Berada di Lereng Gunung Lawu, Berikut 5 Tempat Wisata di Karanganyar


Tempat wisata di Karanganyar

Kabupaten Karanganyar merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Karanganyar merupakan salah satu kawasan dekat Kota Solo yang terkenal memiliki suhu dingin. Lokasinya yang berada di ketinggian dan berada di lereng Gunung Lawu cocok dikunjungi saat ingin mendinginkan pikiran. Banyak tempat wisata di Karanganyar yang berada di lereng Gunung Lawu.

Tak hanya suhu dingin, melainkan pemandangan di sekitar Karanganyar juga sangat elok dan asri, sehingga banyak tempat wisata yang berada di Karanganyar.

Berikut beberapa tempat wisata di Karanganyar yang bisa kamu kunjungi saat liburan.

1.Grojogan Sewu

Grojogan Sewu (salsa wisata)

Jika orang sunda menyebut air terjun dengan curug, maka orang jawa menyebutnya dengan kata grojogan. Di Karanganyar terdapat tempat wisata yang sangat terkenal yaitu Grojogan Sewu. Grojogan Sewu terdapat di lereng Gunung Lawu atau tepatnya beralamat di Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar.

Tempat Wisata Grojogan Sewu ini merupakan tempat wisata unggulan dan sangat terkenal di Kabupaten karanganyar. Hal itu menjadikan tempat wsiata ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Lokasi kawasan wisata ini sangat sejuk karena terletak di lereng gunung yang disekitarnya masih ditumbuhi hutan yang lebat.

Di hutan sekitar Grojogan Sewu di Tawangmangu ini banyak terdapat kera yang hidup secara liar. Kera-kera ini seperti kera-kera lainnya, sering merebut tas bawaan para wisatawan. Oleh karena itu kamu harus berhati-hati apabila berkunjung ke tempat wisata Grojogan Sewu ini. Untuk sampai ke air terjun, pengunjung harus menempuh perjalanan dengan menuruni anak tangga sebanyak 1.250 buah. Cukup melelahkan bagi kamu yang tidak terbiasa, namun rasa lelah itu seakan hilang setelah melihat pemandangan Grojogan Sewu yang sangat memukau.

Baca Juga:

2. Candi Cetho

Candi Cetho (tribunsolo)

Tempat Wisata di Karanganyar selanjutnya adalah Candi Cetho. Candi Cetho merupakan sebuah Candi Hindu yang terdapat di Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kec Jenawi Kabupaten Karanganyar. Menurut sejarah, Candi Cetho merupakan candi peninggalan Kerajaan majapahit.

Di kompleks ini juga terdapat petilasan Ki Ageng Krincingwesi yang merupakan leluhur Dusun Cetho. Apa keunikan Candi Cetho di Karanganyar ini ? Candi Cetho memiliki keunikan tersendiri yang tak ada di candi lainnya, yaitu terdapat patung berupa kalacakra atau alat kelamin laki-laki. Selain itu candi Cetho ini dibangun pada lahan yang berundak. Ada sebelas teras yang masing-masing teras memiliki keunikan bangunan tersendiri.

3. Candi Sukuh

Candi Sukuh (detik edu)

Tak jauh dari obyek wisata Candi Cetho, terdapat obyek wisata lain yang tak kalah uniknya dibanding Candi Cetho, yaitu Candi Sukuh. Candi Sukuh terdapat di desa Berjo, kecamatan Ngargoyoso, yang lokasinya tak jauh dari Candi Cetho.

Seperti halnya di Candi Cetho, di Candi Sukuh ini juga banyak terdapat patung-patung beraroma erotis. Namun menurut beberapa literatur patung-patung ini memiliki arti sebagai simbul kesuburan.

Ada yang unik di Candi Sukuh ini, yaitu struktur bangunan candinya ternyata tidak sama dengan candi lain di Indonesia. Malah struktur Candi Sukuh ini lebih mirip dengan bangunan suku Maya di Meksiko atau suku Inca di Peru. Penasaran bukan, mari berkunjung ke Karanganyar Jawa Tengah

4. Perkebunan Teh Kemuning

Perkebunan teh Kemuning (duaistanto.com)

Tempat wisata unggulan di Kabupaten karanganyar Jawa Tengah selanjutnya adalah berupa perkebunan Teh Kemuning. Bagi warga Solo dan sekitarnya, apabila ingin menikmati indahnya perkebunan teh, maka tidak harus pergi ke puncak Bogor, karena di tetangga mereka di Kabupaten karanganyar terdapat sebuah perkebunan teh dengan pemandangan yang tak kalah memukaunya dibanding Puncak Bogor.

Kebun teh di Karanganyar ini disebut dengan Perkebunan Teh Kemuning. Di tempat ini pengunjung dapat menikmati indahnya perkebunan teh yang hijau dengan udara yang sejuk. Selain itu di tempat ini dapat dijadikan sebagai ajang untuk hobi aero sport paralayang tepatnya di Venues Bukit Paralayang Ds. Segoro Gunung Kemuning Karanganyar.

Lokasinya memang di lereng Gunung Lawu sehingga udara khas pegunungan menjadi ciri khas daerah ini. Jalur yang ditempuh untuk ke Perkebunan Teh Kemuning ini sejalan dengan jalur yang ditempuh apabila ingin ke Candi Cetho, Candi Sukuh dan Air terjun Jumog.

Baca Juga:

5. Taman Ria Balekambang

Taman Ria Balekambang (rentalponorogo.com)

Taman ini merupakan wisata Karanganyar solo yang merupakan taman yang dekat dengan areal parkir dari grojoan sewu. Namun taman ini bukan sembarang taman biasa loh. Taman tersebut dihiasi dengan aneka tanaman hias yang sangat indah.

Karena lokasinya yang berada di lereng kaki gunung Lawu sehingga membuat suasana taman terasa sangat sejuk dan menyegarkan. Di lokasi taman tersebut terdapat banyak fasilitas penunjang seperti hotel dan vila untuk menghabiskan malam, restoran yang menyajikan makanan lezat, serta kedai oleh-oleh untuk buah tangan sanak saudara di rumah.

Selain itu, di Taman Ria Balekambang Karanganyar ini juga menyediakan fasilitas kolam renang untuk anak, sanggar lukis untuk berkreasi dan berimajinasi, serta lapangan tenis untuk melakukan kegiatan olah raga. Sehingga tempat ini sangat cocok untuk wisatawan yang benar-benar ingin refreshing.

Baca Juga:

6. Air Terjun Jumog

Air terjun jumog karanganyar (rumah123)

Selain Grojogan Sewu di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar juga terdapat Air Terjun Jumog. Tempat wisata di Karanganyar ini bisa dibilang masih baru dan belum sebanyak dikunjungi oleh para wisatawan. Pengunjung tempat wisata ini hanya terbatas pada keluarga dan rombongan dari seputar Wilayah Solo Raya.

Suasana yang ditawarkan di kawasan wisata Air Terjun Jumog ini adalah suasana pegunungan dengan udara yang sejuk dengan ditambah dengan air terjun yang indah. Jika kamu pernah ke Grojogan Sewu, air terjun di Jumog ini sedikit lebih kecil dibandingkan di Grojogan Sewu. Namun akses untuk menuju ke sini tidaklah begitu sulit. hanya menuruni sedikit tangga dan kamu akan sampai di lokasi wisata ini, tidak seperti di Grojogan Sewu yang harus menuruni ribuan anak tangga.

Nah kira-kira itulah tadi beberapa rekomendasi tempat wisata di Karanganyar yang menjadi destinasi wisata yang cukup populer. Lokasi dari beberapa tempat wisata di Karanganyar  letaknya saling berdekatan sehingga akses untuk menuju tiap-tiap lokasi wisata sangat mudah untuk dijangkau.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Hutan Pinus Terdekat dari Jakarta, Cocok Buat Healing dan Merenungi Nasib!


Senior