Buddha Zamrud, Upacara Pemindahannya Diperingati Setiap Tanggal 22 Maret!


Patung hiasan di dinding bagian luar Ubosoth (wikipedia)

Buddha Zamrud adalah salah satu benda suci yang sangat penting dalam agama Buddhisme. Benda ini terkenal karena keindahan warnanya yang hijau zamrud dan diyakini memiliki kekuatan spiritual yang sangat besar. Buddha Zamrud menjadi simbol keagungan dan kebesaran agama Buddhisme di seluruh dunia.

Pada tanggal 22 Maret 1784, Buddha Zamrud dipindahkan dari tempat asalnya ke tempat yang baru di Wat Phra Kaew, Kerajaan Thai. Pemindahan ini merupakan suatu upacara besar yang dipimpin langsung oleh Raja Rama I dan dihadiri oleh banyak pihak yang terlibat dalam upacara tersebut.

Artikel ini akan membahas asal usul Buddha Zamrud, perjalanan benda tersebut sebelum sampai di Thailand serta peran penting Raja Rama I dalam pemindahan Buddha Zamrud ke Wat Phra Kaew.

Sejarah dan Asal Usul Buddha Zamrud

Patung Buddha Zamrud (Bomanta.com)

Buddha Zamrud adalah benda suci yang sangat dihormati dalam agama Buddhisme. Sejarah dan asal usul benda ini pun sangat menarik untuk diketahui. Konon, Buddha Zamrud pertama kali ditemukan di pegunungan Burma pada abad ke-15. Benda ini diyakini berasal dari negara Sri Lanka dan dibawa ke Burma oleh seorang biksu yang bernama Sangharaja.

Buddha Zamrud kemudian dipindahkan ke Kerajaan Thailand oleh Raja Rama I pada tahun 1784. Sejak saat itu, benda suci ini ditempatkan di Wat Phra Kaew, Bangkok yang merupakan salah satu kuil Buddha terbesar di dunia. Sejarah panjang perjalanan Buddha Zamrud sebelum sampai di Thailand menunjukkan betapa pentingnya benda suci ini dalam agama Buddhisme.

Makna dan keistimewaan Buddha Zamrud dalam kepercayaan Buddhisme pun sangat penting. Konon, benda suci ini diyakini memiliki kekuatan spiritual yang luar biasa dan dapat memberikan perlindungan dan keberuntungan bagi yang mempersembahkan puja-pujanya. Selain itu, Buddha Zamrud juga diyakini dapat memberikan kesejahteraan dan kebahagiaan bagi umat Buddha.

Namun, ada juga yang berpendapat bahwa keistimewaan Buddha Zamrud bukan hanya terletak pada kekuatan spiritualnya, tetapi juga pada keindahan warna hijau zamrudnya yang sangat khas. Warna ini diyakini memiliki arti penting dalam agama Buddhisme yaitu warna kehidupan dan keseimbangan.

Dalam agama Buddhisme, kesetaraan dan keseimbangan sangat penting. Warna hijau zamrud pada Buddha Zamrud pun dipercayai sebagai simbol dari kesetaraan dan keseimbangan dalam hidup. Sehingga, memuja Buddha Zamrud bukan hanya sekadar memohon keberuntungan, tetapi juga sebagai pengingat untuk menjaga keseimbangan dan kesetaraan dalam hidup.

Baca Juga: 8 Teori Sains Tentang Alam Dalam Alquran, Sudah ada sejak 14 Abad Lalu!

Peristiwa Pemindahan Buddha Zamrud pada Tanggal 22 Maret 1784

Temple Of The Emerald Buddha (Tourism media)

Pada tanggal 22 Maret 1784, sebuah peristiwa penting terjadi dalam sejarah agama Buddhisme di Thailand, yaitu pemindahan Buddha Zamrud ke tempatnya yang baru di Wat Phra Kaew. Peristiwa ini disertai dengan sebuah upacara besar yang dilakukan oleh Raja Rama I, pendiri Dinasti Chakri dan merupakan momen yang sangat penting dalam sejarah agama Buddhisme di Thailand.

Sebelum upacara pemindahan dilakukan, Raja Rama I mempersiapkan segala sesuatu secara matang. Ia membangun Wat Phra Kaew sebagai kuil baru yang akan menjadi tempat penampungan Buddha Zamrud. Raja Rama I juga mempersiapkan seluruh perlengkapan upacara secara detail, mulai dari pakaian yang akan dikenakan hingga alat-alat upacara.

Upacara pemindahan Buddha Zamrud sendiri sangat simbolis. Buddha Zamrud dianggap sebagai lambang kesucian dan kebijaksanaan sehingga pemindahannya ke Wat Phra Kaew dianggap sebagai peristiwa penting yang akan membawa keberuntungan dan kebahagiaan bagi rakyat Thailand. Selain itu, upacara ini juga melambangkan penghormatan terhadap kebesaran agama Buddhisme dan mengukuhkan posisi Raja sebagai pemimpin agama.

Dalam upacara tersebut, Buddha Zamrud dipindahkan dari Istana Kerajaan menuju Wat Phra Kaew dengan diiringi oleh sebuah prosesi besar yang terdiri dari ribuan orang. Prosesi tersebut melambangkan penghormatan terhadap Buddha Zamrud dan juga menggambarkan kesatuan dalam memuliakan agama.

Peran penting Raja Rama I dalam pemindahan Buddha Zamrud ke Wat Phra Kaew tidak dapat dipungkiri. Raja Rama I merupakan penggemar berat agama Buddhisme dan ingin membangun kuil baru yang lebih besar dan indah untuk menampung Buddha Zamrud. Ia juga ingin memperlihatkan bahwa dirinya adalah pemimpin yang patuh dan menghormati agama Buddha.

Baca Juga: Mengenal Bait Al-Hikmah, Perpustakaan Terbesar di Dunia!

Keagungan dan Nilai Sejarah Pemindahan Buddha Zamrud

Temple Of The Emerald Buddha (tourism media)

Pemindahan Buddha Zamrud pada tanggal 22 Maret 1784 merupakan peristiwa penting dalam sejarah agama Buddhisme di Thailand. Peristiwa ini menjadi simbol keagungan dan kebesaran agama Buddhisme serta menggambarkan betapa pentingnya agama tersebut dalam kehidupan masyarakat Thailand. Makna dari pemindahan Buddha Zamrud adalah sebagai lambang kesucian dan kebijaksanaan, sehingga pemindahannya ke Wat Phra Kaew menjadi suatu momen yang sangat berharga bagi umat Buddha di Thailand.

Buddha Zamrud memiliki peran penting dalam kehidupan keagamaan di Kerajaan Thai. Sejak ditemukan di abad ke-15 di Laos, Buddha Zamrud dianggap sebagai salah satu benda suci terpenting dalam agama Buddhisme di Asia Tenggara. Keberadaan Buddha Zamrud di Thailand dipercayai mampu membawa keberuntungan dan kesuksesan bagi kerajaan sehingga menjadi lambang kebesaran dan keagungan kerajaan tersebut. Selain itu, perayaan hari pemindahan Buddha Zamrud menjadi momen penting bagi umat Buddha di Thailand untuk memperlihatkan rasa syukur dan penghormatan mereka terhadap agama.

Hingga saat ini, pemindahan Buddha Zamrud tetap memiliki relevansi dalam kehidupan masyarakat Thailand. Setiap tahun, pada tanggal 22 Maret, umat Buddha di Thailand merayakan pemindahan Buddha Zamrud dengan upacara besar. Upacara tersebut melibatkan ribuan umat Buddha yang datang dari berbagai daerah di Thailand untuk menghormati Buddha Zamrud. Pada saat yang sama, upacara tersebut juga menjadi ajang untuk memperlihatkan rasa persatuan dan kebersamaan di antara masyarakat Thailand yang beragam.

Pemindahan Buddha Zamrud pada tahun 1784 tidak hanya memiliki nilai sejarah, namun juga mengandung makna keagungan dan kesucian agama Buddhisme serta menjadi simbol kebesaran kerajaan Thailand.

Sumber:

  • “The Emerald Buddha: Its Mysteries and Chronicles” oleh Rungsan Chintanawong (2015).
  • “The Emerald Buddha of Thailand” oleh Prapod Assavavirulhakarn (2018).
  • “The History and Significance of the Emerald Buddha” oleh Culture Trip (2019).
  • “The Emerald Buddha: Thailand’s Most Sacred Relic” oleh The Culture Trip (2016).

Baca Juga: Mengenal Borobudur, Sebuah Mahakarya Asli Buatan Nusantara

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Novice

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *