Antara Cinta dan Komitmen, Berikut 6 Film Tentang poligami!


Poster Film Tentang poligami

Poligami memang menjadi tema diskusi yang tidak pernah mencapai titik temu karena terdapat  dua kubu yang memiliki pemahaman berbeda.

Beberapa orang melihat poligami sebagai bentuk kebebasan dan hak pribadi, sementara yang lain mengkritiknya karena potensi ketidaksetaraan dan konflik dalam hubungan.

Karena menarik, beberapa penggiat film mengangkat tema poligami menjadi sebuah film yang menarik untuk ditonton.

Berikut adalah beberapa rekomendasi film tentang poligami yang bisa kamu jadikan referensi.

1. Ayat-Ayat Cinta (2008)

Film Ayat-ayat Cinta (nalarpolitik,com)

Film ini mengisahkan tentang Fahri, seorang mahasiswa Indonesia yang belajar di Mesir. Di sana, dia bertemu dengan Aisyah, seorang wanita yang juga berasal dari Indonesia. Keduanya saling jatuh cinta dan menikah. Namun, kebahagiaan mereka terganggu ketika Fahri dituduh melakukan pemerkosaan dan harus menghadapi konsekuensinya.

Aisyah, sebagai istri yang setia, memutuskan untuk merelakan Fahri menikahi wanita lain bernama Maria. Maria adalah seorang wanita yang memiliki hubungan dengan Fahri sebelumnya. Dalam perjalanan hidupnya, Fahri juga bertemu dengan Noura Bahadur, seorang wanita yang mencintainya dan berusaha menggoda Fahri.

Film ini menggambarkan konflik batin Fahri dalam menjalani poligami dan bagaimana dia berusaha mempertahankan cintanya terhadap Aisyah serta menghormati pernikahan dengan Maria. Meskipun menghadapi banyak cobaan, Fahri berusaha mematuhi ayat-ayat cinta yang mengajarkan tentang kesetiaan, pengorbanan, dan keikhlasan.

Baca Juga:

2. Berbagi Suami (2006)

Adegan dalam film Berbagi Suami (kineforum.org)

Film ini mengisahkan tiga perempuan yang hidup dalam poligami. Pertama, Salma (diperankan oleh Jajang C. Noer), seorang dokter ahli kandungan, berjuang mempertahankan rumah tangganya dengan suaminya, Pak Haji Ali Imron (diperankan oleh El Manik), yang memiliki istri simpanan.

Selain Salma, ada juga Siti (diperankan oleh Shanty), perempuan dari Jawa yang mendekati usia 30-an, dan Ming (diperankan oleh Dominique), gadis keturunan Tionghoa berusia 19 tahun. Ketiganya mengalami kondisi serupa, dipoligami. Film tentang poligami ini menggambarkan perjalanan hidup mereka dalam menghadapi situasi ini.

3. Before, Now & Then (2022)

Adegandalam film Before, Now & Then (

Film ini berlatar pada akhir tahun 1960-an di Indonesia. Nana, seorang wanita yang mencari perlindungan setelah kehilangan keluarganya, menikah dengan seorang pria yang lebih tua darinya. Meskipun menemukan perlindungan dalam pernikahan keduanya dengan pria kaya, keberadaan Nana tetap rapuh saat dia menavigasi nilai-nilai patriarki dan kegemaran suaminya untuk mengambil wanita simpanan.

Film ini menggambarkan kehidupan poligami dari perspektif sejarah dan persahabatan. Meskipun bukan film klasik tentang poligami, tetapi ceritanya menarik dan berbeda dari yang lain.

Baca Juga:

4. Madu Murni

Adegan dalam film Madu Murni (mydirtsheet.com)

Film ini mengisahkan tentang Mustaqim (diperankan oleh Ammar Zoni), seorang mantan guru ngaji yang kini bekerja sebagai penagih hutang untuk mendapatkan penghasilan lebih banyak. Namun, istrinya, Murni (diperankan oleh Irish Bella), tidak menyetujui pekerjaan Mustaqim. Bahkan Murni tidak pernah mau menerima pemberian uang dari suaminya karena berpikir akan risiko di dunia akhirat.

Atas saran dari seorang teman bernama Rojak (diperankan oleh Tanta Ginting), Mustaqim memutuskan untuk menikah lagi dengan perempuan lain bernama Yati (diperankan oleh Aulia Sarah).

Meskipun bukan film klasik tentang poligami, tetapi ceritanya menarik dan mengandung unsur komedi.

5. Sendiri Diana Sendiri (Following Diana)

Adegan dalam film Sendiri Diana Sendiri (BABIBUTA FILM L HIVOS)

Sendiri Diana Sendiri atau yang dalam bahasa Inggrisnya diberi judul Following Diana merupakan film pendek karya Kamila Andini. Film ini terpilih untuk diputar pada Toronto International Film Festival 2015.

Diceritakan pada film ini, sosok Diana (Raihaanun) berusaha kuat dan menahan emosi setelah tahu ia dipoligami. Film tentang poligami ini mengisahkan tentang Diana (diperankan oleh Raihaanun), seorang ibu tunggal dengan seorang putra.

Kehidupannya berjalan normal hingga suaminya, Ari (diperankan oleh Tanta Ginting), mengungkapkan keinginannya untuk menikahi perempuan lain. Diana harus menghadapi perasaan pengkhianatan dan kesulitan dalam menjaga keluarganya. Bagaimana Diana mengambil keputusan dan menemukan kedamaian untuk dirinya dan putranya.

6. Surga yang tak dirindukan (2015)

Adegan dalam film Surga yang tak dirindukan (MD Entertainment)

Film Surga yang Tak Dirindukan mengisahkan kehidupan pernikahan Arini (diperankan oleh Laudya Cynthia Bella) dan Prasetya (diperankan oleh Fedi Nuril). Mereka menjalani kehidupan bahagia ditemani putri mereka, Nadia (diperankan oleh Sandrinna Michelle).

Namun, suasana berubah ketika Pras memutuskan untuk berpoligami dengan seorang perempuan yang gagal menikah dan mengandung anak.

Baca Juga:

7. Athirah

Adegan dalam film Film Athirah (Miles Films)

Film Athirah mengisahkan tentang kehidupan ibunda mantan wakil presiden Jusuf Kalla bernama Athirah. Dalam film tentang poligami ini, Athirah bukan hanya seorang pengusaha sukses, tetapi juga seorang ibu yang menghadapi perjuangan dan ketegaran.

Meskipun suaminya, Puang Aji, menikah lagi, Athirah tetap berusaha menjalani perannya sebagai ibu dengan penuh semangat. Film tentang poligami ini menggambarkan bagaimana seorang perempuan bisa mengolah rasa sakit menjadi semangat yang besar, melampaui apa yang bisa dibayangkan seorang pria.

Demikian beberapa film tentang poligami. Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca Juga: Jalan-jalan ke Vietnam, Review Film A Tourist’s Guide to Love (2023)


Explorer