Mitsuru Maruoka, Bintang Baru Asal Jepang di Liga 1 Indonesia

Mitsuru Maruoka pernah bermain untuk Borussia Dortmund


Mitsuru Maruoka

BekelSego – Mitsuru Maruoka terdaftar sebagai salah satu top skorer sampai pekan ketiga Liga 1 Indonesia musim 2023/24. Pemain jebolan akademi Kawauchi Kita SSS ini mencetak 3 gol di laga melawan Persikabo Bogor 1973 dan Bhayangkara Presisi FC.

Karena pencapaiannya di atas, Maruko tercatat sebagai pemain Jepang yang paling gacor di awal musim ini, sebab sampai sekarang belum ada pemain asal Jepang di Liga 1 Indonesia yang bisa menyaingi jumlah gol yang telah dia cetak.

Tidak hanya itu, Maruoka juga terpilih sebagai man of the match melawan Persikabo Bogor 1973 di laga perdana RANS Nusantara FC di Liga 1 Indonesia. Dia sukses mencetak 2 gol dan melakukan total 5 tembakan ke arah gawang tim lawan.

“Pertama, bawa lambang di punggung anda. Saya bangga bisa berlaga di lapangan ini lagi. Dan hari ini saya tidak melakukan kesalahan yang sama seperti di musim lalu, musim ini fokus pada hasil. Seiring berjalannya waktu saya mencetak 2 gol dan menyelamatkan tim (dari kekalahan).” Ungkap Maruoka dalam video wawancara post-match yang diunggah di akun resmi @liga1match.

Jika melihat performa Maruoka di musim 2022/23, pasti tidak akan heran jika di musim ini Maruoka kembali gacor. Karena di musim lalu pemain kelahiran Tokushima ini juga menorehkan prestasi mentereng dengan RANS Nusantara FC. 

Dari semua laga yang dijalani RANS Nusantara FC, Maruoka telah memainkan 34 laga dengan catatan 7 gol dan total 3.060 menit bermain. Pencapaian itu membuat dia berstatus sebagai pemain paling sibuk di skuad klub milik Raffi Ahmad.

Gacornya Maruoka bukan tanpa alasan, sebab pemain Jepang berusia 27 tahun ini memiliki banyak pengalaman, disamping juga sedari kecil sudah dididik di akademi sepak bola Jepang yang terbukti mampu mengekspor banyak pesepakbola ke berbagai negara.

Profil Mitsuru Maruoka

Mitsuru Maruoka merupakan pemain Jepang kelahiran 6 Januari 1996, dia memiliki tinggi sekitar 1,70 meter dan berposisi sebagai pemain gelandang tengah.

Pemain yang bergabung dengan Global Sport Plus ini tercatat sudah pernah membela lebih dari 5 klub sepak bola, baik di Jepang, Jerman, Thailand dan Indonesia. Itu kenapa tidak berlebihan jika mengatakan Maruoka memiliki pengalaman yang banyak.

Baca Juga:

Klub yang pernah dibela Mitsuru Maruoka

Sejak aktif menjadi pemain sepak bola profesional tahun 2014, Mitsuru Maruoka langsung membela klub Cerezo Osaka. Setelah selama beberapa bulan membela Cerezo Osaka, Maruoka sempat dipinjamkan ke klub Borussia Dortmund II selama kurang lebih dua musim.

Salah satu rekan Maruoka yang merupakan jebolan dari skuad Borussia Dortmund II adalah Edisson Jordanov, dia merupakan mantan pemain Timnas Bulgaria yang sekarang sukses menjadi pemain KVC Westerlo (Klub Liga 1 Belgia).

Setelah peminjaman ke Borussia Dortmund II selesai, Maruoka kembali ke Cerezo Osaka. Setelah itu pemain yang memiliki market value 3,48 Miliar ini kembali dipinjamkan ke Varen Nagasaki dan Renofa Yamaguchi sampai kontraknya selesai di Cerezo Osaka.

Sempat berstatus tidak punya klub selama beberapa bulan, Maruoka dipinang oleh BG Pathum pada pertengahan tahun 2020. Setelah kontraknya dengan BG Pathum selesai, Maruoka kembali berstatus sebagai pemain tanpa klub.

Setelah beberapa bulan menunggu, klub Liga 2 Korea bernama Gimpo FC merekrut Maruoka. Beberapa bulan setelahnya, Maruoka dipinang oleh RANS Nusantara FC.

Baca Juga:

Pencapaian Mitsuru Maruoka

Selama beberapa tahun bermain di Jepang dan berkelana di berbagai negara, Maruoka mencatatkan 2 prestasi yang gemilang. Yakni memenangkan Kejuaraan Liga Jepang tahun 2017 dengan Cerezo Osaka. Lalu dia juga menjadi pemenang Liga Thailand bersama BG pathum di musim 2020/21.

Mitsuru Maruoka juga tercatat pernah membela skuad Jepang U-16, U-17 dan U-18. Dari 3 skuad Timnas Jepang yang dia bela, total Maruoka sudah memainkan 12 laga dengan raihan 1 gol.

Baca Juga: Lemparan Bola Pratama Arhan Saat Melawan FC Tokyo, Ala Thrown In Pemain Liga Inggris

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *