Hindari 7 Kebiasaan Ini, Jika Tak Ingin Menderita Obesitas


Ilustrasi obesitas

Obesitas adalah salah satu masalah kesehatan yang akhir-akhir ini menjadi momok tersendiri. Disamping mempengaruhi performa kita dalam beraktifitas, obesitas juga dapat berisiko menyebabkan penyakit-penyakit serius lainnya, seperti penyakit kardiovaskular, jantung, kanker dan diabetes melitus.

Obesitas sendiri merupakan kondisi di mana kalori yang masuk dalam tubuh kita lebih banyak jika dibandingkan kalori yang dibakar. Hal itu biasanya disebabkan karena kebiasaan-kebiasan yang tidak sehat. Menurut data dari Kementerian Kesehatan lewat publikasi di website resminya, dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir, terjadi peningkatan kasus obesitas yang cukup signifikan. Pada tahun 2007, sebanyak 10,5% dari penduduk Indonesia mengalami obesitas, sedangkan pada tahun 2018 naik menjadi 21,8%.

Banyaknya penderita obesitas akan membuat kita bertanya-tanya, sebenarnya apa saja hal yang dapat memicu kelebihan berat badan. Jangan salah, obesitas sering kali terjadi karena kita kurang memperhatikan kebiasaan-kebiasaan yang sering kita sepelekan, lho! Di bawah ini merupakan kebiasaan buruk yang dapat memicu obesitas.

1. Mengonsumsi Banyak Gula

Rasanya yang manis sering kali terdapat pada minuman sebagai penghilang dahaga. Banyak orang yang memilih minuman berasa alih-alih air putih yang sudah jelas menyehatkan. Gula, khususnya gula tambahan merupakan makanan dengan banyak kalori namun tidak memiliki nutrisi lain, seperti misalnya vitamin dan protein. Karena itulah terlalu banyak mengonsumsi gula dapat menyebabkan obesitas.

2. Sering Makan Junkfood

Junkfood atau makanan cepat saji adalah makanan yang praktis. Sehingga tak curiga bila orang-orang lebih memilih makanan jenis ini karena dinilai lebih efisien. Akan membutuhkan waktu yang lebih lama jika harus memasak makanan di rumah sendiri. Padahal makanan cepat saji kurang bagus untuk kesehatan.

Baca Juga:

3. Sering Bergadang

Sering bergadang kerap kali terjadi pada orang-orang yang sudah bekerja maupun sedang menjalankan studi. Namun, tahukah kalian jika sering bergadang dapat mengganggu kesehatan tubuh? Normalnya, manusia tidur antara 6-8 jam. Kekurangan jam tidur dapat mengganggu proses regenerasi sel. Dan jika waktu tidur berantakan, maka akan menimbulkan gangguan hormonal sehingga memicu obesitas.

4. Suka Makan Camilan

Camilan adalah makanan favorit dari kalangan anak-anak sampai dengan dewasa. Tak heran, banyak orang yang lebih memilih camilan ketimbang makan sayur dan lauk pauk yang bergizi.

Camilan atau snack selalu identik dengan MSG, dan tentunya memililiki lebih banyak kalori. Bahkan kalorinya bisa melebihi makanan utama kita, lho. Untuk itu, jangan sering nyemil agar terhindar dari obesitas.

5. Melewatkan Sarapan

Sejujurnya, sarapan adalah salah satu kegiatan yang harus dibiasakan karena kita akan membutuhkan banyak energi ketika beraktivitas. Selain itu, sarapan sangat penting untuk metabolisme tubuh.

Apa jadinya jika kita melewatkan sarapan? Metabolisme tubuh kita akan lambat sehingga ketika jam makan siang, kita akan makan lebih banyak. Padahal, makan berlebihan merupakan pemicu utama obesitas.

Baca Juga:

6. Tidur Setelah Makan

Kebiasaan lain yang perlu dihindari adalah tidur setelah makan. Berbaring setalah menyantap makanan dapat menyebabkan lonjakan gula darah dan kegemukan. Hal itu dikarenakan tubuh tidak memiliki cukup waktu guna mencerna makanan. Untuk itu, jangan langsung tidur begitu selesai makan, ya!

7. Jarang Berolahraga

Olahraga memanglah aktivitas yang melelahkan. Namun, jangan sampai kita meninggalkan hal satu ini. Olahraga merupakan aktivitas yang sangat penting demi kebugaran tubuh kita. Dengan berolahraga, tubuh akan menjadi lebih sehat, metabolisme juga akan lancar sehingga meminimalisasi obesitas.

Tak perlu olahraga yang mahal, berjalan selama tiga puluh menit tanpa berhenti dalam sehari juga sudah termasuk olahraga.

Wah, ternyata banyak dari kebiasaan yang sering kita lakukan merupakan pemicu obesitas, ya. Yuk, mulai sekarang perbaiki pola makan, olahraga yang teratur dan tidur cukup agar terhindar dari menderita obesitas.

Baca Juga: Pahami Manfaatnya, 3 Penyakit Serius ini Dapat Dicegah Dengan Serat

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Emperor

One Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *