Profil Hammarby IF, Klub Swedia Yang Dirumorkan Berminat Memboyong Shayne Pattynama

Perpindahan Shayne Pattynama dari Viking FK ke Hammarby IF masih dalam tahap negosiasi


Klub Hammarby IF (svenskfotboll.se)

BekelSego – Shayne Pattynama merupakan salah satu pemain keturunan Belanda yang baru saja debut dengan Tim Nasional (Timnas) Garuda. Pemain didikan akademi Ajax ini sekarang tengah membela klub papan atas Norwegia bernama Viking FK.

Pada Jumat sore (7/7) akun Instagram @futboll.indonesiaa mengunggah sebuah thread Instagram yang menyatakan apabila terdapat salah satu klub yang berminat untuk mendatangkan pria berdarah Semarang ini.

Update Pattynama. Sudah ada klub yag mendekati Shayne Pattynama bukan dari liga Norwegia. FYI Viking banyak menjual pemain ke Liga Denmark. Tetapi karena Shayne Pattynama berasal dari Belanda, Mungkin bisa jadi ada yang minat dari sana.”

Beberapa jam setelah mengunggah postingan di atas, akun bola dengan 15 ribu followers ini mengunggah informasi terbaru soal asal klub yang berminat mendatangkan Shayne Pattynama. “Kasta teratas Liga Swedia.” Unggahnya lagi.

Pada waktu yang nyaris sama, media sepak bola asal Swedia bernama @tuttosvenskan juga memberitakan rumor kepindahan Shayne Pattynama dari Norwegia ke Swedia, nama klub Hammarby IF ikjt disebutkan dalam keterangan akun tersebut.

Beberapa menit setelah unggahan itu terpublish di Instagram, terdapat beberapa netizen yang berkomentar di salah satu akun klub Swedia bernama @Hammarbyfotboll. 

Hal ini menjadi salah satu indikasi kuat jika klub berjuluk Bajen ini menjadi klub yang berminat memboyong Shayne Pattynama.

Profil Hammarby IF

Hammarby IF Fotbollförening, Hammarby Fotbool atau Hammarby IF merupakan sebuah klub sepak bola asal Swedia yang berbasis di kota Stockholm, klub yang identik dengan warna hijau putih ini didirikan pada tahun 1889, tetapi ada juga yang mengatakan tahun 1897.

Untuk sekarang Hammarby IF bermarkas di stadion Soderstadion dan Tele2 Arena. Soderstadion merupakan sebuah stadion kecil yang hanya berkapasitas sekitar 16.000 orang, sedangkan Tele2 Arena berkapasitas 30.000 orang.

Baca Juga:

Skuad Hammarby IF

Hammarby IF  memiliki 30 pemain untuk mengarungi Allsvenskan di musim 2023/24, yang mana 14 diantaranya merupakan pemain asing dari berbagai negara.

Diantaranya ada Pinas berpaspor Belanda-Suriname, Fenger dari Denmark, Nathaniel dari Ghana, Fjoluson dari Islandia, Sadiku berpaspor Albania-Swedia, Ibrahima dari Guinea, Amadou sabo dari Niger, Nalic berpaspor Bosnia-Swedia.

Vural berkewarganegaraan Turki-Swedia, Djukanovic dari Montenegro, Trawally dari Gambia, Alioum dari Kamerun, Madjed berkewarganegaraan Swedia-Irak dan terakhir Mikkelsen dari Norwegia.

Total 14 pemain asing Hammarby IF ada yang berstatus sebagai pemain Timnas suatu negara, ada juga yang sudah menjadi mantan pemain Timnas. Salah satunya Alioum yang sekarang masih aktif menjadi pemain Timnas Kamerun U-20.

Market Value Hammarby IF

Hammarby IF berstatus sebagai salah satu klub yang memiliki market value tinggi di Allsvenskan sekitar 342 Miliar, angka ini membuat Hammarby IF menjadi klub termahal ke-4 di Allsvenskan di bawah Malmo FF, Hacken dan Djurgarden.

Pemain termahal di Hammarby IF adalah Edvin Kurtulus, dia merupakan pemain berpaspor Kosovo-Swedia yang sekarang berstatus sebagai pemain bek tengah Timnas Swedia.

Pemain berusia 23 tahun ini sebelumnya masuk skuad sebagai pemain Timnas U-21 Kosovo, bahkan sudah memainkan 12 pertandingan di ajang UEFA Championship Qualification U-21 dan pertandingan persahabatan internasional.

Akan tetapi sejak awal tahun 2022 Edvin pindah haluan untuk membela Timnas Swedia. Dia juga sudah memainkan 4 laga di ajang UEFA Nations League ketika melawan Slovakia dan Norwegia. Lalu di ajang pertandingan persahabatan internasional dengan melawan Islandia dan New Zealand.

Baca Juga:

Diperkuat pemain keturunan Asia dan Arab

Selain didominasi oleh pemain Eropa, Hammarby IF juga memiliki beberapa pemain berdarah Arab dan Asia. Diantaranya ada Erabi berpaspor Swedia-Afghanistan, Madjed berpaspor Irak-Swedia, Boudah berpaspor Aljazair-Swedia, dan Vural berpaspor Turki-Swedia.

Prestasi Hammarby IF

Selama lebih dari seratus tahun berdiri sebagai salah satu klub sepak bola di Swedia, Hammarby IF mencatatkan beberapa prestasi seperti pemenang Liga Swedia tahun 2001, pemenang Liga Superettan (kasta kedua Liga Swedia) tahun 2014, dan pemenang Piala Swedia di musim 2020/21.

Sejauh ini info soal perpindahan Shayne Pattynama ke Hammarby IF masih dalam tahap negosiasi, sebab pihak kedua klub belum menemui kata sepakat. Jikalau pemain 24 tahun  ini batal pindah, ini berarti dia akan terus membela Viking FK sampai akhir tahun 2023.

Baca Juga: 5 Fakta Shayne Pattynama, Pemain Naturalisasi Baru Timnas Indonesia

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *