6 Faktor Serial Anime Boruto Tidak Sepopuler Serial Ayahnya, Kalian Setuju?

Kenapa sang ayah Naruto, jauh lebih populer dari anaknya Boruto. Yuk cari tau bareng-bareng!


Serial Anime Boruto: Naruto Next Generations (Dok. Viu)

Halo, lama tidak bertemu, kali ini saya akan membahas tentang serial anime jepang, yaitu Boruto, yeah!

Saya sudah lama ingin membahas ini, karena saya sangat menyukai serial anime Boruto ini, karena melanjutkan serial ayahnya, yang tidak lain dan tidak bukan adalah Naruto Uzumaki. Hayo, siapa nih yang kegemarannya sama dengan saya, tos dulu kita!

Tapi, selama saya mengikuti anime ini, saya merasa anime Boruto tidak seterkenal anime Naruto, padahal cerita di dalamnya masih berlanjut tentang kehidupan Naruto dan kehidupan ninja, bahkan lebih modern dan harusnya lebih relate dengan perkembangan jaman saat ini, hanya saja mereka membahasnya dari sudut pandang Boruto.

Yang belum mengenal anime ini, sini saya jelaskan dulu, anime Boruto atau dikenal dengan judul Boruto: Naruto Next Generations merupakan anime yang diangkat dari seri manga berjudul sama, karya Ukyo Kodachi dan Masashi Kishimoto. Serial ini diproduksi oleh Studio Pierrot, tayang perdana pada 5 April 2017 lalu.

Boruto: Naruto Next Generations ini adalah spin-off dan sekuel dari serial Naruto, mengisahkan kehidupan ninja setelah berakhirnya Perang Dunia Shinobi keempat yang sangat sukses di jaman Naruto. Kisahnya diawali dengan Boruto yang dikenal sebagai anak Hokage saat ini, yaitu Naruto Uzumaki, ayahnya sendiri, yang marah terhadap Naruto, karena Boruto menganggap Naruto selalu memprioritaskan desa daripada keluarganya.

Boruto lalu memberontak, dan melakukan kenakalan yang sama dengan Naruto di masa kecilnya dulu. Hingga lambat laun cerita menjadi semakin seru dengan pertarungan-pertarungan yang menegangkan dengan musuh-musuh yang ingin menguasai dunia. Perjalanan Boruto semakin terjal, untunglah ada Sasuke yang bersedia melatihnya, saat ini Boruto tergabung dengan tim 7, beranggotakan Boruto, Sarada Uchiha dan Mitsuki.

Nah, sekarang sudah paham ‘kan dengan kisah ini, langsung saja kita bahas faktor-faktor yang membuat serial anime Boruto tidak sepopuler serial ayahnya, lanjutkan!

Setelah saya cari tau, ada beberapa faktor yang menyebabkan turunnya popularitas serial anime Boruto ini, berikut yang sudah saya tampung di antaranya:

1. Ekspektasi yang terlalu tinggi

Jika sebelumnya kalian mengikuti serial anime Naruto yang sangat populer itu dan akhir cerita yang memuaskan, tentu kalian juga memiliki harapan tinggi pada seri Boruto ini. Tentu tidak salah, semua penggemar berhak mengharapkan yang lebih dari serial Naruto.

Tapi sepertinya kita terlalu berekspektasi terlalu tinggi, sehingga ketika serial Boruto tayang, ternyata tidak terlalu memuaskan, dan banyak penggemar yang akhirnya kecewa dan memutuskan untuk tidak melanjutkan menontonnya.

Inilah menurut saya, yang menjadi faktor utama popularitas Boruto tidak seheboh waktu seri Naruto tayang.

Baca Juga: 7 Film Kartun Yang Tidak Tayang Lagi di Televisi

2. Perbedaan gaya dan cerita

Gaya Boruto dan cerita yang disuguhkan pastilah berbeda dengan serial Naruto, itu sudah jelas. Kisahnya meskipun melanjutkan serial Naruto, tapi dalam serial Boruto ini, menurut sebagian penggemar sangat berbeda dan tidak sesuai yang diharapkan.

Mungkin karena sudah berekspektasi terlalu tinggi dengan apa yang sudah dibayangkan kita, menjadikan kita tidak terlalu fokus dengan cerita yang disuguhkan, kita selalu membandingkan dengan serial Naruto.

Bahkan, banyak penggemar Naruto mengecam jalan cerita yang sedang berjalan, menyebabkan sebagian penggemar malah sibuk perang komentar, dan hilang perhatian pada jalan cerita yang sesungguhnya.

3. Konflik yang kurang memotivasi

Beberapa penggemar merasa kurang terhubung dengan konflik antar karakter dalam serial Boruto. Hal ini disebabkan karena dalam serial Naruto, mereka diperlihatkan bagaimana perjuangan Naruto dalam menghadapi kehidupan sehari-harinya, berdamai dengan dirinya sendiri dan perang dengan aliansi yang lebih hebat.

Sedangkan di serial Boruto, seakan hidup Boruto sudah terlalu dimudahkan, dan konflik yang ada pun tidak terlalu membuat penggemar menggebu-gebu, karena Boruto dianggap kurang ajar terhadap ayahnya, Naruto, sehingga banyak penggemar yang akhirnya marah kepada Boruto.

Konflik di Boruto mungkin tidak terlalu menyentuh hati penggemar, karena tidak relate dengan kehidupan penggemar, sedangkan di serial Naruto, mereka jauh lebih banyak menerima asupan motivasi dari perjuangan panjang Naruto.

Baca Juga: 5 Poin Cerita dari Manga One Piece Chapter 1067

4. Kurang fokus pada perkembangan karakter

Dalam serial lanjutan biasanya terlalu mengandalkan alur yang sudah ada, itu pun yang terjadi pada alur cerita Boruto. Perkembangan karakter utamanya terasa kurang, dan fokusnya terlalu melompat-lompat, sedangkan dulu di serial Naruto, fokusnya tetap dan terus berjalan dengan karakter Naruto yang berkembang lebih kuat seiring berjalannya cerita.

Dalam serial Boruto, terlalu menekankan karakter baru seperti munculnya Kawaki. Kisahnya jadi terus berfokus di satu sisi itu, meskipun pada akhirnya Boruto banyak terlibat, tapi penggemar lebih banyak menyorot Kawaki dibandingkan karakter utamanya.

5. Kurang inovasi dan ide baru

Seperti sebelumnya, kisah Boruto terlalu mengandalkan alur yang sudah ada, sehingga kurang inovatif dan membosankan bagi sebagian penggemar, dan ceritanya terlalu lambat. Tidak seperti serial sebelumnya, ide-ide yang ditampilkan begitu beragam dan menarik untuk diikuti, dalam serial Boruto ini, ceritanya berputar-putar di perubahan dunia ninja, dan kehidupan sehari-hari yang kurang gereget.

Dan ini yang saya rasakan, musuhnya terlalu jago, dan tidak masuk akal bisa dikalahkan oleh anak-anak, karena di serial Naruto, musuh-musuh itu hanya bisa ditaklukkan oleh ninja-ninja yang tingkatnya sudah tinggi, meskipun ada bantuan dari orangtua mereka, tapi tetap saja rasanya musuh yang jago itu, terlalu mudah dikalahkan, sehingga tidak terlalu menarik, dan ketegangan yang disuguhkan terlalu monoton.

6. Merasa sudah puas dengan serial Naruto

Nah, bagi sebagian penggemar mereka merasa sudah puas dengan akhir kisah dari Naruto, jadi mereka menganggap tidak perlu lagi menonton serial lanjutan ini, tidak mempunyai ketertarikan dengan serial Boruto ini, sehingga mereka memutuskan untuk tidak mengikuti serial Boruto.

Terakhir, menurut saya kurangnya popularitas serial Boruto, karena anak-anak zaman sekarang sudah tidak ada lagi yang menonton serial semacam itu, mereka lebih tertarik pada kisah lain yang lebih gampang diikuti. Baru-baru ini saja serial Boruto kembali dilirik karena adanya kisah Sasuke Retsuden yang diadaptasi dari novel dan juga manga.

Kebanyakan yang menonton serial Boruto adalah mereka yang dulunya mengikuti serial Naruto, sehingga penontonnya itu-itu saja, tapi sayangnya mereka lebih dulu dikecewakan dengan alur yang ada, jadilah mereka meninggalkan serial Boruto ini. Padahal sekarang akses untuk menonton secara streaming sudah lebih mudah, dan gratis, serta sudah tersedia subtitle, tapi mau bagaimana lagi.

Itulah beberapa faktor yang menyebabkan serial anime Boruto tidak terlalu populer, tentu ini hanya pendapat saya, mungkin ada beberapa dari kalian yang tidak setuju, itu tidak masalah. Hanya saja dari yang saya cari tahu, beginilah adanya. Tenang saja, saya masih menonton kok, saya masih mengikutinya, baik dari manga maupun serial animenya.

Baca Juga: 4 Anime Terbaik Yang Akan Tayang di Tahun 2023

 

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *