5 Makanan Super untuk Otak Biar Nggak Nge-lag

Makanan super ini mudah ditemui di mana saja


Ilustrasi otak nge-lag (pixabay.com/JESHOOTS-com)

Menjaga kesehatan badan bisa dilakukan dengan olahraga rutin dan memenuhi asupan vitamin. Akan tetapi tahukah kamu, jika otak juga butuh nutrisi loh. Pernahkah kamu merasa susah fokus dan gampang nge-lag? Bisa jadi hal itu adalah tanda bahwa otak kamu kekurangan nutrisi penting.

Menjaga kesehatan otak sama pentingnya dengan menjaga kesehatan badan. Untuk itu, mulai sekarang perhatikan asupan makanan untuk otak kamu.

Berikut adalah 5 makanan super yang baik untuk kesehatan otak!

1. Brokoli

Brokoli hijau dan putih (kecipir.com)

Salah satu makanan super yang baik untuk menjaga kesehatan otak kamu adalah brokoli. Mungkin tak banyak yang tahu, jika sayuran hijau ini memiliki berbagai kandungan yang mampu menjaga kesehatan otak. Pasalnya brokoli sangat kaya akan antioksidan dan vitamin K.

Kedua kandungan ini berperan sebagai anti-inflamasi dan mampu menjaga otak dari kerusakan. Untuk asupan harian yang direkomedasikan, setidaknya kamu perlu 160 gram brokoli matang per hari.

Baca Juga: Ketahui 6 Tips Ini untuk Menjaga Pola Hidup Sehat

2. Telur

Telur ayam (pixabay.com/Couleur)

Makanan super lainnya yang juga baik untuk kesehatan otak yaitu telur. Selain tinggi akan protein yang baik untuk tulang, telur juga kaya akan kolina. Kolina sendiri merupakan semacam vitamin B yang berguna untuk membantu produksi senyawa kimia yang bisa menstabilkan mood dan menjaga memori tetap tajam.

Nah kalau kamu sering suka lemot dan uring-uringan mungkin makan beberapa telur bisa memperbaiki suasana hati kamu nih.

3. Dark Chocolate

Ilustrasi dark Chocolate (pixabay.com/AlexanderStein)

Makanan yang satu ini tentu sudah diketahui menjadi favorit hampir banyak orang. Dark chocolate memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk otak, yaitu flavonoid, dan antioksidan. Flavonoid sendiri berfungsi untuk melancarkan aliran darah menuju ke otak. Sementara antioksidan seperti yang sudah disinggung sebelumnya berfungsi untuk mencegah peradangan dan meningkatkan fungsi kerja otak.

Selain rasanya yang manis dan legit, makanan ini bisa membantu memperbaiki mood yang buruk menjadi lebih baik.

4. Ikan Salmon

daging ikan salmon (pixabay.com/Shutterbug75)

Sudah bukan rahasia lagi, ikan ini memiliki segudang nutrisi penting untuk otak. Nutrisi yang terkandung diantaranya lemak jenuh berupa omega-3 yang berfungsi penting dalam menurunkan beta-amyloid (protein penggumpal darah yang bisa merusak otak) yang ada di dalam darah.

Manfaat lainnya yaitu, mengurangi resiko penyakit Alzheimer serta membantu meningkatkan daya ingat. Asam lemak omega-3 pada salmon bisa pula membantu mengurangi resiko penyakit jantung dan mencegah depresi. Asam Lemak omega-3  bisa juga dikonsumsi dalam bentuk kapsul yang kini sudah banyak dijual.

5. Gandum Utuh

Ilustrasi biji gandum (pixabay.com/shixugang)

Makanan super lainnya yang bisa menjaga otak tetap sehat adalah gandum utuh. Gandum utuh merupakan karbohidrat kompleks yang dapat melepaskan energi secara perlahan. Untuk mengawali hari kamu bisa sarapan dengan memilih roti gandum. Unsur lain yang terkandung pada  gandum utuh adalah vitamin B. Vitamin B mampu meningkatkan konsentrasi serta menjaga kondisi mental tetap stabil.

Itulah 5 makanan super yang sangat baik untuk menjaga kesehatan otak.  Dengan menjaga asupan nutrisi yang seimbang, membantu menjaga fungsi otak kamu tetap stabil dan menghindarkan dari berbagai resiko penyakit  berbahaya. Jangan lupa untuk lebih peduli lagi dengan kesehatan otak kamu .

Baca Juga: Selain Sate, Ini Beberapa Ide Masakan untuk Daging Kurban

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

2 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. Hi tһerе! Quick question that’s entirely off topiϲ.

    Do you know how to make your site mobile friеndly? My web site
    looks weіrd wһen viewing frօm my apple iphone.
    I’m trying to find a template or plugin that might be able to fix tһis issue.
    If you have any suggestions, please share. With thanks!