7 Manfaat Kesehatan Buah Manggis, Si Ratu Buah Tropis

Banyak manfaat kesehatan buah manggis, dari memperkuat imun tubuh hingga mengurangi resiko serangan jantung


Buah manggis (pixabay.com/ taboty)

Buah manggis atau yang dalam bahasa inggris disebut mangosteen, adalah buah berukuran sebesar jeruk dengan kulit luar berwarna ungu dan daging buah berwarna putih. Buah ini berasal dari Asia Tenggara, tetapi banyak ditemukan di negara tropis lainnya di dunia, salah satunya Indonesia.

Manggis memiliki kombinasi rasa manis dan asam. Walaupun tampilan luarnya terlihat tidak menarik karena warnanya yang gelap, buah ini ternyata punya segudang manfaat kesehatan bagi tubuh.

Vitamin dan mineral yang terkandung di dalam buah manggis ternyata baik untuk mencegah beberapa penyakit. Berikut tujuh manfaat kesehatan buah manggis bagi tubuh.

1. Memperkuat imunitas tubuh

Buah manggis kaya serat dan vitamin C, dan kedua zat ini berperan penting dalam sistem imunitas tubuh. Serat baik untuk kesehatan organ pencernaan, sedangkan vitamin C dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan fungsi sel imun. Selain vitamin C, manggis juga mengandung vitamin B1 dan B2.

2. Buah manggis kaya antioksidan

Manggis baik untuk menjaga imun tubuh (pexels.com/kingkonadventure)

Vitamin C bersifat antioksidan. Antioksidan dapat membantu menetralkan kerusakan yang disebabkan radikal bebas. Buah manggis, khususnya bagian kulitnya, mengandung sebuah zat yang bernama xanthone.

Para ahli menyatakan bahwa xanthone dapat meningkatkan kapasitas antioksidan dalam jumlah besar pada tubuh orang yang mengkonsumsinya secara rutin, serta membantu mengontrol peradangan pada orang yang sedang mengalami infeksi.

Baca Juga:

3.Membantu menurunkan berat badan

Dalam dunia kesehatan, buah manggis dikenal bisa membantu menurunkan berat badan. Buah ini cocok dikonsumsi orang yang sedang menjalani diet, karena zat antiinflamasi yang terkandung di dalamnya membantu metabolisme lemak dan mencegah kenaikan berat badan.

4. Membantu mengontrol gula darah

Buah manggis baik untuk penderita diabetes (freepik.com/suksao)

Zat xanthone dalam buah  manggis, ternyata dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Para ahli bahkan menyarankan kepada para penderita diabetes untuk secara rutin mengkonsumsi buah manggis.

Jika buah ini sulit untuk didapatkan, mengkonsumsi ekstraknya dalam bentuk supplemen juga sangat disarankan untuk mempertahankan kadar gula darah dalam tubuh agar tetap normal.

5. Baik untuk kesehatan kulit

Buah manggis banyak mengandung zat antibakteri dan antimikroba. Dua zat ini baik untuk kesehatan kulit, dan efektif untuk memperbaiki kerusakan pada kulit, seperti jerawat dan kulit kering. Selain itu, kandungan antioksidan pada buah manggis juga dapat menangkal radikal bebas dan membuat kulit awet muda.

Baca Juga:

6. Manfaat kesehatan buah manggis untuk mencegah kanker

Buah manggis baik untuk pencegahan kanker (freepik.com/suksao)

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan buah manggis dapat menghalangi tumbuhnya berbagai jenis sel kanker dalam tubuh. Zat xanthone yang dikandung buah manggis, lagi-lagi berperan besar dalam mencegah tumbuhnya sel kanker, karena zat tersebut bersifat antioksidan dan antiradang.

Pasien kanker yang ingin mengonsumsi suplemen buah manggis sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter yang merawat agar pengobatannya tidak saling mempengaruhi.

7. Manfaat kesehatan buah manggis untuk jantung

Ekstrak buah manggis ternyata efektif mengurangi faktor resiko penyakit jantung, diantaranya dengan mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Zat xanthone pada manggis dapat mengurangi resiko serangan jantung dan potasiumnya dapat membantu mengontrol detak jantung.

Manfaat kesehatan buah manggis ternyata banyak sekali ya, mulai dari kesehatan kulit hingga kesehatan jantung. Jika kamu penggemar buah ini, mungkin bisa dipertimbangkan untuk menjadikannya asupan rutin untuk menjaga kesehatan tubuh.

Untuk menjaga agar imun tubuh baik, tentu saja harus dikombinasikan dengan makanan sehat lainnya dan olahraga ya!

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan, Dari Daya Tahan Hingga Kesehatan Kulit

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Senior

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *