7 Wisata Gunung di Jawa Barat, Cocok Untuk Pendaki Pemula!

Cukup banyak wisata gunung di Jawa Barat, dan tentunya aman untuk pendaki pemula


Wisata Gunung di Jawa Barat

Mendaki gunung tidaklah semudah yang dibayangkan, karena memerlukan kekuatan fisik dan mental serta banyak sekali rintangan yang harus dihadapi. Bagi kamu yang masih pemula disarankan untuk mengajak orang yang sudah berpengalaman agar pendakian kalian berjalan dengan lancar.

Untuk kamu yang pemula, kamu bisa menjajal salah satu gunung di provinsi Jawa Barat. Salah satu provinsi yang memiliki gunung yang cukup banyak adalah Jawa Barat. Banyak wisata gunung di Jawa Barat yang bisa kamu daki.

Selain ramai, gunung-gunung di Jawa Barat ini aman untuk dijelajahi, asalkan kamu mematuhi peraturan-peraturan yang berlaku, dan tidak melakukan kegiatan lain yang tidak sesuai dengan tujuan kamu, yaitu mendaki gunung. Berikut wisata gunung di Jawa Barat yang cukup populer dan sering dikunjungi oleh para pendaki.

1. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan (wikipedia/Hullie)

Wisata gunung di Jawa Barat yang pertama adalah Gunung Papandayan. Gunung Papandayan ini terletak di Kec. Cisurupan, Kab. Garut, Jawa Barat. Gunung Papandayan memiliki kawah yang terkenal yaitu Kawah Nangklak, Kawah Mas, Kawah Baru dan Kawah Manuk. Gunung Papandayan merupakan gunung merapi aktif yang sudah beberapa kali terjadi letusan. Gunung Papandayan memiliki ketinggian sekitar 2.660 meter di atas permukaan laut atau 8.735 kaki. Untuk mencapai puncak gunung ini kamu harus menempuh waktu selama 1-2 hari karena puncaknya yang sangat tinggi.

Banyak sekali kawah-kawah yang menarik perhatian para pendaki, terutama Kawah Papandayan karena di kawah tersebut akan terdengar suara unik yang berasal dari lubang-lubang yang ada di Kawah tersebut. Gunung Papandayan ini juga memiliki beberapa flora dan fauna seperti tringgiling, kijang, lutung, pohon suagi, edelweiss, puspa dan lain sebagainya.

Baca Juga:

2. Gunung Salak

Gunung Salak (autorin)

Gunung Salak ini terletak di Kawasan Kab. Sukabumi dan Kab. Bogor. Gunung Salak juga terletak di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun-Salak. Gunung salak memiliki ketinggian sekitar 2.200 meter di atas permukaan laut. Untuk mencapai puncak Gunung Salak kamu harus mendaki dengan waktu sekitar 1 harian penuh.

Untuk mendaki gunung Salak, kamu harus mematuhi SOP yang sudah ditetapkan oleh pengelola Taman Nasional Gunung Halimun-Salak. Banyak jalur pendakian yang bisa kamu pilih untuk mencapai puncak Gunung Salak. Jalur Kutajaya atau Cimelati adalah jalur pendakian ke puncak gunung Salak yang paling pendek dan paling cepat. Namun di sepanjang jalur kita akan sulit menemukan sumber air, sehingga air bersih harus dipersiapkan sejak dari bawah.

Sungguh menakjubkan pemandangan dari puncak Gunung Salak, apalagi pas sunrise, karena pemandangannya yang sangat indah dan memanjakan mata.

3. Gunung Gede

Gunung Gede (brantang.com)

Gunung Gede terletak di dua kabupaten yaitu Kab. Sukabumi dan Cianjur. Waktu yang di perlukan untuk mencapai ke Gunung Gede ini ialah sekitar 1-2 jam dengan jarak sekitar 23 km dari pusat Kota Cianjur. Gunung Gede memiliki ketinggian sekitar 2.960 meter diatas permukaan laut atau sekitar 9.650 kaki. Untuk mencapai puncak gunung ini memerlukan waktu sekitar 1-2 hari dengan medan yang lumayan curam dan tidak mudah dilewati.

Akan tetapi ketika sampai ke puncak gunung ini rasa lelah dan letih karena pendakian tersebut akan terbayarkan oleh keindahan yang disuguhkah oleh Gunung Gede ini, tidak hanya itu di kaki gunung ini memiliki sejuta keindahan alam seperti Air Terjun Cibeureum, Air Panas, Telaga Biru dan masih banyak lagi lainnya. Gunung Gede juga memiliki banyak sekali flora dan fauna yang masih sangat terjaga dengan baik.

4. Gunung Pangrango

Gunung Pangrango (gunungbaging.com)

Gunung Pangrango terletak di antara 3 Kabupaten yaitu Cianjur, Bogor dan Sukabumi. Untuk mencapai ke Gunung Pangrango ini di perlukan waktu sekitar 2-3 jam dan harus menempuh jarak sekitar 63 km dari pusat Kota Bogor.

Gunung Pangrango memiliki ketinggian sekitar 3.010 meter diatas permukaan laut atau 9.900 kaki dan gunung ini dijuluki sebagai gunung tertinggi kedua di Jawa Barat. Untuk mencapai puncak Gunung Pangrango memerlukan waktu sekitar 2-3 jam pendakian dengan medan pendakian yang tidak terlalu sulit.

5. Gunung Ciremai

Gunung Ciremai (hareioutdoorgear.co.id)

Gunung Ciremai adalah gunung tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggian mencapai 3.078 meter di atas permukaan laut. Gunung ini terletak di wilayah Kabupaten Kuningan dan Majalengka, Jawa Barat. Gunung ini juga memiliki dua kawah yang menarik para pendaki yaitu Kawah Timur dengan radius sekitar 600 meter dan kawah Barat dengan radius sekitar 400 meter.

Gunung Ciremai ini adalah gunung yang memiliki bentuk cerucut hampir sempurna dan terletak di tiga Kabupaten yaitu Kuningan, Cirebon dan Majanglengka. Untuk mencapai puncak gunung ini memerlukan waktu sekitar 2-3 hari, ini dikarenakan medan yang di lalui lumayan sulit dan curam.

6. Gunung Burangrang

Gunung Burangrang (salsa wisata)

Gunung Burangrang ini terbentuk oleh sisa letusan gunung berapi. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.060 meter diatas permukaan laut atau sekitar 6.770 kaki. Gunung Burangrang ini terletak di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Bojong, Kabupater Purwakarta. Gunung Burangrang ini juga terletak bersebelahan dengan gunung Tangkuban Perahu. Waktu yang di perlukan untuk mencapai Gunung Burangrang ialah sekitar 1-2 jam dan memerlukan jarak sekitar 62 km dari pusat Kota Purwakarta.

Untuk mencapai puncak gunung ini memerlukan waktu sekitar  1 harian penuh dan medan yang dilalui pun tidaklah mudah dengan jalan setapak yang curam. Gunung ini sering juga dijadikan tempat pendidikan  dan pelatihan bagi pecinta alam.

Baca Juga:

7. Gunung Galunggung

Gunung Galunggung (superadvanture.co.id)

Wisata gunung di Jawa Barat yang terakhir adalah Gunung Galunggung. Gunung Galunggung ini terletak di kawasan sekitar 17 km dari Kota Tasikmalaya. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.158 meter diatas permukaan laut  atau sekitar 7.115 kaki. Waktu yang di perlukan untuk mencapai gunung ini sekitar 1 jam dengan jarak 24 km dari pusat Kota Tasikmalaya.

Untuk mencapai puncak gunung ini memerlukan waktu sekitar 1-2 hari karena sulitnya medan yang dilalui. Ketika sudah sampai ke puncak gunung ini rasa lelah dan letih kalian akan terbayarkan oleh pemandangan yang disuguhkan dari atas puncak gunung ini dengan hamparan pepohonan dan luasnya kota Tasikmalaya juga bisa dilihat dari atas puncak gunung ini.

Itulah beberapa wisata gunung di Jawa Barat, dan cocok untuk kamu pendaki pemula. Siapkan fisik dan mental kamu sebelum mendaki salah satu wisata gunung di Jawa Barat tersebut ya.

Baca Juga: 7 Wisata Gunung di Jawa Timur, Hanya Untuk Petualang Sejati!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *