12 Ide Bisnis Jualan Makanan Kekinian Tahun 2024, Modal Kecil Dijamin Cuan!

Setelah memilih ide bisnis jualan makanan kekinian yang cocok untuk kamu, manfaatkan media sosial untuk menjaring pelanggan secara luas


Jualan makanan kekinian

1. Dimsum

Dimsum (pixabay.com/yshcool0926)

Dimsum merupakan masakan yang berasal dari China, dan menjadi salah satu makanan populer yang kini banyak disukai orang-orang. Selain karena rasanya yang enak, harga yang dibanderol pun sangat terjangkau. Cara memasak dimsum adalah dengan dikukus. Biasanya dimsum disajikan dengan saus atau cabai.

Dimsum dapat dibuat dengan modal yang minim. Usaha dimsum termasuk ke dalam salah satu jenis usaha yang mudah untuk dipasarkan. Pasalnya, target pasar makanan yang satu ini sangatlah luas. Variasi dari tampilan dimsum sangat beragam, dan dijual mulai Rp 1.000 per item.

Baca Juga:

2. Kebab dan burger

Kebab dan burger

Kebab sendiri adalah makanan khas yang berasal dari Turki berupa kulit tortilla yang diisi dengan daging, sayuran, aneka saus, dan dipanggang setelahnya. Sedangkan burger adalah makanan dari Amerika, berupa roti yang dibelah. Kemudian diisi dengan daging, sayuran, telur, dan saus.

Biasanya kebab dan burger dijual bersamaan dalam satu kios. Bisa juga ditambah dengan menu lain seperti hotdog. Modal untuk usaha ini terbilang cukup murah. Bahan baku seperti kulit tortilla, daging kebab, roti juga daging burger, banyak dijual di pasar.

Jika kamu tak mau ribet, kamu bisa mencoba untuk mengambil franchise jualan kebab dan burger ini.

3. Cilok

Cilok (youtube.com/boengkoes)

Selain dijual oleh pedagang keliling, banyak juga usaha rumahan yang menjual cilok. Cilok saat ini bisa dikatakan sebagai makanan modern, karena trennya sudah berlangsung lama dan memiliki banyak penggemar.

Cilok menjadi peluang bisnis yang potensial, karena biaya produksinya juga relatif murah. Banyak varian dari cilok, salah satunya yang cukup digemari adalah cilok ayam suwir pedas.

4. Tahu crispy

Tahu crispy (SHUTTERSTOCK/MAHARANI AFIFAH)

Sebagai makanan ringan, tahu juga menjadi salah satu camilan favorit. Salah satunya dengan cara digoreng. Salah satunya adalah tahu crispy. Tahu goreng ini berkali-kali dilumuri tepung cair agar menjadi crispy. Ide bisnis tahu crispy ini cukup menarik karena biaya pembuatannya cukup murah.

Rasa gurih dan kriuk yang ada di jenis makanan ini membuatnya digemari sebagian orang, baik itu kaum muda atau dewasa. Sekarang banyak bermuncuan franchise dari tahu crispy yang bisa kamu manfaatkan untuk menjadi bisnis kuliner kamu.

Baca Juga:

5. Seblak

Seblak (dapur kobe)

Seblak sebenarnya adalah kuliner khas Bandung yang kini mulai populer di banyak tempat. Bahkan, sudah banyak rumah makan yang mulai menawarkan menu seblak sebagai sajian kuliner modern yang tak boleh dilewatkan oleh konsumen.

Melihat potensi seblak yang terus melambung, banyak yang menjadikan seblak sebagai bisnis kuliner. Karena sudah banyak bisnis jualan seblak di berbagai penjuru, tidak ada salahnya kamu berinovasi, agar bisnis seblak kamu disukai oleh banyak orang.

Inovasi bisa dari rasa atau tampilan seblak, selain itu juga kamu bisa berinovasi dari proses bisnisnya. Misalnya, 5 kali membeli seblak, dapat gratis 1 kali.

6. Mie Ramen

Mie ramen (asiantown.net)

Rasa kuah yang gurih dan pedas serta tekstur mie yang kenyal dari Jepang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Ramen biasanya disajikan dengan telur rebus, daging, dan nori agar terlihat lebih cantik. Nah, menu ini bisa dicoba karena banyak orang pasti tidak akan bosan menikmatinya. Agar lebih menarik, kamu bisa menambahkan topping lagi sesuai dengan kreasi kamu sendiri.

Modalnya gak mahal kok. Untuk lebih menarik, karena mie ramen adalah makanan berkuah, kamu bisa menggunakan paper bowl lengkap dengan tutup dan sendoknya.

7. Bakso Goreng (Basreng)

Baso goreng (instagram.com/tungkukomandan)

Basreng atau bakso yang digoreng dapat menjadi ide jualan makanan menguntungkan dengan modal terjangkau. Variasi rasa seperti pedas, keju, rumput laut, atau barbeque dapat menarik berbagai kalangan konsumen.

Tidak ribet untuk membuat bakso goreng ini. alat yang kamu butuhkan hanyalah penggorengan dan kompor. Untuk varian rasa. kamu tinggal menabur berbagai variasi rasa di atas basreng yang sudah matang.

8. Ayam Geprek

Ayam geprek (bprdbl.co.id)

Ayam geprek juga menjadi salah satu ide jualan makanan modal kecil. Ayam geprek merupakan perpaduan ayam goreng tepung yang crispy yang digeprek dengan sambal. Makanan ini populer terutama di kalangan remaja yang menyukai cita rasa pedas dan enak.

Kuliner Ayam Geprek sejatinya membutuhkan bahan-bahan yang sederhana dalam proses pembuatannya. Rahasia ayam geprek ada di sambalnya. Nah, kamu mesti tahu dan berinovasi nih, cara membuat sambal ayam geprek yang enak, dan yang mempunyai ciri khas sendiri.

9. Donat Kekinian

Donat kekinian (pixabay,com/dohnalovajane)

Siapa yang tidak kenal dengan donat? Donat merupakan makanan seperti roti yang digoreng, dan berbentuk seperti cincin dengan lubang ditengahnya. Kue donat merupakan jajanan ringan yang sangat disukai oleh banyak kalangan.

Dengan popularitas yang tinggi, banyak pengusaha berinovasi dengan membuat berbagai varian dari donat, mulai dari donat bakar, donat kentang, donat ubi, donat tape dan lain sebagainya. Apalagi jika ditambah dengan topping yang menarik, pasti menarik minat pembeli.

10. Telur Gulung 

Telur gulung (meyerfood.id)

Ada yang masih ingat dengan jajanan telur gulung? Jajanan masa kecil yang satu ini kembali booming saat ini. Sekarang banyak orang yang membuka bisnis telur gulung kekinian. Selain modal usahanya kecil, telur gulung dikenal dengan rasanya yang gurih dan disukai banyak orang.

Telur gulung kekinian adalah alternatif inovatif dari hidangan telur pada umumnya. Dengan menggulung telur dan mengisiinya dengan berbagai bahan seperti daging, sayuran, atau keju, kamu dapat menciptakan hidangan yang tidak hanya lezat tetapi juga mudah dinikmati.

Agar lebih menarik perhatian pelanggan, kamu bisa menyajikan tampilan telur gulung ini menjadi lebih cantik dengan pilihan isian yang beragam.

11. Sempol ayam atau sempolan

Sempol ayam (cookpad)

Makanan khas Malang ini merupakan jajanan enak yang terbuat dari olahan tepung tapioka, tepung terigu, campuran daging ayam yang sudah digiling atau dihaluskan, dan tambahan bumbu lain untuk menambah cita rasa. Sempol ayam biasanya disajikan dengan cocolan saus sambal atau mayonnaise agar lebih enak.

Hampir semua lapisan masyarakat pasti menyukainya karena harganya juga terjangkau. Pada umumnya jajanan seperti ini dijual pada pinggir jalan maupun kedai makanan. Tingginya permintaan sempol ayam atau sempolan membuka peluang bisnis besar untuk kamu.

Kamu bisa memodifikasi rasa dari sempol ayam ini. Bisa juga dengan berinovasi dengan menambahkan berbagai macam varian rasa.

Baca Juga:

12. Frozen food

Frozen food (minifroz.com)

Berjualan frozen food merupakan salah satu ide bisnis yang cukup menarik untuk dilakukan. Selain karena tidak terlalu ribet, frozen food juga akhir-akhir ini meningkat peminatnya. Banyak orang memilih untuk mencari makanan yang praktis dan awet sebagai persediaan makanan.

Namun semakin banyaknya peminat dari frozen food, maka akan semakin banyak pula bisnis serupa yang bermunculan. Selain itu customer juga akan selalu menginginkan hal baru karena mulai merasa bosan. Maka dari itu, ide jualan frozen food diperlukan untuk menambah variasi dari produk bisnis yang ditawarkan. Beberapa jenis frozen food yang masih laris adalah: nuget, seafood, bakso, sosis, ayam atau daging potong. kue beku, dan cireng.

Demikianlah beberapa ide bisnis jualan makanan kekinian tahun 2024 dengan modal kecil. Jika kamu tidak mempunyai tempat atau kios untuk berjualan, kamu bisa melakukan penjualan dengan cara online melalui platform media sosial.

Dari ide-ide bisnis jualan makanan kekinian tahun 2024 di atas, mana yang paling menarik dan cocok buat kamu?

Baca Juga: 7 Ide Bisnis Online Tahun 2024, Penghasil Banyak Cuan!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *