Ini 4 Tanda Otak Mengalami Kelelahan, Baca Baik-baik!

Apakah kamu tahu bagaimana tanda otak mengalami kelelahan dan penat sehingga mengharuskan diri untuk rehat sejenak?


Ilustrasi otak manusia (pixabay.com/ johnhain)

Otak merupakan salah satu organ tubuh di dalam tengkorak kepala manusia dengan kemampuan luar biasanya seperti mengirim dan menerima berbagai informasi yang kompleks dalam jumlah besar.

Apakah kamu tahu bagaimana organ yang proses pembentukan efektifnya sampai di usia dua puluh lima tahun ini telah di titik masa penatnya sehingga merasakan tanda-tanda yang sekiranya membujuk dirimu untuk rehat sejenak?

Simak tanda-tanda otak mengalami kelelahan berikut ini secara cermat agar tidak linglung dan gusar lagi!

1. Mudah Lupa, salah satu tanda otak mengalami kelelahan

Setiap orang pada dasarnya pernah merasakan sebuah kondisi yang disebut lupa. Namun, kadar keseringan lupa yang berujung memberatkan kepala dan mengganggu produktivitas aktivitas tentu akan menjengkelkan diri sendiri.

Kondisi mudah lupa ini bukan hanya diketahui secara identik terjadi pada lansia saja, namun bisa pula terjadi pada anak muda. Dan, salah satu penyebabnya ialah dikarenakan kelelahan otak yang seharusnya memiliki jam tenggangnya untuk beristirahat sejenak, tapi malah dipaksa aktif terus-terusan.

Adapun yang dapat kamu lakukan jika ingin terhindar dari kondisi mudah lupa sekaligus meningkatkan rasa kepedulianmu terhadap otak ialah dengan banyak-banyak mengonsumsi makanan bergizi (sayuran hijau, kacang-kacangan, ikan, dan teh hijau) agar otak tetap berfungsi secara optimal, melakukan kegiatan senam otak (bermain alat musik, bermain kartu, mempelajari bahasa baru, atau mengisi teka-teki silang) yang dipercaya dapat meningkatkan fungsi otak.

Kamu juga bisa melakukan berbagai hal secara teratur seperti menulis agenda atau jurnal kegiatan yang dapat membantu otak menjadi lebih fokus, beristirahat dengan cukup selama tujuh sampai sembilan jam per hari, serta rajin bersosialisasi dengan banyak orang supaya terhindar dari stres dan dapat membuat dirimu untuk jauh lebih rileks.

Baca Juga:

2. Sulit Dalam Mengambil Keputusan

Jika kamu pernah merasa linglung dan mudah bingung dalam mengambil sebuah keputusan, bisa jadi itu tanda otak mengalami kelelahan.

Biasanya keputusan yang sulit diambil berasal dari pilihan-pilihan yang sederhana seperti menentukan makanan apa yang cocok untuk makan siang atau menentukan baju apa yang cocok untuk dipakai di rumah sehingga ujung-ujungnya akan membuatmu kesal akibat berpikir terlalu keras.

Jangan pernah terus memaksa otakmu bekerja di luar kapasitasnya, ada kalanya kamu perlu meluangkan waktu untuk sekadar berpikir jernih dan rileks dalam menyusun keputusan secara mandiri ataupun mencari pertolongan dari orang lain dengan mengajaknya berdiskusi.

Selain faktor otak yang mengalami kelelahan, kondisi sulit mengambil keputusan juga dikarenakan kurangnya pembentukan sebuah prinsip dalam setiap tahap kegiatan yang seharusnya sudah matang dan terencana dengan baik dari masa-masa sebelumnya.

3. Susah Fokus

Fokus merupakan satu hal yang penting untuk dimiliki oleh manusia dalam berpikir. Jika kehilangan fokus, maka biasanya berdampak pada hasilan yang tidak memuaskan dalam suatu aktivitas yang sedang ditekuni.

Adapun kondisi-kondisi yang membuat otakmu gagal fokus dan mudah terdistraksi ialah seperti kebingungan, berpikir tidak konsisten, dan tentulah itu adalah tanda otak mengalami kelelahan.

Kamu bisa menerapkan langkah-langkah jitu untuk menegakkan fokusmu sekaligus menghindari kelelahan otak, yaitu seperti mengetahui secara cermat kegiatan apa-apa saja yang akan kamu lakukan, menjadwalkan secara detail dan realistis kebutuhan utamamu (tidur, makan, bertemu dengan teman, dan lainnya) agar terhindar dari burnout, hilangkan kebiasaan menunda-nunda sehingga akhirnya akan membuang-buang waktu, dan jauhkan hal-hal yang membuyarkan fokusmu sampai semua kegiatan yang memerlukan konsentrasi tingkat tinggi sudah terselesaikan dengan sebaik mungkin.

Baca Juga:

4. Merasa Gelisah Berkepanjangan

Mempunyai pikiran yang tenang merupakan satu dambaan bagi setiap orang, karena jika jiwa, mental, pikiran terusik oleh kegelisahan atau keresahan, tentulah akan berdampak pada pola tidur, nafsu makan, dan kesehatan fisik yang menurun, termasuk fungsi otak yang dapat berujung pada kondisi kelelahan.

Jika kamu dilanda oleh kegelisahan, sebaiknya jangan memberi makan kegelisahan itu dengan semakin merusuhinya. Kamu bisa mengikuti kiat-kiat untuk terlepas dari kegelisahan seperti lebih banyak bersyukur pada semua kondisi yang telah terjadi, mengambil waktu untuk menenangkan pikiran, terus giat meningkatkan ilmu dan keahlian, rajin membaca buku-buku tentang bagaimana caranya membangkitkan motivasi, mengatur pernafasan secara teratur, dan berpikir positif.

Itulah keempat tanda otak mengalami kelelahan. Tetap jaga dan sayangi otakmu karena itu merupakan salah satu bagian tubuh vital yang dapat membantumu tetap hidup sekaligus menjaga performa dirimu sebagi manusia yang sehat dan berkharisma. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: 3 Dampak Negatif Mendengarkan Lagu Galau, Jangan Berlebihan

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Hero

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *