6 Langkah Ampuh Menjaga Skin Barrier dari Kerusakan. Kulit Jadi Sehat Bersinar!


Ilustrasi menjaga skin barrier (pexels.com/ekaterina_bolovtsova

Pernah nggak kulitmu terasa kering, kasar, atau rentan terhadap iritasi? Jika iya, mungkin ini saatnya untuk memperhatikan kesehatan dan menjaga skin barrier kamu. Skin barrier atau penghalang kulit adalah lapisan pelindung luar yang menjaga kelembapan kulit dan melindunginya dari iritasi dan infeksi. Skin barrier berfungsi sebagai pertahanan utama kulit terhadap berbagai cuaca dan lingkungan.

Ketika skin barrier rusak, kulit menjadi rentan terhadap dehidrasi, iritasi, dan infeksi. Ini dapat menyebabkan masalah kulit seperti kemerahan, kekeringan, gatal, dan jerawat. Tetapi tenang aja, dengan langkah-langkah perawatan yang tepat, kamu dapat menjaga skin barrier dari kerusakan dan menjaga kulit tetap sehat dan bersinar.

Nah, berikut beberapa langkah ampuh yang bisa kamu lakukan untuk menjaga skin barrier.

1. Gunakan pembersih wajah yang lembut

Pertama, hindari pembersih wajah yang mengandung bahan kimia keras seperti sulfat atau alkohol yang dapat mengeringkan kulit. Pilihlah pembersih wajah yang lembut dan pH-seimbang untuk menjaga skin barrier agar tidak mudah rusak.

Beberapa kandungan pembersih wajah yang bisa dipilih yaitu glycerin, ceramide, dan hyaluronic acid. Ketiga kandungan tersebut dapat melembapkan dan menghidrasi kulit, sehingga skin barrier tetap terjaga.

Baca Juga:

2. Hindari mandi dengan air panas

Selanjutnya, hindari mandi dengan air panas karena dapat menghilangkan minyak alami kulit dan merusak skin barrier sehingga kulit menjadi kering. Agar kulit tetap terjaga baik, kamu bisa mandi dengan air hangat atau suam-suam kuku.

Kemudian, jangan terlalu lama ketika mandi dengan air hangat. Batasi waktu mandi sekitar 5 hingga 10 menit saja supaya kelembapan dan hidrasi kulit tetap terjaga. Pastikan juga kamu menggunakan sabun secukupnya saja, jangan terlalu banyak.

3. Rutin menggunakan pelembap

Pelembap menjadi salah satu kunci utama agar kulit tetap lembap dan skin barrier tetap terjaga. Gunakan pelembap setiap hari, terutama setelah mandi atau mencuci wajah guna menghidrasi dan melembapkan kulit selama beraktivitas.

Pilihlah pelembap yang cocok untuk jenis kulitmu dan yang mengandung bahan-bahan seperti gliserin, asam hialuronat, atau ceramides agar dapat membantu memperkuat skin barrier.

4. Lindungi diri dari sinar matahari

Paparan sinar UV terdapat kandungan yang dapat merusak skin barrier dan memperparah kerusakan kulit dalam jangka panjang seperti penuaan dini dan risiko kanker kulit. Agar kerusakan ini tak terjadi, kamu bisa mencegahnya dengan menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap hari.

Baik saat cuaca panas atau mendung, di luar ruangan atau dalam ruangan tabir surya ini wajib digunakan ya. Kamu juga bisa menambahkan pelindung lainnya seperti topi.

5. Pilih skincare yang tepat

Selain pelembap dan tabir surya, penting untuk menambahkan skincare lainnya seperti toner dan serum yang dapat menghidrasi kulit dan mencegah masalah kulit lainnya. Hindari menggunakan produk skincare yang mengandung bahan berpotensi iritan seperti alkohol, parfum, dan pewarna.

Kamu bisa pilih produk skincare yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulitmu ya. Agar tidak hanya skin barrier yang terjaga, tapi kamu juga bisa mendapatkan kulit impianmu yang sehat.

Baca Juga:

6. Minimalkan stres dan perhatikan pola makan

Stres dan pola makan yang tidak sehat dapat mempengaruhi kesehatan skin barrierkulit. Agar tidak terjadi, cobalah untuk mengelola stres dan konsumsi makanan yang sehat serta bergizi untuk menjaga kesehatan kulitmu.

Pastikan mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan dan nutrisi penting untuk kulit dan tubuh seperti omega 3, vitamin C dan vitamin E agar kulit terlindungi dari kerusakan. Hindari rokok dan alkohol untuk menjaga kesehatan kulit menyeluruh.

Menjaga skin barrier dari kerusakan adalah langkah penting dalam merawat kulitmu. Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana di atas, kamu dapat menjaga skin barrier tetap sehat, berseri dan menghindari berbagai masalah kulit lain yang tidak diinginkan. Jangan lupa untuk konsisten dalam merawat kulit dan perhatikan tanda-tanda kerusakan skin barrier agar dapat segera ditangani ya!

Baca Juga: 7 Manfaat Baik Gua Sha untuk Wajah, Wajib Coba!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Explorer