9 Kuliner Khas Indonesia yang Mendunia, Bikin Ngiler!

Sebagian dari kuliner khas Indonesia ini masuk dalam daftar makanan terlezat di dunia!


Rendang

Indonesia sudah dikenal sebagai negara yang sangat kaya akan budaya, termasuk dalam hal kuliner. Mulai dari Sabang hingga Merauke, kamu bisa menemukan ragam kuliner khas Indonesia yang berbeda-beda dan unik dari setiap daerah.

Banyak orang di belahan dunia lain yang menyukai cita rasa khas makanan Indonesia. Beberapa kuliner khas Indonesia bahkan diakui sebagai makanan terlezat di dunia. Beberapa bahkan diakui sebagai makanan terbaik dunia.

Inilah sembilan kuliner Indonesia yang diakui sebagai kuliner terbaik di dunia!

1. Rendang

Rendang sapi

Rendang merupakan salah satu dari lima makanan khas Indonesia yang telah dipromosikan Kementerian Pariwisata sebagai ikon kuliner Indonesia. Makanan khas Indonesia asal Minang ini bisa ditemukan hampir semua daerah di Indonesia, khususnya di rumah makan-rumah makan Padang.

Olahan daging yang dimasak bersama rempah-rempah dan santan ini beberapa kali dinobatkan sebagai salah satu makanan terenak di dunia oleh beberapa media. Tak heran rasanya karena proses pembuatan makanan khas Indonesia satu ini terbilang panjang dan menggunakan sangat banyak bumbu rempah khas Nusantara.

Baca Juga: Ngeres tapi Nikmat, 7 Nama Makanan Berbau Porno

2. Nasi goreng

Nasi goreng

Sama seperti rendang, nasi goreng Indonesia juga berhasil menjadi makanan terlezat di dunia menurut rilis media internasional pada tahun 2017. Nasi goreng diakui sebagai makanan khas Indonesia, meski ada berbagai versi nasi goreng di seluruh dunia.

Perbedaan nasi goreng di Indonesia dengan negara lain adalah penggunaan kecap yang lebih manis, rasa yang lebih pedas dan penambahan bawang goreng. Nasi goreng Indonesia biasanya dimakan dengan acar dan kerupuk.

Sajian Nasi Goreng di Indonesia bisa ditemukan di berbagai daerah baik dijajakan oleh pedagang gerobakan hingga di restoran mewah dan berbintang. Menu makanan khas Indonesia ini juga memiliki banyak variasi resep dan olahan mulai dari Nasi Goreng Kambing, Nasi Goreng Gila, Nasi Goreng Mawut, hingga berbagai varian menu Nasi Goreng lainnya.

3. Sate

Sate kambing (pixabay.com/saesherra)

Sate merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang juga masuk dalam daftar 50 makanan terlezat di dunia versi media internasional tahun 2017.

Umumnya, sate terbuat dari daging walaupun kini mulai berkembang sate yang dibuat dari bahan vegan seperti jamur dan tempe. Daging yang digunakan untuk membuat sate bisa berasal dari daging sapi, kambing, ayam, hingga kerbau. Daging tersebut dipotong dadu dengan ukuran kecil. Kemudian ditusuk menggunakan lidi. Setelah itu dibakar di atas bara api sembari diberi bumbu. Sate biasanya disajikan dengan sambal kecap atau sambal kacang sesuai dengan selera.

Sama halnya seperti menu makanan khas Indonesia sebelumnya, sajian sate bisa ditemukan di berbagai daerah, mulai dijajakan di warung-warung hingga restoran berbintang. Uniknya lagi, di beberapa daerah di Indonesia kamu juga bisa menemukan sajian sate khas yang unik dan berbeda, seperti Sate Padang khas Minang, Sate Klatak khas Yogyakarta, Sate Lilit khas Bali, hingga berbagai menu sate lainnya.

Baca Juga: 4 Sajian Khas Berselera dari Jogjakarta, Tradisional dan ikonik!

4. Soto

Soto ayam (shutterstock/Ary P)

Soto berada di peringkat keempat dalam daftar 20 makanan soto terbaik di dunia. Soto ayam Indonesia biasanya disajikan dengan rempah-rempah lezat seperti kunyit segar, kayu manis, serai, dan daun jeruk yang dipadukan untuk menciptakan aroma dan rasa yang menggugah selera.

Soto ini dikenal digandrungi di Singapura, Malaysia, dan bahkan Suriname di Amerika Selatan dan diakui sebagai salah satu makanan Indonesia terlezat di dunia.

Setiap daerah memiliki soto dengan ciri khas masing-masing. Nggak cuma itu saja, soto memiliki banyak istilah seperti coto, sauto, dan sebagainya. Penyebutan soto tergantung pada masing-masing daerah.

Tidak cuma penyebutannya saja yang beda, sebagai negara dengan beragam kuliner, soto di berbagai daerah di Tanah Air juga punya ciri khas dari bumbu, bahan-bahan dan cara penyajiannya

Baca Juga: Resep Soto Ayam Lamongan, Mudah Banget Buatnya!

5. Gado-Gado

Gado-gado (thenekatchef)

Gado-gado adalah campuran beberapa sayuran rebus, kemudian disajikan dengan telur dan bumbu kacang. Ini juga salah satu makanan Indonesia yang diakui sebagai makanan terlezat di dunia.

Meski sederhana, makanan khas Indonesia ini berhasil meraih juara pertama kategori penyajian di ajang lomba memasak internasional yang diadakan di Naples, Italia pada tahun 2010.

Kerap disebut sebagai salad-nya Indonesia, Gado-gado adalah campuran berbagai jenis sayuran yang direbus, dicampur dan disajikan dengan saus kacang. Selain sayur-sayuran, makanan khas Indonesia ini juga kerap dihidangkan bersama potongan lontong, tahu dan tempe goreng, hingga telur rebus.

6. Pempek

Pempek (pixabay.com/faizdila)

Dalam daftar lengkap yang dirilis oleh akun Instagram Taste Atlas pada Rabu (28/9), pempek adalah jajanan asal Indonesia dengan skor tertinggi 4,6 yang menempati peringkat ke-38 dalam daftar tersebut.

Makanan khas daerah Sumatera Selatan ini sudah cukup terkenal dengan kelezatannya. Dikenal dengan sebutan pempek, makanan tradisional ini terbuat dari olahan ikan yang dicampur dengan sagu. Umumnya, pempek disajikan dengan kuah cuko atau cuka yang begitu menggoda selera.

Melansir Kemendikbud, ada sejumlah jenis pempek yang umum ditemukan saat ini, misalnya:

  • Pempek Lenjer
  • Pempek Keriting
  • Pempek Tahu
  • Pempek Kapal Selam
  • Pempek Pistel
  • Pempek Telor

Ikan belida adalah salah satu asal mula bahan dasar pembuatan pempek yang berasal dari Sumatera Selatan atau Palembang.

7. Serabi

Serabi (okezone)

Masih dalam daftar, jajanan pasar yang juga memukau dunia adalah serabi. Serabi berada di urutan ke-40 setelah didahului oleh picarone dari Peru.

Serabi terbuat dari tepung beras dicampur dengan santan gurih. Serabi merupakan jajanan khas pasar tradisional. Makanan satu ini punya cita rasa gurih dan manis. Teksturnya lembut, bisa bikin nggak berhenti ngunyah saking nikmatnya.

Umumnya, serabi disajikan bersama kuah kinca dari santan, gula merah, daun pandan, dan bahan-bahan lainnya. Makanan satu ini lezat banget dimakan saat masih hangat, lho. Namun, saat sudah dingin pun rasanya tetap enak.

Kamu bisa mengkreasikan serabi dengan berbagai bahan sebagai topping. Baik pakai bahan manis maupun gurih menyesuaikan selera. Buat jadi camilan nonton TV atau sekadar untuk berkumpul bersama keluarga di rumah, serabi ini cocok banget jadi camilan.

Baca Juga: Tidak Ada di Kota Lain, 5 Kuliner Ini Hanya Bisa Dijumpai di Cirebon

8. Pisang Goreng

Pisang goreng (shutterstock/Setyo Hadi Joko Nugroho)

Ketika hujan, pisang goreng lebih enak dinikmati sambil menyeruput kopi panas. Popularitas pisang goreng juga menempatkannya di posisi ke-42 dalam daftar street food terlezat di dunia.

Bahkan “Pisang Goreng” dari Indonesia dinobatkan sebagai dessert terbaik di dunia untuk kategori “best deep frying dessert” menurut website World Tourism and Culinary Alloy, Taste Atlas.

Pada Kamis, 16 Februari 2023 Pisang Goreng menduduki posisi puncak dengan skor tertinggi yaitu 4.60 yang disusul oleh Quarkbällchen atau Quark balls dari Jerman berada di urutan kedua dengan nilai 4.50, Pastelitos Kriollos dari Argentina, Fouskakia dari Yunani, Krapfen dari Austria, dan banyak lagi.

Pisang goreng dan berbagai gorengan lainnya di Indonesia memang salah satu camilan yang paling enak untuk disajikan dalam berbagai waktu dan tempat. Meskipun bukan pilihan yang paling sehat, namun hidangan penutup ini yang sangat mudah ditemukan, ditambah lagi dengan harganya yang murah yang berkisar dari Rp2000 hingga Rp5000, kamu sudah bisa menikmatinya/

9. Mie Instan

Mie Instan (detikfood)

Produk mie instan asal Indonesia, Indomie, masuk dalam daftar 10 Mie Instan Terbaik versi LA Times. Tak tanggung-tanggung, ada dua varian mie instan Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut. Kedua varian Indomie tersebut masuk dalam kategori mie instan terbaik (kering).

Dengan kata lain, Indomie menjadi mie goreng instan terbaik di dunia dengan varian Indomie Mi Goreng dan Mi Goreng Ayam Panggang. Ini juga salah satu makanan dari Indonesia yang diakui sebagai makanan paling enak di dunia.

Rata-rata semua orang di Indonesia menyukai mie instan. Selain praktis, juga banyak pilihan rasa, merek dan harga yang bervariasi, pembuatannya juga cukup mudah dan relatif cepat.

Nah itulah sembilan kuliner khas Indonesia yang terkenal di dunia. Indonesia Mendunia!

Baca Juga: Rahasia Mie Nikmat Ala Warmindo

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *