banyak sekali manfaat dari kulit pisang untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Kulit pisang dapat digunakan untuk mencerahkan kulit, mengurangi kerutan, meredakan mata bengkak, melembabkan kulit, menyamarkan noda bekas jerawat, sampai menghilangkan kutil.

Kamu bisa mencoba mengoleskan kulit pisang pada wajah atau area tertentu di wajah. Meski teori ini belum diuji secara klinis, tidak ada salahnya kok untuk mencoba. Karena kandungan antioksidan, antimikroba, dan antiinflamasi di dalam kulit pisang terbukti dapat memberikan manfaat bagi kesehatan kulit.

2. Menyehatkan dan memutihkan gigi

Memutihkan gigi dengan kulit pisang (kanal247)

Dari berbagai penelitian, ditemukan bahwa ekstrak kulit pisang ternyata dapat membasmi dan menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan kerusakan pada gigi. Kulit pisang ternyata juga bisa membuat gigi kembali putih. Dilansir healtline, kandungan mangan, magnesium, dan potasium dalam kulit pisang efektif dalam membantu memutihkan lapisan email pada gigi.

Kamu bisa mencoba untuk menggosok-gosok kulit pisang ke gigi dan gusi, Setelah itu bersihkan dengan menggosok gigi. Bisa dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal ya!

3. Menjaga kesehatan rambut

Kulit pisang (pixabay.com/fotoblend)

Kulit pisang dipercaya bisa membuat rambut lebih sehat, lembut dan lebih berkilau. Khasiat ini berasal dari kandungan antioksidan di dalamnya. Antioksidan pada kulit pisang berperan penting dalam mencegah kerusakan rambut akibat radikal bebas, sehingga rambut tetap sehat dan kuat.

Untuk membuktikannya, kamu bisa kok mencoba menggosokkan kulit pisang ke rambut. Jangan lupa dibersihkan setelah kamu menggosok kulit pisang ke rambut ya.

4. Mengatasi kulit gatal

Menyembuhkan penyakit kulit dengan kulit pisang (intisari online)

Kulit pisang juga bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit, yang diakibatkan oleh gigitan serangga, eksem, atau panasnya sinar matahari yang membakar kulit. Kamu bisa mencoba meletakkan dan menekan kulit pisang pada area kulit tersebut.

Meskipun belum banyak penelitian yang mendukung metode ini, namun cara ini telah lama digunakan sebagai salah satu pertolongan pertama untuk meredakan gatal.

5. Meredakan sakit kepala

Kompres dengan kulit pisang (intisari online)

Salah satu metode yang digunakan untuk mengobati sakit kepala secara alami adalah dengan mengompres bagian dahi dan belakang leher dengan kompres dingin

Nah, kulit pisang dapat menjadi salah satu metode kompres dingin yang alami. Caranya dengan mendinginkan kulit pisang, kemudian menjadikan kulit pisang sebagai alat kompres. Sebelum digunakan untuk mengompres, kamu bisa menyimpan kulit pisang kedalam lemari es terlebih dahulu.

Baca Juga: 5 Macam Bahan Alami Dalam Sabun Natural Yang Baik Untuk Kesehatan Kulit

6. Menarik suban

Mengambil suban (popmama.com)

Suban atau serpihan kayu yang masuk ke dalam kulit sangat mengganggu, terasa sakit dan membuat tidak nyaman. Jika tidak segera diambil, bisa menyebabkan kulit bengkak dan menjadi infeksi.

Mengorek benda seperti suban yang berada di dalam kulit, jika tidak bisa tertarik ke luar, kemungkinan kamu malah mendorong lebih ke dalam. Nah, kamu bisa mencoba cara yang lebih mudah. Yaitu dengan meletakkan kulit pisang di atas kulit yang tertancap suban. Diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu suban akan lebih mudah untuk ditarik.

7. Mencegah penyakit kanker

kulit pisang (pixabay.com)

Manfaat antioksidan bagi kesehatan tubuh sangat banyak. Semakin tinggi kadar antioksidan, semakin bagus untuk menangkal berbagai macam penyakit, termasuk kanker.

Dari hasil penelitian, kulit pisang mentah dan apa adanya, dipercaya lebih banyak mengandung senyawa antioksidan. Untuk mencegah penyakit kanker, kamu dapat mengonsumsi kulit pisang secara rutin.

Daripada terbuang begitu saja, ternyata banyak ya manfaat kulit pisang bagi kesehatan. Agar lebih enak dan menarik untuk dimakan, kamu juga bisa memodifikasi kulit pisang menjadi berbagai makanan olahan.

Baca juga: Kuliner enak dan unik dari Kulon Progo

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *