Hindari Mental Block dengan 6 Cara Terbaik Ini!


Ilustrasi mengalami mental block

Pernah nggak sih mendadak kamu tidak bisa memberikan satu ide apapun, padahal biasanya kamu mudah sekali menemukan ide saat diminta? Hati-hati, jika ini terjadi kemungkinan kamu tengah mengalami tanda-tanda mental block. Hilangnya konsentrasi, tidak bisa berpikir dengan baik, hingga perasaan pesimis yang muncul menandakan kondisimu tengah mengalami mental block.

Mental block secara berkelanjutan tentu sangat memengaruhi kualitas hidup serta produktivitasmu karena kemampuan berpikir yang mendadak menurun hingga kinerja yang tak bisa maksimal.

Agar kondisi ini tidak berkelanjutan, yuk hindari mental block dengan cara terbaik yang bisa kamu terapkan di bawah pada keseharianmu.

1. Terapkan pola hidup sehat

Mental block mengakibatkan seseorang tak dapat menghasilkan ide-ide kreatif serta kinerja yang maksimal dan ini cukup mengganggu. Oleh karenanya, dibutuhkan penanganan tepat yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat pada keseharian agar kondisi ini tidak terus terjadi.

Cobalah untuk menerapkan beberapa pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan sehat, olahraga rutin, tidur tepat waktu dan cukup serta mulai berhenti merokok. Penting juga untuk terus berpikir positif dan menghindari segala pemikiran negatif agar suasana hati kembali baik dan mental block dapat diatasi.

Baca Juga:

2. Keseimbangan hidup yang terjaga

Salah satu cara untuk hindari mental block selanjutnya adalah dengan mengatur keseimbangan hidup yang terjaga. Entah mengenai keseimbangan kehidupan pribadi dengan kehidupan dunia kerja maupun keseimbangan hidup antara dunia maya dengan dunia nyata.

Menjaga keseimbangan hidup dengan penuh ketenangan dan kebahagiaan diri akan bantu menghindarkanmu dari kondisi mental block. Pikiran akan jauh lebih tenang sehingga kemampuan untuk berpikir dan menghasilkan ide-ide kreatif jauh lebih mudah dan mengalir lancar.

3. Berdamai dan tidak terjebak dengan masa lalu

Kenangan buruk di masa lalu biasanya dapat mmenimbulkan berbagai perasaan serta pemikiran yang negatif pada diri seseorang. Oleh sebab itu, penting untuk menghindari dan menghilangkan segala kenangan buruk tersebut karena bisa menyebabkan munculnya mental block.

Cobalah untuk berdamai secara perlahan, memaafkan segala kenangan buruk di masa lalu dan mulai membuka diri tanpa bayangan menyakitkan tersebut. Buka lembaran hari-hari yang baru, menata hidup kembali dengan berbagai pikiran positif untuk mendapatkan masa depan yang baik.

4. Menulis dengan bebas

Menulis apapun yang ada dipikiranmu dengan bebas juga termasuk salah satu cara terbaik untuk hindari mental block. Ketika kamu tidak bisa mengutarakan apa yang dirasakan, seperti kesedihan atau kecemasan maka menulis ini menjadi metode yang cukup efektif.

Luangkan waktu antara 10 hingga 15 menit dengan menulis apapun yang kamu pikirkan dan yang dirasakan. Dengan metode ini, perasaan yang bisa menimbulkan kecemasan, stres, panik dan takut perlahan akan menghilang. Selain itu, kamupun bisa kembali menghasilkan ide-ide dari tulisan bebas yang kamu buat.

5. Berikan waktu untuk menikmati hidup

Terlalu fokus pada pekerjaan kerap kali menyebabkan seseorang lupa akan kehidupan pribadinya. Mendedikasikan hampir seluruh waktunya demi mendapatkan karir yang lebih baik, hingga mengabaikan kehidupan pribadi yang sebenarnya juga sangat penting untuk diperhatikan.

Sesekali, cobalah keluar dari lingkup pekerjaan dan mulailah menikmati hidupmu dengan bebas, tenang dan temukan kesan-kesan yang bermakna dan menyenangkan. Cara ini bisa menjadi salah satu cara yang efektif untuk membantumu terhindar dari mental block.

Baca Juga:

6. Mau mencoba hal-hal baru

Terakhir, cara terbaik untuk hindari mental block yaitu dengan belajar atau mencoba hal-hal baru. Dengan begini, akan bantu memudahkan kamu menemukan ide-ide dan pemikiran baru yang fresh dan mengurangi ide-ide yang pernah digunakan sebelumnya atau usang.

Kamu bisa belajar hal-hal baru ini dengan membaca artikel, mengikuti kelas-kelas pelatihan online atau offline, atau bisa melakukan riset-riset menarik secara online. Pengalaman mencoba hal-hal baru ini tidak hanya membantumu menemukan ide-ide baru tetapi juga perspektif lain yang belum pernah terpikirkan sebelumnya.

Pentingnya untuk hindari mental block dengan 6 cara terbaik di atas agar tidak berdampak pada perkembangan diri dan kehilangan konsentrasi. Jadi, mulai sekarang yuk coba terapkan cara di atas agar kehidupan berjalan lebih lancar dan tertata.

Baca Juga: 6 Tips Menjaga Kesehatan Mental

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Explorer

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *