Punya Segudang Khasiat, Ini 4 Manfaat Jintan Hitam Bagi Kesehatan

Menurut Nabi Muhammad SAW, bahkan jintan hitam disebut obat dari segala macam penyakit. Sehingga banyak manfaat jintan hitam bagi kesehatan.


Jintan hitam (unsplash.com/11zon)

Jintan hitam umumnya dikenal sebagai black seed yang telah digunakan sebagai bahan alami obat untuk berbagai penyakit selama berabad-abad. Biji dengan nama ilmiah Nigella sativa ini digunakan sebagai pengobatan sejak dua hingga tiga ribuan tahun sebelum Masehi dan tercatat dalam banyak literatur kuno mengenai ahli pengobatan terdahulu. Sehingga sejak zaman dahulu, sudah banyak diketahui tentang manfaat jintan hitam bagi kesehatan.

Salah satu ahli pengobatan biji yang dikenal di tanah Arab dengan nama Habbatussauda ini ialah Ibnu Sina, seorang peneliti jenius dari Timur Tengah di bidang pengobatan yang namanya tercatat di semua buku sejarah pengobatan timur maupun barat dan telah meneliti berbagai manfaat untuk kesehatan dan pengobatan.

Tak hanya Ibnu Sina, ahli pengobatan Yunani kuno bernama Dioscoredes, pada abad pertama Masehi juga telah mencatat khasiat-khasiat jintan hitam untuk mengobati beberapa penyakit, di antaranya seperti menyembuhkan sakit kepala dan saluran pernapasan.

Berikut ini merupakan manfaat jintan hitam bagi kesehatan yang dirangkum menjadi empat rincian.

1. Mencegah kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia yang ada di abad dua puluh dan semakin luas menyebaranya pada abad ke dua puluh satu ini.

Kanker adalah salah satu kelainan dalam tubuh dimana sel-sel yang ada pada suatu jaringan/organ mengalami proliferasi (pembelahan) secara terus menerus tanpa kendali. Padahal secara normal, setiap sel di dalam tubuh memiliki usia sehingga setiap proliferasi selalu diiringi dengan apoptosis (program kematian sel).

Biji jinten hitam ternyata dapat berpotensi sebagai alternatif anti kanker, terutama kanker serviks karena ia mempunyai efek sitotoksik terhadap lini sel kanker.

Penelitian lainnya juga menyebutkan bahwa ekstrak jinten hitam mengandung asam-asam lemak yang secara in vitro mempunyai efek sitotoksik sebesar lima puluh persen terhadap kanker-kanker hati Ehrilch Ascites Carcinoma (EAC), Dalton’s lymphoma Ascites (DLA) dan sel kanker ganas Sarkoma-180, serta secara in vivo dapat menghambat perkembangan EAC secara sempurna.

Baca Juga:

2. Menstabilkan tekanan darah

Jintan hitam mengandung nigellon dan glutathione yang berfungsi melindungi tubuh dari berbagai bahaya zat asing (xenobiotics) dan mengoptimalkan purifikasi sistem metabolis dalam tubuh secara masif.

Kombinasi konsep purifikasi blood letting dan optimalisasi metabolik ini akan sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi dan menormalkan kembali tensi darah.

3. Menurunkan kolesterol

Salah satu tanaman yang telah banyak dipergunakan sebagai anti kolesterol di kalangan masyarakat dan telah banyak diproduksi dalam sediaan kapsul adalah jintan hitam.

Mengonsumsi jintan hitam dapat mengurangi kadar kolesterol total, kolesterol jahat, serta trigliserida darah yang tinggi di dalam tubuh. Manfaat tersebut didapatkan dari kandungan asam lemak tinggi linoleate dan oleat-nya.

Baca Juga:

4. Jintan hitam dapat menjaga kadar gula darah

Peningkatan kadar gula darah yang lama dapat menyebabkan kebutaan, gagal ginjal, penyakit vaskular, dan neuropati. Bahan alami untuk pengobatan sudah banyak digunakan, dan salah satunya ialah jintan hitam dengan kandungan komponen aktifnya bernama thymoquinone yang dapat menurunkan kadar glukosa darah dan bersifat sebagai antioksidan untuk  melawan efek oksidatif atau rantai elektron radikal bebas yang dihasilkan aloksan terhadap pankreas.

Jintan hitam juga memiliki potensi sebagai terapi adjuvan pada diabetes mellitus tipe dua karena memiliki substansi bioaktif utama, yaitu thymoquinone dengan ditunjukkan oleh beberapa penelitian yang membuktikan bahwa biji berjenis rempah-rempah ini memiliki efek antiinflamasi, antioksidan, dan meningkatkan proliferasi sel beta pada kelenjar pankreas.

Itulah keempat penjelasan mengenai manfaat jintan hitam bagi kesehatan. Sebagai tambahan, jika hendak mengolah jintan hitam dan merasa bosan dengan sifat aslinya sebagai tanaman obat yang tak jauh-jauh dikreasikan ke dalam bentuk tablet, bubuk, atau kapsul.

Tidak ada salahnya mencoba mengolah biji yang berbentuk kecil-kecil ini ala-ala resep hidangan rumahan seperti camilan stik atau kue kering agar mendapatkan sensasi nikmat yang tentu berbeda saat menyantapnya.

Baca Juga: Hindari 7 Kebiasaan Ini, Jika Tak Ingin Menderita Obesitas

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Novice

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *