Wajib Tahu! 7 Trik Jitu Khatam Al-Qur’an Selama Ramadan


Ilustrasi membaca Al-Qur'an (pexels.com/beytlik)

Berhasil khatam Al-Qur’an selama Ramadan adalah impian umat muslim, sebab ada pahala berlimpah yang diberikan dan hatipun terasa lebih tenang saat membacanya. Namun, padatnya aktivitas terkadang membuat rencana khatam ini jarang berhasil, sehingga perlu trik jitu khatam Al-Qur’an selama Ramadan agar impian ini terwujudkan.

Meskipun di tengah padatnya aktivitas yang dilakukan, dengan trik ini kamu bisa membacanya walau hanya beberapa ayat saja. Nah, inilah beberapa trik jitu khatam Al-Qur’an yang wajib kamu coba selama Ramadan.

1. Sesuaikan target khatam Al-Qur’an dan kemampuan

Ada orang yang lancar membaca Al-Quran, tetapi ada juga yang membutuhkan beberapa menit untuk menyelesaikannya. Untuk itu, kamu harus tahu salah satu trik jitu khatam Al-Qur’an yaitu dengan menyesuaikan target dan kemampuanmu ya.

Ingat, Al-Quran itu tidak hanya sekadar dibaca, namun kamu juga wajib memahami tajwidnya. Jadi, kalau kamu masih terbata-bata dalam membaca dan memahami tajwidnya, tidak apa-apa untuk membaca perlahan sambil mempelajari tiap tajwid.

Baca Juga:

2. Satu juz per hari

Al-Qur’an terdiri dari 30 juz, nah untuk bisa menyelesaikannya selama 30 hari, kamu harus membaca satu juz per harinya. Jika waktumu cukup luang, kamu bisa membaca satu juz langsung dalam satu waktu.

Akan tetapi, jika tak memiliki banyak waktu, bisa membacanya beberapa kali per hari. Manfaatkan waktu luang, waktu sehabis sholat, atau tarawih dan sebelum tidur untuk menyelesaikan satu juz per harinya.

3. Membaca dua lembar selepas salat fardhu

Trik lain untuk bisa khatam Al-Qur’an selanjutnya yaitu membaca dua lembar selepas sholat fardhu. Trik ini bisa dicoba untuk Al-Qur’an yang terdiri dari 600 halaman.

Jadi, kamu bisa memulainya dengan 4 halaman atau 2 lembar setiap selepas sholat fardhu. Jika dirutinkan, kamu bisa khatam 30 juz dalam satu bulan.

4. Membaca antara adzan dan iqamah

Kamu juga bisa memanfaatkan waktu antara adzan dan iqamah untuk membaca Al-Qur’an. Trik ini tidak hanya membuatmu rajin membaca Al-Qur’an, tetapi juga membiasakan diri untuk mengerjakan sholat tepat waktu.

Kalau kamu istiqomah melakukan trik ini selama satu bulan, mimpi khatam Al-Qur’an bukan lagi sekadar impian, namun juga dapat terwujud. Jadi, manfaatkan waktu ini untuk meraih pahala dengan membaca Al-Qur’an.

5. Gunakan Al-Qur’an mini agar praktis dibawa pergi

Membawa Al-Qur’an kapanpun dan dimanapun kamu pergi, menjadi salah satu solusi tepat untuk bisa khatam Al-Qur’an. Agar lebih praktis, kamu bisa membawa Al-Qur’an berukuran mini yang mudah dibawa kemana-mana.

Memang sih, saat ini sudah ada aplikasi Al-Qur’an yang bisa di install pada smartphone kamu. Akan tetapi, kalau semisal baterai smartphone kamu habis, tentu ngga bisa baca Al-Qur’an kan? Jadi, membawa Al-Qur’an mini menjadi pilihan tepat agar kamu bisa membacanya di mana saja dan kapan saja.

Tetapi perlu diingat ya, Al-Qur’an mini ini sudah pasti tulisannya kecil. Jadi, pastikan kamu sudah terbiasa membaca dengan tulisan-tulisan kecil.

Baca Juga:

6. Bagi muslimah perhatikan tanggal menstruasi

Khusus muslimah, jangan lupa perhatikan tanggal menstruasinya ya agar bisa khatam Al-Qur’an sesuai impian. Kamu harus perkirakan tanggal dan masa menstruasi, agar bisa menargetkan membaca Al-Qur’an lebih banyak di awal.

Misal, jika awalnya berniat membaca satu juz saja per harinya, ubahlah menjadi satu setengah atau dua juz per hari. Dengan trik ini, target khatam Al-Qur’an kamu bisa tercapai sesuai impianmu.

7. Bacalah Al-Qur’an kapan saja

Kamu tidak harus membaca Al-Qur’an setelah sholat fardhu, tetapi bisa kapan saja saat waktu luang. Misal saat menunggu atau menaiki kendaraan umum, saat istirahat kerja atau kapanpun ketika memiliki waktu senggang.

Agar lebih mudah, jangan lupa membawa Al-Qur’an mini. Dengan trik ini kamu bisa menyelesaikan lebih dari satu juz per hari lho.

Baca Juga:

8. Memperbanyak baca Al-Qur’an di awal Ramadan

Saat awal Ramadan, biasanya semangat beribadah sedang tinggi-tingginya. Nah momentum semangat awal Ramadan ini bisa banget dimanfaatkan dengan memperbanyak membaca Al-Qur’an.

Ditambah, awal Ramadan belum banyak ajakan buka bersama. Jadi kamu punya banyak waktu untuk menabung bacaan di awal.

Makin semangat untuk khatam Al-Qur’an selama Ramadan tahun ini? Jangan lupa terapkan trik jitu khatam Al-Qur’an selama Ramadan di atas supaya impian khatam bisa terwujudkan.

Baca Juga: 6 Keutamaan Sholat Sunah Tarawih di Bulan Ramadan

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Emperor