5 Kartun Klasik Tahun 1930an Yang Menyeramkan, Jangan Nonton Sendirian!


Film Kartun klasik

Kartun bukan sekadar hiburan biasa seperti memasuki pintu gerbang ke dunia fantasi yang menyenangkan dan terkadang menakutkan. Tanpa kita sadari, kartun sangat berperan penting dalam membentuk imajinasi dan pengalaman kita saat masih kecil. Dari cerita lucu yang membuat kita terpingkal hingga cerita yang mencekam menghantui pikiran kita di malam hari.

Karakter-karakter yang gelap dan mengerikan yang menghiasi setiap adegan, dan plot yang penuh teka-teki mengeksplorasi ketakutan-ketakutan mendalam pada diri kita. Ketakutan ini bukanlah sekedar perasaan sementara, melainkan merasuk ke dalam alam bawah sadar yang mencekam. Sudah pasti kartun horor ini sangat bertentangan dengan kesan kepolosan dan keceriaan kartun pada umumnya.

Dari sekian banyak kartun yang memberikan kesan horor, adapun lima judul kartun klasik yang harus diketahui. Di rilis pada era 30-an yang masih berwarna hitam putih. Nuansanya sangat mendukung, bukan? Berikut pembahasan kartun klasik tahun 1930an!

1. The Skeleton Dance (1929)

The Skeleton Dance (thedisneyclassics.com)

Menceritakan di suatu malam di hutan yang gelap, di mana kerangka-kerangka yang sudah mati bangkit dari kuburan dan mulai menari dengan irama musik khas yang mengiringnya. Mereka melompat dan berputar-putar melakukan tarian yang aneh dan menakutkan. Meskipun kartun klasik ini tidak memiliki dialog, musik yang menghiasinya berhasil menciptakan ketegangan. Hingga menjadikannya salah satu karya terkenal dalam sejarah animasi.

Baca Juga:

2. Bimbo’s Initation (1931)

bimbosinitation (drgrobsanimationreview.com)

Bermula Bimbo, seekor anjing terjebak di dalam sebuah bangunan misterius. Di dalam bangunan tersebut, Bimbo berhadapan dengan sekelompok topeng misterius. Mereka memaksa Bimbo untuk melewati beberapa rintangan berbahaya agar dapat bergabung dengan grup mereka.

Setiap langkah Bimbo untuk menemukan jalan keluar adalah momen yang menegangkan, seperti jebakan dan teka-teki misterius yang silih berganti menimbulkan perasaan ketidaknyamanan bagi penonton. Di akhir cerita, Bimbo berhasil melewati serangkaian rintangan dan tanpa ragu untuk bergabung dengan grup topeng tersebut.

Di sisi lain, ia menyadari bahwa tidak ada jalan keluar dari bangunan itu dan menyerah pada takdirnya. Maksud pesan yang ingin disampaikan adalah selalu berhati-hati dan mempertimbangkan pilihan dengan bijaksana sebelum membuat keputusan.

3. Swing You Sinners! (1930)

(youtube.com/swingyousinners)

Seekor anjing bernama Bimbo terperangkap dalam mimpi buruk setelah melakukan pelanggaran. Di dalam mimpi buruknya, dia dikejar-kejar oleh berbagai makhluk mengerikan yang berupa tengkorak-tengkorak yang melompat-lompat dan hantu berkepala. Di dalam mimpinya, dia merasakan dipenuhi dengan ancaman yang mencekam dan dikejar oleh hantu-hantu tersebut.

Akhirnya, Bimbo tersadar dari mimpi buruknya dan merasa bersalah. Dia bertetekad untuk hidup lebih baik, menjadikannya sebagai cambuk diri.

4. The Mad Doctor (1933)

The Mad Doctor (researchgate.net/JamesAuger)
Di mulai pada malam yang gelap dan penuh badai, seorang ilmuwan gila menculik seekor anjing, Pluto dan membawanya ke kastil sebagai bahan percobaan. Mendengar teriakan Pluto, Mickey segera melompat keluar rumah untuk menyelamatkannya. Di dalam kastil, dia menjumpai serangkaian hantu yang menjebaknya ke dalam jebakan berbahaya.

Singkatnya, Pluto dijadikan bahan percobaan dengan seekor ayam. Di saat Mickey arah suara Pluto ditahan, tetapi dia malah terjebak terikat dengan gergaji yang akan memotongnya menjadi dua. Pada scene ini, kebanyakan penonton dibuat bergidik ngeri dan menjerit saat gergaji itu hampir menyentuh badan Mickey. Syukurnya semua itu hanya mimpi buruk Mickey.

Baca Juga:

5. The Haunted House (1929)

Tthe Hhaunted House (disneyfandom.com)

Di awali dengan hujan badai, Mickey berlindung di sebuah rumah berhantu dan dia memberanikan diri untuk mengetuk  pintu dan menarik kenop pintu. Ketika Mickey masuk, dia dikejutkan oleh beberapa kelelawar yang muncul dari celah di dinding dan seekor laba-laba besar turun dari langit-langit. Kemudian, Mickey mendengar suara hantu dan melarikan diri ke lorong gelap dan menemukan bayangan sosok berjubah saat ia menyalakan korek.

Sosok berjubah dan beberapa kerangka menyudutkan Mickey di sebuah ruangan, dan memaksanya untuk memainkan organ sementara kerangka menari mengikuti irama musik. Di scene ini adalah paling menegangkan, karena ketika musik berhenti Mickey berusaha menyelinap pergi untuk melarikan diri. Para kerangka terlihat marah dan menjebak Mickey dengan teror mengerikan. Mickey akhirnya jatuh dari jendela dan masuk ke dalam tong yang penuh dengan kerangka, dan dia dengan cepat melarikan diri dari rumah tersebut.

Bagaimana, peeps? kartun klasiknya cukup menyeramkan, bukan? Apakah kamu tertarik untuk menontonnya? Ingat, untuk yang dibawah 10 tahun jangan nonton sendirian, ya! Selalu periksa di kolong kasurmu, siapa tahu dia ada di sekitarmu.

Baca Juga: 7 Film Kartun Yang Tidak Tayang Lagi di Televisi

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.