6 Keutamaan Sholat Sunah Tarawih di Bulan Ramadan

Ingin dosa-dosa yang telah lalu diampuni, dirikanlah sholat sunah Tarawih, karena banyak sekali keutamaan sholat sunah tarawih


Halo, apa kabar semuanya? Alhamdulillah saya hari ini sudah bisa lagi menulis, dan melanjutkan lagi berbagi ilmu dengan kalian. Bulan Ramadan sudah berlangsung kurang dari satu minggu, bagaimana puasanya sejauh ini? Mudah-mudahan Allah SWT melancarkan segala urusan kita, dan kita bersama-sama bisa mencapai kemenangan yang fitri.

Nah, selama bulan Ramadan, ada satu kegiatan yang paling ditunggu-tunggu oleh semua umat muslim, apakah itu? Kegiatan paling seru dan paling dinanti-nanti yaitu shalat sunah Tarawih. Sholat sunah Tarawih sangat dinantikan, karena hanya bisa dilakukan di bulan Ramadan saja, tidak seperti salat sunah lainnya. Lalu, apa itu sholat Tarawih? Bagaimana cara mengerjakannya? Dan apa keutamaan sholat sunah tarawih? Simak penjelasan saya sebagai berikut!

Penjelasan sholat Tarawih

Sholat Tarawih adalah salah satu sholat sunnah yang dilakukan selama bulan Ramadan. Sholat sunah ini dilakukan setelah sholat Isya dan sebelum sholat Subuh. Sholat Tarawih merupakan sholat sunah muakkad, yang berarti sangat dianjurkan dalam pengerjaannya.

Meskipun bukan sholat wajib, tapi sholat Tarawih sangat dianjurkan untuk dilaksanakan karena merupakan kesempatan untuk memperbanyak ibadah, merontokkan dosa-dosa dan mendapatkan pahala yang banyak, sebagaimana sabda Rasulullah SAW, sebagai berikut:

Hadits dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda. “Barang siapa yang berdiri sholat di bulan Ramadhan dengan iman dan penuh harapan akan pahala dari Allah, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Adapun dalam pengerjaannya bisa dilakukan secara berjamaah, juga bisa dilakukan secara sendiri-sendiri, sesuai dengan sabda Rasulullah SAW berikut:

Dari Aisyah ra, beliau berkata. “Rasulullah SAW sholat di rumahnya pada bulan Ramadan dan tidak ada yang menyalahi atau mendustakan sholatnya, kemudian orang-orang bergabung bersamanya. Ketika malam berikutnya Rasulullah SAW kembali sholat dengan orang-orang bergabung bersamanya, dan malam ketiga juga seperti itu. Setelah itu, orang-orang sudah mulai berkumpul tetapi Rasulullah tidak keluar untuk sholat bersama mereka. Ketika pagi tiba, Rasulullah SAW berkata, ‘Saya khawatir sholat ini akan diwajibkan atas kamu, jadi saya memutuskan untuk tidak keluar sholat dengan kalian, tetapi tetap mengerjakannya di rumah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Itulah penjelasan tentang sholat Tarawih, lebih dan kurangnya saya mohon maaf. Tapi, mari kita lanjutkan pembahasan ini, tetap simak!

Baca Juga: 7 Tips Melatih Anak Untuk Berpuasa, Dimulai Sejak Balita!

Sunah-sunah sholat Tarawih

Setelah kita sama-sama membahas tentang sholat Tarawih, mari kita lanjutkan dengan mengenal sunah-sunah dalam mengerjakan sholat Tarawih.

Adapun sunah-sunahnya adalah sebagai berikut:

  • Dilaksanakan setelah sholat Rawatib Ba’diyyah Isya atau bisa juga dilaksanakan setelah bangun tidur sebelum sahur.
  • Bisa dilaksanakan secara berjamaah ataupun munfarid atau sendiri, bisa dilakukan di masjid ataupun di rumah.
  • Jumlah rakaat sholat Tarawih dengan Witir adalah 11 atau 23 rakaat, di masjid dekat rumah saya kebetulan 23 rakaat. Kalian tidak perlu ragu dengan jumlah rakaat yang didirikan, karena semuanya mempunyai dalil yang kuat, jadi tidak perlu diperdebatkan.
  • Mengucapkan niat sholat Tarawih.
  • Setelah selesai sholat Tarawih dilanjutkan dengan membaca doa.
  • Setelah sholat sunat Tarawih selesai, dilanjutkan dengan sholat sunnah Witir sebanyak 3 rakaat, jangan lupa niatnya sholat sunnah Witir.

Baca Juga: 5 Langkah Mencapai Kesempurnaan Ibadah Puasa di Bulan Ramadan

Keutamaan sholat sunah Tarawih

Akhirnya kita sampai pada bahasan utama kita, saya akan coba jelaskan apa saja keutamaan sholat Tarawih, yang pastinya tidak akan ada dusta atas semua nikmat-Nya. Langsung saja, mari kita bahas beberapa keutamaan sholat Tarawih, yaitu sebagai berikut:

1. Mendapatkan pahala yang besar

Sholat Tarawih dilakukan selama bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya Allah janjikan penuh berkah dan pengampunan, maka dengan melakukan sholat sunnah Tarawih yang sangat dianjurkan ini, Allah janjikan kepada setiap manusia yang mengerjakan sholat sunnah Tarawih akan mendapat pahala yang besar dan berlipat ganda.

2. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan

Dengan melaksanakan sholat sunnah Tarawih di bulan Ramadhan sudah pasti dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan seseorang. Biasanya sebelum atau setelah sholat sunnah Tarawih, ada ceramah terlebih dahulu, dan itu dapat membantu dan menambah pengetahuan kita, sekaligus meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT.

3. Meningkatkan kecintaan terhadap Alquran

Sebagai umat muslim, kita wajib untuk membaca dan memahami isi kandungan dari ayat-ayat Alquran, dalam sholat sunnah Tarawih, ada berbagai macam surah yang dibacakan, baik yang panjang, maupun yang pendek secara terstruktur. Jika didengarkan secara rutin, kita pasti akan lebih mencintai Alquran, apalagi jika kita memperdalam pemahaman tentang ajaran-ajaran islam yang terkandung di dalamnya.

4. Menjaga kesehatan

Gerakan sholat, baik sunah maupun wajib sudah ditentukan, dan terstruktur secara berurutan, dan melibatkan gerakan-gerakan tubuh yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Dengan melakukan sholat sunah Tarawih secara rutin, kita senantiasa akan dikaruniai kebugaran tubuh karena otot-otot kita tergerakkan dan pasti kesehatan kita pun terjaga.

5. Meningkatkan hubungan sosial

Sholat sunah Tarawih yang biasa dilaksanakan di masjid atau tempat umum, itu sudah pasti akan bertemu dengan banyak orang, baik tetangga yang sudah dikenal, maupun orang lain yang baru kita lihat. Ini akan memberikan kesempatan kepada kita untuk memperkuat hubungan sosial dan ukhuwah Islamiyah dengan sesama umat muslim.

6. Mendapat pengampunan dosa

Seperti yang sudah dibahas di awal, jika segala macam yang ada di bulan Ramadan adalah berkah, tanpa terkecuali dengan sholat sunah Tarawih ini. Ketika kita melaksanakan sholat sunah Tarawih, kita berdoa dan memohon ampunan kepada Allah SWT. Dengan melakukan sholat sunah Tarawih dengan ikhlas dan penuh keyakinan, dan hanya mengharap keberkahan dari Allah SWT, kita dapat memperoleh pengampunan dari dosa-dosa yang telah kita perbuat.

Sholat sunah Tarawih adalah amalan yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW, dengan itu, kita sudah mengikuti sunah Rasulullah SAW dan mendapat keberkahan dari Allah SWT.

Begitulah bahasan yang bisa saya jelaskan dari hasil belajar saya ini, lebih dan kurangnya saya ucapkan mohon maaf sebesar-besarnya.

Semoga puasanya tetap lancar, dapat keberkahan, rejeki yang melimpah, disehatkan, dan kita sama-sama mendapat kemenangan yang fitri.

Mohon maaf juga baru bisa menulis lagi, mohon doanya semoga saya bisa terus menulis dan terus semangat untuk belajar lagi.

Akhir kata, selamat menunaikan ibadah puasa, mohon maaf lahir dan bathin.

Baca Juga: Kewajiban dan Ibadah yang Dianjurkan di Bulan Ramadan Untuk Umat Islam

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *