3 Pemain Keturunan Indonesia Yang Diprediksi Akan Bergabung Dengan Timnas Indonesia


Naturalisasi pemain keturunan menjadi salah satu isu yang familiar dibahas dalam skuad sepak bola Tim Nasional (Timnas) Indonesia.

Setelah berhasil melakukan naturalisasi 3 pemain Timnas senior berdarah Eropa di era kepemimpinan Iwan Bule, nampaknya Erick Thohir selaku Ketua Umum (Ketum) PSSI yang baru ingin menambah pemain keturunan Indonesia lagi untuk membuat skuad Timnas tambah kuat kedepannya.

Salah seorang mantan anggota Exco PSSI bernama Hasani Abdulgani, pernah membalas komentar salah satu netizen yang merekomendasikan pemain keturunan untuk dinaturalisasi PSSI, dia menjawab apabila pengurus PSSI memang memiliki rencana untuk menaturalisasi pemain keturunan Indonesia lagi.

“Pak, bilang bos Erick tambah lagi pemain grade A-nya (Audero, Diks, Haye dkk), itu Irak minggu ini nambah 4 lagi, jadi total hampir 20 pemain. Semangat Pak.” Ujar akun bernama @fpl_mclarenwolf, dia juga menambahkan ikon love berwarna merah dan bendera Indonesia di akhir komentarnya.

“Sabar, Pak Erick bersama STY sedang melirik pemain-pemain Diaspora yang grade A di Eropa.” Tutur pria paruh baya yang menjadi pimpinan di PT Mahaka Sports and Entertainment ini.

Beberapa akun sepak bola sempat merepost komentar tersebut, salah satunya akun bernama @futboll.indonesia, terlihat setidaknya ada 450 komentar dan 2.000 orang memberi like pada postingan tersebut.

Selain itu, banyak netizen yang memberikan respon positif soal ini, tidak sedikit dari mereka yang mencoba memprediksi siapa saja pemain keturunan Indonesia yang akan dipilih oleh Shin Tae Yong untuk dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

1. Emil Audero Mulyadi

Emil merupakan pemain bola berdarah Indonesia-Italia, pemain sepak bola berusia 26 tahun ini lahir pada tanggal 18 Januari 1997 di Mataram, Indonesia.

Sejak merintis karir sebagai pemain sepak bola, Emil langsung bergabung dengan skuad Juventus muda, setelah itu dia konsisten selalu membela skuad kelompok umur Juventus muda sampai Juventus senior.

Karir cemerlang Emil bersama Juventus sukses membuatnya terpilih untuk membela Timnas Italia U-15 sampai U-21. Dalam catatan terakhir penampilan Emil dengan skuad Timnas Italia U-21, Emil selalu dimainkan ketika menghadapi negara kuat sekelas Inggris, Jerman dan Rusia.

Kabar soal PSSI ingin menturalisasi Emil sebenarnya sudah bergema sejak beberapa tahun lalu, kiper Sampdoria ini bahkan masuk daftar pemain utama yang diinginkan oleh STY, akan tetapi waktu itu negosiasi masih berjalan alot dan Emil belum tertarik untuk membela Indonesia.

Pada pertengahan bulan Juni, akun Instagram pribadi milik Emil terlihat mengikuti akun Instagram milik ketum PSSI, hal ini menjadi salah satu indikasi jika pria bertinggi 1,92 Meter ini setuju untuk membela Timnas Indonesia.

Baca Juga:

2. Thom Haye,

Haye menjadi pemain bola kedua yang diprediksi akan bergabung dengan Timnas Indonesia, pemain yang lahir di Amsterdam ini memiliki tinggi 1,87 Meter dan tengah membela klub SC Heereveen.

Sama dengan Emil, tercatat apabila Haye sudah pernah membela Timnas kelompok umur negara yang menjadi tempatnya berkarir, dia pernah menjadi bagian Timnas Belanda U-15 sampai U-21.

Sebenarnya Haye telah lama mengikuti akun Instagram PSSI, akan tetapi rumor soal Haye setuju untuk bergabung dengan Timnas Indonesia kembali mencuat setelah akun bola bernama @indonesiaabroad_ mengunggah postingan pada Senin malam (26/6). Yang menuliskan apabila, “Mees Hilgers & Thom Haye will soon become Indonesian national team player, everything in the process stage, and official announcement will arrive soon.”

Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah Mees Hilgers & Thom Haye akan segera menjadi pemain Timnas, semuanya masih dalam tahap proses dan pengumuman resmi akan segera dilakukan.

Haye sendiri merupakan pemain yang bagus, bisa dikatakan jika dia merupakan pemain yang memiliki kualitas grade A. Hal ini terbukti dari statistik yang dia miliki, di musim 2022/23 Haye sukses memainkan 34 laga di kompetisi Eredivisie dan KNVB Beker, dia juga telah mencetak 2 gol dan 3 asis bagi timnya, salah satunya lewat tendangan bebas.

Baca Juga:

3. Mees Hilghers

Nama Mees ikut tersebut dalam postingan akun @indonesiaabroad, beberapa hari sebelum berita itu diunggah, Mees diketahui mengikuti akun Instagram resmi PSSI.

Dalam bagian komentar postingan tersebut, admin akun dengan 12 ribu pengikut ini menambahkan keterangan apabila Mees dan Haye sama-sama bersedia membela Timnas Indonesia.

“Kenapa min road posting ke-2 pemain ini? Karena mereka sudah menyatakan siap dan ketersediaan berseragam merah putih. Akan tetapi tidak selesai di sini saja, soalnya masih panjang tahap proses mereka untuk dilalui, dengan negara kelembagaan terkait perpindahan kewarganegaraannya dan juga dengan federasi kita (PSSI). Belum lagi unsur-unsur lain yang harus terlibat, seperti orang tua dan keluarga (pemain) terkait kesepakatan pemain dan federasi. Maka dari itu selanjutnya nantikan saja info resmi dari pak Ketum Erick Thohir dan PSSI kedepannya, semua masih dalam tahap diproses.” Tulisnya.

Tentu saja banyak fans Timnas Indonesia yang bahagia atas kabar ini, sama dengan Emil, Mees juga sempat masuk daftar pemain yang ingin dinaturalisasi PSSI di bawah pimpinan Iwan Bule.

Mees sendiri merupakan pesepakbola yang tidak kalah bagus dengan 2 pemain di atas, bahkan pemain yang memiliki market value 78,22 Miliar ini menjadi pemain dari agensi Wasserman, yakni agensi sepak bola ternama Eropa yang menjadi agen pemain top Eropa seperti Federico Valverde, Nathan Aké dan Max Kilman.

Baca Juga: 5 Fakta Rafael Struick, Bintang Baru Timnas Indonesia

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *