6 Makanan Khas Kota Bandung, Bikin Nagih!


Makanan khas kota Bandung

Bandung merupakan kota yang kaya akan tempat wisata alam yang indah dan sejuk. Bukan hanya itu, di Bandung juga terdapat makanan-makanan khas yang akan bikin kamu ketagihan.

Buat kamu yang penasaran apa saja makanan khas kota Bandung, berikut beberapa rekomendasi makanan yang wajib kalian coba ketika kamu berada di kota Bandung.

1. Batagor

Batagor (Shutterstock/Riankanlah)

Batagor merupakan makanan khas kota bandung yang dikenal dengan cita rasanya yang sangat lezat. Kombinasi antara baso dan tahu yang dituang saus kacang di atasnya, membuat rasa dan penampilan batagor semakin menarik dan lezat.

Sebagai salah satu ikon makanan di Bandung tentunya banyak sekali pedagang kaki lima yang  berjualan batagor di setiap sudut kota Bandung. Jadi jangan ragu untuk merasakan makanan khas kota Bandung ini.

Baca Juga:

 2. Mie Kocok

Mie kocok (wikipedia/Thetaran)

Makanan khas kota Bandung ini merupakan makanan yang sangat populer di kalangan pecinta kuliner lokal serta wisatawan. Apalagi kalau bukan Mie Kocok. Makanan ini terbuat dari mie kuning yang kenyal serta kuah dengan kaldu sapi, dengan tambahan bumbu seperti bawang putih, ketumbar, jahe dan garam.

Mie Kocok khas kota Bandung umumnya dihidangkan dengan potongan daging sapi yang direbus hingga empuk, ditambah kaki sapi serta babat.

3. Bandros

Bandros (sajiansedap.grid.id)

Bandros merupakan salah satu makanan tradisional khas kota Bandung yang terbuat dari campuran tepung beras, tepung ketan dan kelapa parut. Bandros biasa disajikan dalam keadaan hangat dan ditaburi gula pasir, keju ataupun coklat.

Makanan ini memiliki tekstur yang renyah, lembut, disertai aroma daun pandan yang khas. Bandros memiliki rasa yang unik yaitu perpaduan antara manis dari gula putih serta kelapa parut.

Bandros sangat terkenal dan mudah kamu temukan di pasar-pasar tradisional, kios, atau di sepanjang jalan kota Bandung.

Baca Juga:

4. Ulukutek leunca

Ulukutek leunca (cookpad)

Ulukutek leunca merupakan makanan khas Suku Sunda. Selain lezat, juga memiliki berbagai macam khasiat. Khasiatnya ada pada leuncanya yang merupakan bahan utama pada hidangan ulukutek leunca.

Luenca tersebut sering digunakan sebagai obat-obatan sejak tahun 2000-an hingga saat ini. Leunca dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti penyakit kulit, herpes, kanker dan masih banyak lagi.

Ulukutek leunca biasa disajikan dengan cara ditumis dan dicampur dengan oncom yang membuat ulukutek leunca ini menjadi makanan yang lezat serta enak untuk disantap sendiri ataupun bersama keluarga.

5. Seblak

Seblak (tokopedia)

Seblak merupakan makanan khas kota Bandung yang sangat digemari oleh para warga Bandung dan terkenal di kalangan anak muda. Di Bandung makanan ini mudah ditemui.

Seblak biasanya disajikan dengan rasa yang pedas dan dalam keadaan panas sehingga membuat seblak ini menjadi makanan yang lezat dan gurih ketika disantap.

Selain banyak digemari, seblak juga memiliki banyak macam variasi diantaranya ada seblak kering, seblak basah, seblak ceker, seblak kuah, seblak makroni, dan seblak tahu yang membuat kita tidak bosan untuk memakan seblak.

Baca Juga:

6. Colenak

Colenak (shutterstock/IkaRahma)

Colenak merupakan makanan khas kota Bandung yang bahan utamanya tapai singkong atau biasa di sebut peuyeum. Colenak biasanya di sajikan sebagai camilan atau makanan ringan. Kombinasi antara tapai singkong, gula aren serta parutan kelapa yang membuat rasa colenak ini manis dan lezat untuk di santap.

Jika kamu berada di kota Bandung, Colenak dapat kamu temui di wilayah sekitar Bandung lebih tepatnya di pinggir-pinggir jalan di kota Bandung. Karena mudah membuatnya, sekarang colenak banyak sekali dijual oleh pedagang kaki lima di daerah lain.

Jadi tunggu apa lagi. Jangan lupa untuk mencicipi berbagai makanan khas kota Bandung jika kamu berkunjung ke sini.

Baca Juga: Tidak Hanya Warteg, Berikut 12 Kuliner Khas Tegal Yang Legendaris


Like it? Share with your friends!

Explorer