7 Ide Takjil Buka Puasa Selain Gorengan, Dijamin Enak, Gurih dan Segar!


Menu takjil buka puasa

Saat Ramadan tiba, aneka takjil sudah pasti akan menjadi pemandangan yang dilihat setiap sore hari. Gorengan menjadi salah satu tahta tertinggi yang banyak diburu, padahal masih banyak ide takjil buka puasa selain gorengan yang tak kalah enak, gurih dan segar.

Meski rasanya enak dan nikmat, gorengan dapat memberikan dampak buruk untuk kesehatan tubuh seperti kolesterol. Maka itu, dianjurkan untuk mengganti gorengan dengan alternatif menu takjil lain yang nggak cuma enak dan segar, tetapi juga lezat dan segar seperti beberapa ide takjil buka puasa berikut ini.

1. Kebab Mini

Ilustrasi kebab mini (manfaatcara.com)

Mungkin tak banyak yang menjadikan kebab mini sebagai menu takjil buka puasa. Akan tetapi, kamu bisa jadikan kebab mini ini sebagai ide takjil selain gorengan yang lebih enak dan juga sehat.

Kebab mini bisa kamu buat sendiri di rumah, dengan isian ayam atau daging dan sayuran seperti selada, tomato, serta tambahan bawang bombai dan mayonais. Masaknya juga nggak perlu menggunakan minyak, cukup panaskan saja dengan butter atau mentega.

Oh iya, selain enak kebab mini juga termasuk sehat karena mengandung protein, serat dan karbohidrat sehat. Jadi cocok dikonsumsi saat berbuka.

Baca Juga:

2. Pudding

Ilustrasi pudding (unsplash.com/Mantra Media)

Pudding termasuk ide takjil buka puasa yang sehat, enak dan juga bisa membuat kenyang. Terbuat dari agar-agar, pudding kaya serat yang dapat membuat perut kenyang sehingga tidak akan membuatmu lapar ketika tarawih nanti.

Selain membeli, kamu bisa membuat pudding sendiri dengan tambahan irisan buah-buahan seperti mangga, stroberi, anggur dan jeruk. Agar manisnya lebih pas, jangan lupa tambahkan susu dan fla untuk topping atasnya ya.

3. Dimsum

Ilustrasi dimsum (unsplash.com/SJ 📸)

Dimsum termasuk makanan asal negara Cina yang cukup digemari saat ini. Berbentuk mini, makanan ini juga bisa banget dijadikan alternatif ide takjil buka puasa selain gorengan lho.

Ada banyak jenis dimsum dengan isian berbeda yang bisa kamu pilih. Mulai dari isian ayam, udang, sayuran, dan isian lainnya sehingga kamu nggak akan cepat bosan untuk mencobanya.

4. Lontong isi

Ilustrasi lontong isi (herstory.co.id)

Lontong isi merupakan salah satu jajanan tradisional berbungkus daun pisang yang cukup banyak dijual sebagai menu takjil buka puasa. Lontong isi biasanya dinikmati bersama gorengan, tetapi mencoba lontong dengan sambal kacang saja juga nikmat kok.

Lontong isi biasanya berisikan sayuran, ayam campur sayuran hingga oncom. Nah, kamu bisa memilih isian lontong yang ingin dicoba atau mencoba semuanya juga bisa. Selain enak, lontong juga mengenyangkan, jadi nggak akan bikin kamu lapar selama tarawih.

Baca Juga:

5. Lumpia basah

Ilustrasi lumpia basah (cookpad.com)

Lumpia basah merupakan masakan khas Bandung yang wajib dicoba untuk menu takjil berbuka puasa. Rasanya enak, gurih dan ada sedikit manis dari gula merah yang diolah bersama air dan tepung tapioka sebagai saus.

Isinya juga beragam, ada tauge, telur, bakso, sosis, bengkuang hingga rebung. Nah kamu bisa menikmati lumpia basah ini dengan membuatnya langsung atau jika malas, bisa membelinya saja.

6. Es dawet ayu

Ilustrasi es dawet ayu (goodnewsfromindonesia.id)

Untuk takjil minuman yang segar, es dawet ayu bisa nih kamu masukan list ide takjil yang nggak boleh terlewatkan. Minuman asal Banjarnegara ini terbuat dari daun pandan, tepung tapioka, tepung beras, yang disirami dengan santan, lelehan gula dan diisi nangka atau durian.

Rasanya yang enak, manis dan segar, cocok sekali diminum sebagai pelepas dahaga saat berbuka puasa nanti.

Baca Juga:

7. Buah potongan

Ilustrasi buah potongan (unsplash.com/Kashawn Hernandez)

Buah-buahan juga nggak boleh dilewatkan sebagai menu takjil buka puasa yang segar, manis dan sehat. Kamu bisa pilih buah-buahan favoritmu, kemudian potong kecil-kecil dan masukkan ke dalam wadah.

Buah-buahan mengandung serat dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, buah juga mengandung gula alami yang baik untuk mengembalikan energi setelah berpuasa seharian. Jadi, jangan lupa untuk selalu menyediakan buah-buahan saat berbuka puasa ya.

So, dari ketujuh ide takjil buka puasa selain gorengan di atas, mana nih yang bakal menjadi teman berbuka hari ini? Selamat berburu takjil sore nanti!

Baca Juga: 9 Kuliner Khas Indonesia yang Mendunia, Bikin Ngiler!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Explorer