7 Ciri-ciri Anda Berada Dalam Hubungan Sehat, Pahami Dulu Agar Tidak Keliru!


Ilustrasi hubungan sehat

Pada sebuah hubungan, penting untuk mempertimbangkan cara memperlakukan satu sama lain. Jalannya sebuah hubungan bergantung pada bagaimana setiap pasangan mengatur kondisi hubungannya. Entah itu kondisi hubungan akan berjalan romantis, platonis, kekeluargaan, intim, atau seksual.

Kondisi hubungan akan berjalan menyenangkan jika pasangan dan Anda dapat saling mengerti. Pasangan yang dapat memahami dan saling menghormati akan menciptakan hubungan sehat.

Ketika hubungan sehat terbentuk maka akan sangat berdampak pada kesehatan emosional dan sosial setiap pasangan. Ketika hubungan sehat, pasangan akan dapat merasakan manfaatnya. Berikut ini adalah ciri-ciri Anda berada dalam hubungan sehat.

1. Adanya Komunikasi

Cara Anda berbicara dengan pasangan adalah bagian terpenting dalam suatu hubungan. Setiap orang yang terlibat dalam sebuah hubungan sehat harus mampu mengomunikasikan perasaan, pendapat, dan keyakinan.

Setiap hubungan sehat pasti dibina dengan pasangan yang mampu mempertimbangkan nada dan ungkapan ketika berbicara. Berbicara langsung atau menelepon merupakan cara terbaik untuk menjalin komunikasi dibanding dengan mengirim pesan teks.

Baca Juga:

2. Menerapkan Batasan

Hubungan yang sehat dapat menerapkan batasan. Batasan dapat berupa pedoman fisik, emosional, dan mental yang ditetapkan seseorang dengan pasangannya. Setiap pasangan perlu merasa saling dihormati.

Dengan menerapkan batasan, Anda dan pasangan dapat merasa nyaman ketika menjalani aktivitas bersama. Masing-masing pasangan yang terlibat dalam sebuah hubungan harus menghormati batasan yang diberikan oleh pasangannya.

3. Adanya Persetujuan

Persetujuan memiliki peran penting dalam setiap hubungan. Persetujuan adalah izin tanpa paksaan untuk berinteraksi dengan tubuh atau kehidupan orang lain. Persetujuan dapat terlibat dalam tindakan untuk melakukan sesuatu, tawar-menawar, dan mendapatkan apa yang di mau.

Hubungan yang sehat tentu harus ada persetujuan. Persetujuan bisa berupa menanyakan batasan dalam hubungan, mendengarkan tanggapan secara aktif, dan selalu menghormati batasan tersebut.

4. Saling percaya

Setiap pasangan yang terlibat dalam sebuah hubungan harus memiliki rasa saling percaya satu sama lain. Pasangan yang saling mempercayai dapat menciptakan komunikasi yang lebih baik. Perasaan saling percaya dapat membuat pasangan mengomunikasikan perasaannya.

Adanya saling percaya membuat komunikasi antara pasangan menjadi lebih terbuka. Tanpa ada manipulasi, maka sebuah hubungan akan terbentuk menjadi sebuah hubungan yang sehat. Oleh sebab itu, rasa saling percaya dapat menjadi ciri-ciri sebuah hubungan yang sehat.

5. Kejujuran

Kejujuran sangat penting dalam sebuah hubungan. Setiap individu yang terlibat dalam hubungan harus memiliki kejujuran satu sama lain. Kejujuran memegang peran penting agar seseorang dapat memiliki kesempatan untuk mengungkapkan perasaannya.

Kejujuran mengizinkan pasangan yang terlibat dalam sebuah hubungan dapat mengungkapkan kekhawatirannya masing-masing. Adanya kejujuran dapat membuat pasangan saling merasa nyaman untuk berada di dalam hubungan yang sama.

6. Saling mendukung

Ciri-ciri hubungan yang sehat berikutnya adalah pasangan dapat saling mendukung satu sama lain. Setiap individu yang terlibat dalam satu hubungan harus merasa didukung oleh pasangannya.

Saling mendukung dapat dilakukan ketika pasangan memiliki keinginan, harapan, dan cita-cita. Atau setidaknya memberikan dukungan kecil seperti di saat pasangan merasa terpuruk. Rasa saling mendukung dan merasa didukung dapat menciptakan sebuah hubungan yang sehat.

Baca Juga:

7. Bertanggung jawab

Tidak dapat dihindari jika dalam suatu hubungan, masing-masing pasangan berpotensi untuk membuat kesalahan dan menyakiti hati satu sama lain. Pasangan yang masih mau mempertahankan hubungan tentu akan menaruh rasa tanggung jawab di dalam hubungannya.

Pastikan untuk bertanggung jawab atas tindakan Anda dan jangan menyalahkan pasangan untuk kesalahan yang sudah dilakukan. Meminta maaf mungkin adalah bentuk tanggung jawab yang paling terbaik ketika Anda telah menyakiti atau berbuat salah pada pasangan.

Baca Juga: 5 Manfaat Curhat Untuk Kesehatan Mental, Dari Mengurangi Beban Hingga Menjalin Silaturahmi

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.