5 Fakta Rafael Struick, Bintang Baru Timnas Indonesia

Pengikut akun instagram Rafael Struick, melonjak jadi 600 ribu pengikut sejak bermain untuk timnas senior


Rafael Struick merupakan pemain keturunan Belanda-Indonesia yang lumayan menyita perhatian supporter Garuda, aksi brilian yang dia lakukan ketika debut dengan Timnas Indonesia melawan Palestina sukses meraih respon positif dari berbagai kalangan, khususnya para penikmat bola.

Selain mampu tampil memukau bersama Timnas Indonesia, pemain klub Ado Den Haag ini memiliki segelintir fakta yang patut diketahui oleh fans sepak bola Indonesia.

1. Rafael Struick debut di Timnas U-20 dan Timnas Indonesia senior

Rafael Struick merupakan pemain kelahiran Leidschendam, Belanda. Pemain sepak bola bertinggi 1,85 Meter ini bergabung dengan Timnas Indonesia U-20 untuk menjalani Training Camp di Pinatar Arena, Spanyol.

Awalnya dia bersama Zico Jamai bergabung bersama untuk menjalani Training Camp atas panggilan PSSI, akan tetapi setelah menjalani seleksi dan laga uji coba, Shin Tae Yong (STY) memilih untuk menaturalisasi Rafael Struick saja.

Tercatat dalam website Transfermarkt, Rafael Struick telah menjalani laga dengan Timnas Indonesia U-20 sebelum menjalani debut dengan Timnas Indonesia senior.

Laga debut Rafael Struick dengan Timnas Indonesia U-20 terjadi pada tanggal 19 November 2022, saat itu skuad Garuda muda tengah bermain melawan skuad Slovakia U-20. Pada laga ini Rafael Struick bermain selama 89 menit dan berhasil mencetak satu gol untuk Indonesia.

Debut Rafael Struick dengan Timnas Indonesia senior terjadi di laga melawan Palestina pada tanggal 14 Juni 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Saat laga melawan Argentina, Rafael Struick juga diturunkan sebagai starter untuk bermain selama 64 menit.

Baca Juga:

2. Jalani proses naturalisasi dengan Ivar Jenner

Karena proses naturalisasi Justin Hubner dibatalkan, PSSI membuat keputusan hanya dua orang pemain keturunan U-20 yang dinaturalisasi.

Mereka adalah Rafael Struick dan Ivar Jenner, sumpah Warga Negara Indonesia (WNI) dua pemain keturunan asal Belanda ini dilakukan pada bulan Mei 2023.

Terpampang dalam foto yang diunggah oleh akun Instagram PSSI, kedua pemain ini nampak rapi menggunakan jas hitam dan dasi berwana merah, tampilan mereka tampak lebih berwibawa karena peci hitam yang turut mereka kenakan di kepala.

Rafael Struick sendiri mengungkapkan rasa terima kasih dan kebahagiaanya karena akhirnya dia resmi berstatus sebagai WNI, “Saya hanya mau mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang hadir di sini. Ini adalah hari yang spesial untuk saya, untuk keluarga saya, sama seperti Ivar Jenner, saya sudah tidak sabar juga untuk melakukan latihan dengan Timnas Indonesia,” Tutur Rafael Struick.

3. Satu klub dengan Jordy Werhman

Rafael Struick merupakan pemain dari klub Ado Den Haag, pemain yang bergabung dengan agensi Soccer Mentor ini memiliki rekan dari berbagai negara di klub yang dia bela.

Salah satu rekannya adalah Jordy Wehrmann, nama Jordy sendiri sebenarnya tidak begitu asing di telinga sebagian suporter Timnas Indonesia, sebab pria berusia 24 tahun ini merupakan pesepakbola keturunan Indonesia-Belanda, yang sempat terdaftar sebagai salah satu pemain yang akan dinaturalisasi Indonesia pada era kepemimpinan Iwan Bule.

4. Miliki rekan satu klub asal Aruba

Apa kalian tahu negara bernama Aruba? Pasti banyak dari kita akan menggelengkan kepala jika ditanya akan negara itu, akan tetapi negara Aruba benar-benar ada, dan Aruba memiliki Timnas sepak bola yang sekarang berada di rank FIFA 204 Dunia.

Salah satu pemain Timnas Aruba yang menjadi rekan Rafael Struick bernama Gregor Breinburg. Pemain berusia 31 tahun ini memang sedari kecil mengenyam ilmu sepak bola di Belanda dan selalu membela klub sepak bola asal Belanda.

Sebelum bergabung dengan Ado Den Haag, pria kelahiran Arnhem ini membela De Graafschap, dan Sparta Rotterdam. Dia sendiri dikontrak oleh Ado Den Haag sejak bulan Agustus musim 2021/22.

Baca Juga:

5. Miliki banyak fans di Indonesia

Netizen Indonesia bisa dikatakan sebagai rajanya netizen di media sosial (medsos), bisa dikatakan jika terdapat satu orang yang viral di Indonesia, kemungkinan besar netizen Indonesia akan berbondong-bondong mengikuti akun medsos orang tersebut.

Realita ini jelas dirasakan oleh Rafael Struick, sebelum bergabung dengan Timnas Indonesia, pengikut akun Instagram Rafael Struick hanya sekitar 2.000 orang saja.

Akan tetapi, sejak menjalani debut dengan skuad Timnas Indonesia senior, akun Instagram miliknya terus berkembang hingga sekarang memiliki lebih dari 600 ribu pengikut.

Baca Juga: Bikin Heran, 4 Hal Ini Terjadi Di Laga Indonesia vs Argentina

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *