7 Kandungan Skincare Untuk Kulit Berminyak, Jangan Asal Pakai!


Ilustrasi kandungan skincare (pexels.com/los muertos)

Memiliki kulit berminyak terbilang cukup tricky, karena jika salah dalam memilih skincare, bisa menyebabkan pori-pori tersumbat dan kadar minyak bertambah. Karena itu, kamu harus pintar-pintar memilih kandungan skincare yang tepat untuk kulit berminyak agar masalah tersebut tidak terjadi.

Tetapi, hati-hati juga dengan skincare yang melembapkan, karena jika tidak cermat memilih kandungan skincarenya, bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat muncul. Nah, supaya kamu nggak salah memilih kandungan skincare untuk kulit berminyak, ini dia beberapa rekomendasinya.

1. Glycolic acid

Glycolic acid merupakan rekomendasi pertama kandungan skincare yang tepat untuk kulit berminyak. Kandungan skincare ini dapat mengatasi minyak berlebih dan mencegah penyumbatan pori-pori pemicu jerawat.

Glycolic acid juga bisa melindungi lapisan teratas kulit agar tetap halus dan Segar. Dapatkan kandungan glycolic acid pada pembersih wajah, toner, serum atau pelembap.

Baca Juga:

2. Hyaluronic acid

Kandungan skincare khusus mengontrol minyak berlebih di wajah biasanya bersifat keras sehingga dapat membuat kulit menjadi kering. Oleh karena itu, dibutuhkan juga skincare untuk menghidrasi dan melembapkan kulit seperti hyaluronic acid.

Sifatnya yang ringan, sangat aman digunakan pemilik kulit berminyak. Kemudian, hindari juga kandungan skincare seperti petrolatum karena bisa menyumbat pori-pori.

3. Dimethicone

Dimethicone merupakan kandungan skincare silikon yang menyehatkan kulit dan tidak membuat kulit kering, namun juga tidak berminyak. Hasilnya, minyak di wajah tidak nampak dan terlihat lebih sehat dan bersih.

Kandungan dimethicone biasanya terdapat pada skincare bentuk pelembap. Dimethicone bebas kandungan minyak, jadi pori-pori bebas dari penyumbatan dan jerawat pun tidak akan muncul.

Baca Juga:

4. Salicylic acid

Salicylic acid termasuk termasuk dalam skincare tipe Beta Hydroxyl Acid (BHA) yang dikenal ampuh untuk mengontrol minyak berlebih di wajah. Salicylic acid dapat mengangkat sel-sel kulit mati, meregenerasi kulit wajah, dan mengatasi pori-pori yang tersumbat.

Bukan hanya itu, salicylic acid juga bersifat anti-inflamasi yang ampuh mengatasi jerawat membandel. Jadi, wajah akan terlihat lebih sehat, cerah dan fresh.

Tapi, jangan lupa untuk memakai pelembap setelah menggunakan serum ini ya agar wajah tidak kering.

5. Niacinamide

Niacinamide hampir sama dengan vitamin B3 yang bekerja efektif mengatasi kulit berminyak sehingga kulit terasa lebih lembap. Niacinamide membantu menyerap sebum, yaitu minyak alami kulit, mengecilkan pori-pori, memproduksi kolagen alami, dan memperkuat skin barrier.

Niacinamide juga bersifat antioksidan yang  berfungsi melindungi kulit dari bahaya radikal bebas, mencerahkan kulit, dan menghilangkan komedo.

6. Retinol

Retinol merupakan turunan vitamin A yang memiliki beragam manfaat baik untuk kulit. Retinol dipercaya ampuh dalam mengontrol minyak wajah, meregenerasi kulit, hiperpigmentasi, dan menyamarkan bekas jerawat.

Pori-pori juga akan lebih kencang ketika memakai retinol, sehingga minyak yang keluar lebih sedikit. Kemudian, retinol juga memproduksi kolagen yang berfungsi mengencangkan kulit dan membuat wajah tampak awet muda.

Baca Juga:

7. Tea tree oil

Kandungan terakhir yang cocok untuk kulit berminyak adalah trea tee oil. Kandungan skincare satu ini bersifat antibakteri dan anti-inflamasi, yang diketahui ampuh dalam mengobati jerawat.

Tea tree oil juga efektif membunuh bakteri pemicu jerawat serta mengurangi peradangan akibat jerawat, sehingga jerawat tidak mudah muncul dan wajahpun terlihat lebih bersih.

Pentingnya mengetahui beberapa jenis kandungan skincare yang tepat untuk kulit berminyak agar dapat mengurangi minyak di wajah dan membuat wajah terlihat lebih bersih. Jadi, sebelum menggunakan skincare jangan lupa cek kandungannya pada kemasan agar tidak salah membelinya.

Baca Juga: Catat! 7 Kandungan Skincare yang Tidak Boleh Dipakai Bersamaan

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Senior