4 Rekomendasi Tempat Wisata Sekitar Candi Borobudur, Menarik dan Beragam!

Banyak tempat wisata sekitar Candi Borobudur yang juga menarik dan beragam, mulai dari wisata alam, budaya, sejarah, hingga wisata kuliner


Tempat wisata sekitar candi Borobudur

Siapa yang tidak mengenal Candi Borobudur? Borobudur merupakan salah satu candi Buddha terbesar dan terindah di dunia. Candi ini terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi Borobudur merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO yang berada di Indonesia.

Candi Borobudur memiliki arsitektur yang megah, relief yang menggambarkan kisah Buddha, dan stupa-stupa yang berisi arca Buddha. Borobudur juga menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan, terutama saat matahari terbit dan terbenam.

Namun, tidak hanya Borobudur saja yang bisa kamu kunjungi saat berwisata di Magelang. Ada banyak tempat wisata sekitar Candi Borobudur yang juga menarik dan beragam, mulai dari wisata alam, budaya, sejarah, hingga kuliner. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata sekitar Candi Borobudur yang wajib dikunjungi.

1. Candi Mendut dan Candi Pawon

Candi Pawon dan Candi Mendut

Candi Mendut dan Candi Pawon adalah dua candi Buddha yang berada di sekitar Borobudur. Candi Mendut berjarak sekitar 4 km dari Borobudur, sedangkan Candi Pawon berjarak sekitar 2 km. Ketiga candi ini memiliki keterkaitan sejarah dan kebudayaan, dan sering disebut sebagai tiga candi berkah. Candi Mendut dan Candi Pawon juga merupakan bagian dari jalur ziarah Waisak yang dilakukan oleh umat Buddha setiap tahunnya.

Lokasi candi Mendut dan candi Pawon berada di Jl. Mayor Kusen, Sumberrejo, Mendut, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Untuk jam operasional dimulai dari pukul 07.00-19,00 WIB. Sedangkan harga tiket masuknya mulai dari Rp10 ribu rupiah.

Baca Juga:

2. Bukit Rhema Gereja Ayam

Bukit Rhema Gereja Ayam (kompas.com)

Bukit Rhema Gereja Ayam adalah sebuah bangunan unik yang berbentuk menyerupai ayam. Bangunan ini terletak di Dusun Gombong, Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, berjarak sekitar 2 km dari Borobudur. Bangunan ini dibangun pada tahun 1990 oleh Daniel Alamsjah, seorang penganut Kristen yang mendapat wahyu dari Tuhan untuk membangun rumah doa bagi segala bangsa. Bangunan ini memiliki tujuh lantai yang berisi ruang doa, ruang pertemuan, ruang tamu, kamar tidur, dan dapur.

Bukit Rhema Gereja Ayam menjadi terkenal setelah menjadi lokasi syuting film Ada Apa Dengan Cinta 2. Banyak wisatawan yang datang ke sini untuk melihat keunikan arsitektur dan menikmati pemandangan alam dari ketinggian. Dari sini, kamu bisa melihat Gunung Sumbing, Merapi, Merbabu, dan Suroloyo. Waktu terbaik untuk berkunjung ke sini adalah saat subuh, karena kamu bisa menyaksikan matahari terbit yang indah.

Lokasi Bukit Rhema Gereja Ayam terletak di Dusun Gombong, Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Jam operasional setiap hari dimulai pukul 07,00-18,00 WIB. Untuk harga tiket masuknya, pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp 25 ribu rupiah.

3. Punthuk Setumbu

Pemandangan Borobudur dari Punthuk Setumbu
(merapiadventure)

Berjarak sekitar 5 km dari Borobudur, Punthuk Setumbu merupakan sebuah bukit yang berada di Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur. Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 400 meter di atas permukaan laut, dan menjadi salah satu spot terbaik untuk melihat keindahan Borobudur dari atas. Dari sini, kamu bisa melihat siluet Borobudur yang dikelilingi oleh pegunungan, sawah, dan kabut. Pemandangan ini semakin menawan saat matahari terbit dan terbenam.

Untuk mencapai puncak bukit, kamu harus berjalan kaki sekitar 15-20 menit dari tempat parkir. Jalannya cukup landai dan beraspal, tetapi ada beberapa bagian yang curam dan berbatu. Di puncak bukit, terdapat gazebo dan warung-warung yang menjual makanan dan minuman. Kamu juga bisa menyewa teropong untuk melihat Borobudur dengan lebih jelas.

Lokasi Punthuk Setumbu berada di Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Kamu bisa datang subuh dari jam 04.00 WIB ke Punthuk Setumbu dengan membayar Rp20 ribu untuk wisatawan lokal, sementara wisatawan mancanegara akan dikenakan biaya Rp50 ribu rupiah.

Baca Juga:

4. Candi Ngawen

Candi Ngawen (google maps)

Candi Ngawen adalah sebuah kompleks candi Hindu yang berada di Desa Ngawen, Kecamatan Muntilan, berjarak sekitar 6 km dari Borobudur. Candi ini dibangun pada abad ke-9 oleh Wangsa Sanjaya, yang juga membangun Candi Prambanan. Candi ini terdiri dari lima candi utama dan beberapa candi perwara yang berada di sekitar candi utama. Candi utama memiliki bentuk persegi dengan ukuran 5 x 5 meter dan tinggi 6 meter. Di dalam candi, terdapat arca Siwa, Wisnu, Brahma, Ganesha, dan Durga.

Candi Ngawen memiliki nilai sejarah dan kebudayaan yang tinggi, karena merupakan salah satu candi Hindu tertua yang berada di provinisi di Jawa Tengah. Candi ini juga menunjukkan keragaman agama dan budaya yang ada di sekitar Borobudur. Candi ini masih dilestarikan dan dirawat oleh masyarakat setempat, yang juga mengadakan upacara keagamaan di sini.

Lokasi Candi Ngawen berada di desa Ngawen, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang. Jam operasional setiap hari pukul 08.00-17.00. Untuk Harga tiket masuk sebesar Rp 5 ribu rupiah.

Itulah tempat wisata sekitar candi Borobudur yang bisa kamu jadikan referensi untuk liburan kamu. Selamat berwisata!

Baca Juga: Mengenal Candi Borobudur, Sebuah Mahakarya Asli Buatan Nusantara


Like it? Share with your friends!